Sering Tak Diperhatikan, Ini Kesalahan Saat Cuci Muka

Selasa, 8 Februari 2022 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Sering Tak Diperhatikan, Ini Kesalahan Saat Cuci Muka

Ilustrasi cuci muka. (Special)

Ladiestory.id - Semua menyetujui bahwa mencuci muka menjadi salah satu hal terpenting yang harus dilakukan. Namun tak banyak yang menyadari bahwa mencuci muka malah bisa memunculkan masalah-masalah kulit, seperti kulit kering, berminyak dan iritasi, bila tidak dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Walaupun tampak sepele, mencuci muka pun mesti mengenakan teknik yang benar supaya selain bersih, kesehatan kulit wajah dapat tetap terjaga. Dari berbagai macam langkah langkah perawatan wajah, mencuci muka merupakan langkah yang paling penting dan tak boleh dilewati, untuk menjaga kesehatan wajah.

Bila cuci muka dilakukan secara sembarangan dan asal, rangkaian di belakangnya bisa-bisa tidak dapat memperlihatkan hasil optimal. Kesalahan apa saja yang kamu lakukan ketika mencuci muka?

Terlalu Sering Mencuci Muka

Ilustrasi cuci muka. (Special)

 

Kamu mungkin beranggapan jika dengan semakin kerap mencuci muka, muka akan jauh lebih bersih. Padahal, terlalu kerap mencuci muka malah dapat menjadikan lapisan minyak alami yang dimiliki kulit wajah hilang. Oleh karenanya kulit akan menjadi kering.

Untuk tipikal kulit wajah yang kering, cukup cuci muka satu kali sehari. Jika kamu melakukannya berulang-ulang dalam satu hari, kulit jelas akan makin kering dan pada akhirnya akan muncul kerutan. Sedangkan, untuk pemilik tipikal wajah berminyak, cukup cuci muka dua kali sehari.

Jangan lakukan lebih dari dua kali sebab kulit akan menjadi kering. Bila sudah demikian, secara alami kulit akan menghasilkan lebih banyak minyak guna menyeimbangkannya. Oleh karenanya wajah akan menjadi mudah berjerawat.

Temperatur Air yang Salah

Ilustrasi air dingin. (Special)

Temperatur air yang ekstrem seperti terlalu panas maupun terlalu dingin bisa merusak kapiler pada kulit. Berdasarkan Kimberly Yap Tan, estetika holistik dan pendiri skin SALVATION, mencuci muka dengan suhu air yang terlalu panas dapat menyebabkan kulit kering dan lecet.

Sementara air yang terlalu dingin tidak dapat membersihkan kotoran maupun rias wajah secara produktif. Mencuci muka dengan air pada suhu beku juga tidak akan berguna untuk kulit kamu.

Tidak Mencuci Tangan

Ilustrasi mencuci tangan. (Special)

Kesalahan yang paling kerap terjadi ketika mencuci wajah yaitu tidak mencuci tangan terlebih dulu. Memberikan facial wash ke tangan yang masih pada kondisi kotor dan lalu mengusapnya ke wajah, tidak akan menjadi wajah kamu benar-benar bersih. Sabun cuci muka ini akan bercampur dengan kotoran dan bakteri yang masih tersisa di tangan yang kotor dan lalu bisa dengan mudah berpindah menuju wajah kamu. Oleh sebab itu, jangan lupa agar selalu mencuci bersih tangan kamu sebelum memakainya ketika mencuci wajah ya, gaes.

Hilangkan Sisa Makeup dengan Cuci Muka

Ilustrasi perempuan menghapus makeup. (Special)

Kesalahan ketika cuci muka berikutnya yang sering  tidak disadari yaitu mengenakan facial wash guna membersihkan sisa make up. Setelah berdandan satu harian, memakai foundation dan lain sebagainya, wajah tentu mesti dibersihkan supaya tak terdapat sisa make up yang tertinggal.

Tetapi, alih-alih membersihkannya dengan mencuci muka, kamu mesti menghapus make up memakai micellar water terlebih dahulu.