Apa itu Met Gala? Seputar Met Gala 2021: Acara, Tema dan Peraturan

Jumat, 17 September 2021 | 13:26:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Apa itu Met Gala? Seputar Met Gala 2021: Acara, Tema dan Peraturan

Foto: W Magazine

Setelah vakum selama satu tahun akibat Covid-19, Met gala kembali digelar secara fisik. Perhelatan offline terakhir digelar pada Senin pertama Mei 2019 lalu.

Acara yang sangat ditunggu-tunggu bagi para pecinta fashion di seluruh dunia, digelar 13 September 2021 waktu setempat, dengan kegiatan yang lebih intim dari pesta-pesta sebelumnya. Bahkan acara ini sampai ramai diperbincangkan di platform media sosial Twitter dengan topik "Met gala 2021" .

Apa itu Met gala?

Foto: usmagazine

Met gala merupakan malam mode terbesar yang setara dengan acara Oscar. Acara mewah ini diselenggarakan setiap tahun. Dalam Met gala, para desainer, model, dan bintang Hollywood berkumpul dengan penampilan paling mewah.

Menandai pembukaan untuk merayakan dan menggalang dana di pameran baru dari Institut Kostum Seni Metropolitan Museum atau the Metropolitan Museum of Art’s Costume Institute. Biasanya, setiap orang berpakaian sesuai tema, dan sesuai dengan nuansa pameran, seperti diilansir dari Vogue.

Lalu siapa saja yang datang dalam Met gala ini? Nah inilah yang menarik dari acara Met gala adalah kita tidak tahu siapa saja yang akan muncul di acara bergengsi ini.

Desainer biasanya mengundang selebritas terheboh saat itu sebagai tamu mereka, sehingga kita bisa mengharapkan beberapa nama besar Hollywood hadir di karpet merah.

Tema Met gala 2021

Foto:  W Magazine

Tahun ini, Met gala digelar pada Senin 13 September 2021 di Metropolitan Museum of Art di New York, AS. Tema resmi kali ini adalah American Independence yang berfokus untuk merayakan semua hal tentang mode dan atau fesyen Amerika.

Andrew Bolton, Kurator Wendy Yu yang bertanggung jawab atas Institut Kostum merasa sudah waktunya untuk memeriksa kembali identitas dan mode Amerika.

Menurut mereka, mode AS telah berubah selama beberapa tahun terakhir, karena gerakan keadilan politik dan sosial.

Peraturan Pakaian Met gala 2021

Foto: usmagazine

Kode Met gala 2021 menggunakan pakaian resmi yang tercantum pada undangan dan diharapkan berpakaian berkilau atau dengan gaun klasik yang telah dibuat desainer-desainer Amerika ternama.

Dalam aturan yang utama, selalu mengharapkan penampilan (out of the box) kesan yang tak terduga.

Partisipan pada Met gala mengenakan kostum nuansa pameran yang telah dipilih sesuai tema contohnya tema Vintage, Camp, Punk dan banyak lagi.

Tuan Rumah Baru

Foto: elle

Met gala 2021 memiliki warna baru yang berkaitan dengan daftar tuan rumah yang akan menjadi ikon fashion dalam gelaran tersebut. Panitia telah memastikan Met gala tahun ini lebih menonjolkan citra Generasi Gen Z.

Hingga, sejumlah nama seperti Billie Elish, Naomi Osaka hingga Amanda Gorman masuk dalam daftar tuan rumah karena dianggap sebagai ikon fashion gen Z.

Sementara itu, kursi kehormatan untuk malam Gala tahun ini diberikan kepada desainer multitalenta, Tom Ford, Adam Mosseri, dan Anna Wintour.

Pembatasan Acara Akibat Covid-19

Foto: usmagazine

Kesehatan dan keselamatan tamu dan staf adalah prioritas utama. Setiap para hadirin harus memperlihatkan bukti vaksin dan memberi tes PCR-Negatif. Selain itu menggunakan masker atau penutup wajah yang tepat saat berada di ruangan kecuali makan dan minum.