Siapkan Ini Sebelum Belajar Hand Lettering Untuk Pemula!

Rabu, 11 Agustus 2021 | 01:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Siapkan Ini Sebelum Belajar Hand Lettering Untuk Pemula!

Foto: Ladiestory.id

Teknik hand lettering tengah populer di kalangan masyarakat, terutama anak muda yang tertarik dengan desain aesthetic. Hal ini menjadikan hand lettering sebagai hobi baru mereka.

Hand Lettering adalah sebuah karya desain yang menggunakan huruf sebagai elemen utama yang sepenuhnya digambar secara manual dengan menggunakan tangan, huruf sederhana didefinisikan sebagai seni menggambar huruf, kombinasi spesifik letterforms dibuat untuk penggunaan tunggal dan tujuan yang bertentangan dengan menggunakan huruf sebelumnya dirancang sebagai komponen, seperti tipografi.

Sering kali kita lihat postingan di instagram ataupun pinterest tentang karya menggambar huruf dengan desain, itulah hand lettering.

Tidak hanya sekedar menyalurkan hobi, namun hand lettering memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah melatih kesabaran. Karena ketika kita melakukan teknik hand lettering butuh ketelitian dan ketelatenan.

Selain itu teknik ini melatih kita untuk lebih berkreatifitas dan menemukan style diri sendiri. Sehingga kita akan memiliki ciri khas dalam setiap karya hand lettering yang diciptakan.

Untuk kamu yang ingin mencoba hobi baru ini, jangan khawatir karena Ladiestory akan memberikan informasi mengenai belajar hand lettering untuk pemula.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum belajar hand lettering untuk pemula, alangkah lebih baiknya mengetahui alat dan bahan yang diperlukan :

1. Tiga Jenis Kertas

  • Plain Printer Paper, digunakan untuk tahap perencanaan atau ide dasar
  • Bristol Board, karena jenis kertas ini lebih tebal dari plain paper maka digunakan untuk framing
  • Grid Paper, digunakan untuk finishing hand lettering

2. Penggaris

Digunakan untuk membuat grid atau plot

3. Pensil

Bagi pemula, biasanya menggunakan 2 jenis pensil standar untuk belajar hand lettering. Namun bagi yang sudah bisa hand lettering, biasanya menggunakan Pigma Microns dan Prismacolor Premies.

Jika sudah tergolong dalam orang yang pro dalam dunia hand lettering, maka menggunakan Dip pens. Dimana jenis pensil ini membutuhkan perawatan yang ekstra namun hasil sangat maksimal jika berada dalam tangan orang yang professional.

4. Penghapus

Digunakaan untuk menghapus tulisan yang salah

5. Highlighter

Digunakan untuk meng-highlight bagian yang penting

Langkah Belajar Hand Lettering untuk pemula

1. Mencari inspirasi

Foto: Ladiestory.id

Untuk pemula tentunya kita bingung dalam membentuk hand lettering seperti apa. Tentu disarankan untuk kita mencari inspirasi terlebih dahulu.

Berbagai platform disediakan seperti Google, Instagram, Pinteres, hingga Youtube. Bahkan kita bisa melihat video tutorial orang menggambar hand lettering yang bisa dijadikan inspirasi.

2. Memulai dari apa yang kamu punya

Foto: Ladiestory.id

Beberapa alat dan bahan hand lettering tidak terbilang murah. Terlebih semakin banyaknya orang yang memiliki hobi ini. Jangan sampai alat dan bahan menjadi kendala kita untuk tidak memulai belajar hand lettering.

Sembari memperlengkapi alat dan bahan, kita bisa menggunakan apa yang ada di rumah. Sepereti kertas biasa hingga bekas, pensil biasa, spidol biasa, apapun yang kamu punya tanpa melihat merek.

3. Melatih Pergerakan Tangan

Tidak ada pergerakan tangan yang salah ataupun benar. Setiap orang memiliki style masing-masing. Tidak ada salahya mencoba berbagai bentuk hingga menemukan bentuk hand lettering yang kamu suka sembari terus mencari inspirasi. Tentu dengan terus berlatih, pergerakan tanganmu akan semakin luwes ketika melakukan teknik hand lettering.

4. Kreasikan bentuk huruf

Foto: Ladiestory.id

Sembari terus mencari inspirasi huruf hand lettering, kamu bisa sembari mengamati, mencontoh, dan mengkreasikan huruf-huruf tersebut.Nantinya akan menemukan bentuk font diri sendiri

5. Terus berlatih

Foto: Ladiestory.id

Jika ada pepatah mengatakan “practice make perfect” itulah yang harus ditanamkan. Setidaknya 10 menit dalam sehari untuk berlatih hand lettering, maka akan membantu kepiawaian kita dalam dunia hand lettering.

Tidak ada usaha yang menghiatani hasil, bahkan tidak ada segala sesuatu yang terjadi tanpa perlu proses. Sama halnya dalam belajar hand lettering untuk pemula, bukanlah hal yang mustahil suatu saat akan menjadi orang yang pro.

Bahkan nantinya bisa menyediakan jasa pembuatan hand lettering. Bakal menjadi hobi baru yang menghasilkan uang juga, selamat mencoba, ya!