Sering Tertukar! Ketahui Perbedaan Green Tea dan Matcha Berikut Ini

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Sering Tertukar! Ketahui Perbedaan Green Tea Dan Matcha Berikut Ini

Ilustrasi Green Tea dan Matcha. (Special)

Ladiestory.id - Jika dilihat sekilas, maka green tea dan matcha terlihat serupa, bukan? Bahkan, banyak pecinta teh hijau masih kesulitan membedakan dua jenis minuman ini.

Padahal, keduanya memiliki beberapa perbedaan, lho. Minuman yang memiliki karakteristik berwarna hijau ini menjadi kegemaran banyak masyarakat. Tak ayal, kini banyak restoran hingga kafe menyediakan menu minuman ini.

Oleh karena itu, supaya tidak tertukar, yuk ketahui perbedaan green tea dan matcha berikut ini.

Pengertian Green Tea dan Matcha

Ilustrasi Green Tea dan Matcha. (Special)

Sebenarnya, green tea dan matcha berasal dari tanaman yang sama, yakni Camellia Sinensis. Namun, kamu tetap dapat membedakannya melalui definisinya.

Teh hijau atau green tea adalah jenis teh yang terbuat dari daun pucuk Camellia Sinensis yang tidak mengalami proses pelayuan. Namun, mengalami proses oksidasi yang sama dengan teh hitam atau teh oolong.

Awal mulanya, teh hijau dikenal dari dataran China. Namun, seiring berjalannya waktu, produksi dan pembuatannya pun menyebar ke berbagai negara di Asia Timur.

Berbeda dengan matcha, minuman ini memerlukan produksi khusus untuk teknik penanaman dan pemrosesan mengubah daun Camellia Sinensis menjadi matcha.

Proses Produksi

Ilustrasi Green Tea dan Matcha. (Special)

Teh hijau melalui rangkaian proses yang lebih lama dalam pembuatannya. Sebab, melibatkan sinar matahari untuk mengeringkan daun tersebut. Jika sudah mendekati waktu panen, teh hijau akan dipindahkan ke tempat yang teduh.

Sedangkan matcha, diproses dengan cara dipanen kemudian dibakar untuk menghentikan proses oksidasi. Kemudian,  daun akan didinginkan, digulung dan dikeringkan. Proses produksi pada matcha terbilang lebih rumit dibandingkan dengan green tea.

Perbedaan Warna

Ilustrasi Green Tea dan Matcha. (Special)

Secara kasat mata, kamu dapat melihat perbedaan dua minuman ini dari warnanya. Matcha cenderung berwarna hijau cerah. Hal ini disebabkan karena banyaknya kandungan klorofil. Sedangkan green tea, berwarna lebih hijau yang cenderung gelap dan kusam.

Selain itu, untuk matcha, batang dan venad dari daun akan dibuang dan digiling menjadi bubuk hijau yang terang dan halus. Sedangkan bubuk teh hijau lebih kasar dibandingkan teh lainya, karena batang dan uratnya belum dibuang.

Rasa dan Tekstur

Ilustrasi Green Tea dan Matcha. (Special)

Teh hijau terbilang rasanya lebih lembut dibandingkan dengan matcha. Sebab, green tea terasa lebih segar dan harum seperti teh pada umumnya. 

Sedangkan matcha, lebih padat serta creamy dan sedikit pahit. Pada jaman dahulu, banyak orang yang menggunakan pengocok bambu sebagai alat tradisional untuk membantu menghilangkan gumpalan bubuk pada matcha sehingga memberikan rasa yang konsisten.

Harga Green Tea dan Matcha

Ilustrasi Green Tea dan Matcha. (Special)

Jika dibandingkan mana yang lebih mahal, maka matcha juaranya. Sebab, dalam proses pembuatannya membutuhkan tenaga dan waktu yang ekstra. Serta diperlukan sebuah daun yang tidak bertangkai dan tidak berurat dengan kualitas terbaik. Berbeda dengan teh hijau yang harganya hampir sama dengan teh pada umumnya.

Itulah beberapa perbedaan green tea dan matcha yang bisa kamu ketahui. Kini, kamu tidak akan kesulitan lagi kan membedakan kedua minuman ini. Semoga bermanfaat ya, Ladies!