Intip Kilas Balik Shopee 2023: E-Commerce yang Menjadi Sahabat Para Pelaku UMKM

Minggu, 31 Desember 2023 | 09:44:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Intip Kilas Balik Shopee 2023: E-Commerce Yang Menjadi Sahabat Para Pelaku Umkm

Ilustrasi Belanja di Shopee. (Special)

Ladiestory.id - Sebagai salah satu platform e-commerce ternama di Indonesia, Shopee terus menunjukkan komitmennya untuk terus mendukung perkembangan UMKM Indonesia, agar terus berkembang. Dengan menghadirkan Program Ekspor Shopee, e-commerce tersebut sudah menunjukkan hasil dari komitmennya tersebut.

Dari data yang dipaparkan oleh Badan Pusat Statistik (BPM), perekonomian nasional mengalami peningkatan sebanyak 6,7% melalui penjualan dari UMKM per Oktober 2023.

Di sepanjang tahun 2023, Shopee mendampingi UMKM lokal agar dapat menciptakan peluang untuk memiliki daya saing global, dengan mendorong akselerasi UMKM lokal menjangkau pasar internasional.

Tercatat hingga akhir tahun 2023 Program Ekspor Shopee sudah berhasil membawa 26 juta produk UMKM lokal menuju gerbang ekspor. Angka tersebut meningkat sebanyak 30% dibandingkan dengan data yang dikeluarkan Shopee pada bulan Agustus 2023 lalu.

Apabila dijabarkan, dalam empat bulan terakhir Shopee berhasil mengekspor 50 ribu produk UMKM lokal ke mancanegara per harinya. Adapun fashion dan home living menjadi kategori terpopuler produk lokal yang paling laris terjual di luar negeri.

Tidak hanya itu, untuk terus meningkatkan eksposur produk lokal dan pelaku UMKM, Shopee juga menghadirkan laman spesial Shopee Pilih Lokal sejak Agustus 2022 lalu sebagai wadah untuk mengembangkan bisnis usahawan lokal melalui ekosistem digital. Di sepanjang tahun 2023, Shopee Pilih Lokal telah dikunjungi oleh lebih dari 25 juta pengguna.

Shopee Caleidoscope 2023. (Special)

Shopee juga terus menggalakan berbagai kampanye pendukung sebagai bentuk support untuk para pelaku UMKM, seperti kampanye 9.9 Super Shopping Day yang telah meningkatkan penjualan produk UMKM hingga 30x lipat dan juga kampanye 12.12 Birthday Sale yang telah mendukung peningkatan transaksi brand lokal dan UMKM sebesar 49x lipat.

“Kami sangat senang dapat terus menjadi bagian dalam setiap perjalanan para pelaku UMKM dan pengguna kami untuk menciptakan peluang dan menggapai impian mereka di sepanjang tahun 2023. Ke depannya, Shopee berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mengembangkan layanan kami agar dapat terus memberikan yang terbaik bagi para pengguna melalui ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, sesuai dengan misi #ShopeeAdaUntukUMKM,” ungkap Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja.

Selain komitmennya kepada pelaku UMKM, Shopee juga terus meningkatkan pelayanannya untuk pengguna setianya yang telah menjadikan e-commerce tersebut sebagai bagian dari kesehariannya.

Seperti yang diketahui, baik penjual dan pembeli menginginkan transaksi online yang aman. Dengan begitu, Shopee mendukung dengan meluncurkan fitur Cek Fakta yang dapat membantu pengguna melakukan pengecekan terhadap kebenaran informasi yang mereka terima terkait Shopee. Fitur ini telah membantu lebih dari 100 ribu pengguna untuk terhindar dari modus penipuan.