Sering Kabur? 4 Tips Agar Kucing Betah di Rumah

Minggu, 26 Juni 2022 | 20:00:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Sering Kabur? 4 Tips Agar Kucing  Betah Di Rumah

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Ladiestory.id - Orang-orang sering memilih untuk memelihara hewan agar ia tak kesepian. Dalam memilih hewan peliharaan, biasanya orang akan mencari hewan yang lucu. Hewan yang sering menjadi pilihan untuk dipelihara salah satunya kucing. 

Sebagai hewan yang memiliki insting tajam, tentunya kucing akan bergerak sesuai dengan nalurinya. Salah satunya adalah mencari tempat yang sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, jika ia merasa butuh space yang lebih nyaman, mencari makanan, atau juga alasan reproduksi. Karenanya tak jarang kucing akhirnya kabur dari rumah. 

Namun, jangan khawatir! Ladiestory.id memiliki beberapa tips agar kucing Kamu betah untuk selalu di rumah.

Ajak Kucing Main

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Kucing akan keluar rumah jika ia merasa bosan. Jika pemiliknya terlalu lama cuek dengan kucing mereka, tentunya kucing akan mencari ‘hiburannya’ sendiri di luar rumah.

Untuk itu, para pemilik kucing perlu meluangkan waktu mereka untuk bermain bersama kucing. Atau jika perlu, Kamu bisa loh ajak kucing jalan-jalan keluar bersama, sehingga kucing tidak merasa bosan dan jenuh karena selalu berada di dalam rumah.

Hindarkan Kucing dari Stres

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Sama seperti halnya manusia, kucing juga memiliki psikologis. Jika psikologisnya terganggu, maka kucing dapat merasakan stres. Dan akhirnya kucing jadi kabur dari rumah.

Untuk itu, pemilik kucing perlu mengenali tanda-tanda kucing mengalami stres agar dapat lebih waspada terhadap perubahan sikap kucing. Ciptakan kondisi rumah yang nyaman bagi kucing agar kesehatan psikologisnya terjaga.

Carikan Pasangan

Ilustrasi kucing. (Specail)

Insting alami hewan adalah mencari pasangan. Tak terkecuali untuk kucing yang memang sudah masuk masa birahi. Jika sudah masuk waktunya, mereka akan tergerak dengan sendirinya untuk mencari pasangannya di luar rumah.

Oleh karena itu, lebih baik pemilik kucing mencarikan pasangan untuk si kucing. Selain agar kucing tidak kabur dari rumah, memberikan pasangan kepada kucing akan menghindarkan kucing Kamu dari resiko tertular dengan penyakit kucing-kucing liar di luar sana.

Siapkan Makanan yang Cukup

Ilustrasi merawat kucing. (Special)

Seperti halnya manusia, kucing juga memerlukan porsi makan yang sesuai. Jika tidak, ia akan merasa lapar dan akhirnya bergerak sesuai instingnya untuk memburu makanan yang ada di luar sana.

Maka dari itu, pemilik kucing harus selalu siapkan makanan yang cukup untuk kucing. Tentukan jadwal yang teratur agar kucing juga terbiasa dengan rutinitas makannya. Berikan juga makanan yang bergizi ya Ladies

Namun, jangan sampai membuat kucing terlalu kekenyangan ya. Kalau tidak, kucing bisa saja muntah karena terlalu banyak makan. Atau lebih parahnya justru akan mengalami obesitas.