Setan Tak Berani Masuk Rumah, Ini Manfaat Surat Al-Kahfi

Kamis, 16 Desember 2021 | 15:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Setan Tak Berani Masuk Rumah, Ini Manfaat Surat Al-Kahfi

Ilustrasi alquran. (Special)

Ladiestory.id - Membaca ayat suci Alquran merupakan rukun iman ketiga dalam Islam. Di dalam Alquran sendiri terdiri dari beberapa surat yang memiiki arti sebagai pedoman dalam kehidupan umat Islam. Salah satunya Surah Al-Kahfi atau disebut juga Ashabul Kahf yang terdiri dari 110 ayat.

Surat ini menceritakan tentang tujuh pemuda saleh dan seekor anjing yang mengasingkan diri dari kejaran penguasa kafir dan zalim.

Manfaat Membaca Surat Al-Kahfi

Hari jumat erat kaitannya dengan amalan sunnah, salah satunya membaca Al-Quran. Seperti membaca surat Yassin dan Al-Kahfi yang memiliki banyak sekali manfaat. Berikut diantaranya:

1. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Sesuai hadist dari Abu Darda’, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal.” (HR. Muslim).

Rasullulah SAW menjelaskan jika seorang muslim rajin membaca surat Al-Kahfi tidak hanya di hari jumat saja, maka dia akan terhindar dan fitnah Dajjal yang keji. Selain itu di surat Al-Kahfi terdapat tanda-tanda kebesaran Allah sebagaimana disebutkan dalam Al-Kahfi ayat 102.

اَفَحَسِبَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَنْ يَّتَّخِذُوْا عِبَادِيْ مِنْ دُوْنِيْٓ اَوْلِيَاۤءَ ۗاِنَّآ اَعْتَدْنَا جَهَنَّمَ لِلْكٰفِرِيْنَ نُزُلًا

A fa hasiballaziina kafaruu ay yattakhizu 'ibaadii min dunii auliyaa', innaa a'tadnaa jahannama lil-kaafiriina nuzulaa.

Artinya: "Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir."

2. Bercahaya dan Bersinar di Hari Kiamat

Seorang muslim yang membaca surat Al-Kahfi akan diberikan pahala yang berlimpah. Manfaat membaca surat Al-Kahfi akan diberikan Allah di hari kiamat dalam sebuah cahaya.

Cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kaki hingga sampai ke langit. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Hadid ayat 12 yang berbunyi :

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ يَسْعٰى نُوْرُهُمْ بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ بُشْرٰىكُمُ الْيَوْمَ جَنّٰتٌ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ ذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُۚ

Yauma taral-mu'miniina wal-mu'minaati yas'aa nuruhum baina aidiihim wa bi'aimaanihim busyraakumul-yauma jannaatun tajrii min tahtihal-an-haaru khaalidiina fiihaa, zaalika huwal-fauzul-'aziim.

pada hari engkau akan melihat orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan, betapa cahaya mereka bersinar di depan dan di samping kanan mereka, (dikatakan kepada mereka), “Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Demikian itulah kemenangan yang agung.”

3. Pengingat di Hari Kiamat

Dalam surat Al-Kahfi ayat 47 kita diingatkan tentang datangnya hari kiamat. Hal itu menjadikan kita agar selalu berbuat baik selama kita masih hidup di dunia ini

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْاَرْضَ بَارِزَةًۙ وَّحَشَرْنٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ اَحَدًاۚ

Wa yauma nusayyirul-jibaala wa taral-arda barizataw wa hasyarnahum fa lam nugaadir min-hum ahadaa

Artinya:"Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan dapat melihat bumi itu rata dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak Kami tinggalkan seorangpun dari mereka."

4. Diampuni Allah SWT

Manfaat lainnya ketika membaca surat Al-Kahfi akan membuat seseorang diampuni segala dosanya oleh Allah SWT, sebab manusia pasti memiliki dosa dan setan akan selalu berusaha menggoda, merusak iman manusia menuju jalan kesesatan.

Diriwayatkan dalam sebuah hadist Rasullulah SAW bersabda , "Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari jumat, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat."

5. Rumah Tidak Akan Dimasuki Setan

Setan adalah musuh terbesar dari manusia, terutama dalam melakukan hal kebaikan dan beribadah. Membaca surat Al-Kahfi dapat membuat kita terhindar dari godaan setan.

Sebuah hadist  Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal menyatakan bahwa " Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki oleh setan sepanjang malam tersebut."

Demikian penjelasan tentang arti dan mafaat surat Al-Kahfi. Semoga kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan terhindar dari siksa api neraka di hari kiamat. Aamiin.