Dikenal Ramah dan Berhati Lembut, Ini 6 Sifat Kepribadian ESFJ

Minggu, 24 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Dikenal Ramah Dan Berhati Lembut, Ini 6 Sifat Kepribadian Esfj

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory - ESFJ atau Ekstrovert, Sensing, Feeling, Judging adalah salah satu tipe kepribadian berdasarkan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). Seseorang dengan kepribadian seperti ini dikenal memiliki sifat yang ramah dan berhati lembut.

Tapi bukan hanya itu saja karakter dan sifatnya, ada beberapa sifat-sifat lainnya yang menarik dari kepribadian ini. 

Karakter Tipe Kepribadian ESFJ

Penasaran apa saja sifat ataupun karakter dari kepribadian ESFJ? Seseorang dengan kepribadian ESFJ memiliki sederet karakter yang menarik di mata orang lain. Simak ulasannya di bawah ini;

1. Hatinya Mudah Terluka

Foto: Ladiestory.id

Seseorang yang memiliki kepribadian ESFJ biasanya mempunyai perasaan yang lembut dan sensitif, karena perasaan itulah yang membuatnya mudah sakit hati. 

Bahkan saat seseorang tak bermaksud untuk melukai hatinya, ESFJ justru  merasa sakit hati. ESFJ juga memiliki perasaan yang sangat peka dengan orang - orang di sekitarnya.

2. Senang Membantu Orang Lain

Hatinya yang lembut dan sikapnya yang supel menjadikan seseorang dengan kepribadian ESFJ senang membantu orang lain. Mereka akan memberikan bantuan dengan cara yang beragam misalnya memberikan perhatian ataupun menunjukkan empati pada orang lain.

Dengan menunjukkan perilaku yang baik akan membuatnya menjadi lebih dihargai orang lain. Namun, tak jarang kebaikan mereka juga dimanfaatkan orang sekitarnya.

3. Fleksibel dengan Orang Lain 

Foto: Ladiestory.id

Orang dengan tipe kepribadian ESFJ selalu ingin memastikan agar orang disekitarnya merasa nyaman. Mereka sangat setia dan juga bisa dipercaya oleh siapapun. 

Selain itu, tipe kepribadian ini juga sangat memperhatikan perasaan orang lain sehingga mereka akan selalu berusaha untuk bisa menciptakan harmoni serta tidak menyakiti orang di sekitarnya. 

Bila Kamu berada didekat orang-orang ESFJ, kamu akan merasa nyaman. Karena mereka pandai membangun koneksi dengan siapapun dan tidak keberatan untuk terlibat dalam obrolan ringan.

Tapi, meskipun mereka asyik diajak ngobrol, nyatanya tipe kepribadian ini tidaklah fleksibel terhadap dirinya sendiri. Tipe ini juga cenderung tidak peduli pada dirinya, mereka lebih peduli dan memikirkan orang lain. 

4. Menyenangkan Tapi Bukan Penurut

ESFJ adalah orang-orang yang cermat terhadap orang lain serta mahir dalam mendukung orang lain. Mereka merasa membantu orang lain bisa menciptakan kenyamanan dan kesenangan untuk diri mereka sendiri. Meskipun ESFJ ialah sosok pribadi yang menyenangkan, tapi mereka bukanlah orang yang penurut.

5. Tidak Suka Teori, Lebih Suka Langsung Bertindak

Foto: Ladiestory.id

Dalam kesehariannya, seseorang dengan kepribadian ESFJ lebih suka langsung bertindak ketimbang cuma teori. Lebih suka terjun langsung melakukan hal-hal praktis yang nyata dan jelas, daripada menghabiskan banyak waktu untuk hal-hal yang teoritis.

6. Banyak Maunya

Kepribadian ESFJ juga lebih suka mengatur hal-hal yang ada di sekelilingnya. Membuat rencana serta jadwal pun harus disesuaikan dengan keinginannya. Hal ini dapat terjadi karena keinginannya untuk dapat meringankan orang lain, meski kadang jadi disalah artikan oleh orang lain sebagai sifat yang banyak maunya.

Itulah 6 karakter dari kepribadian ESFJ. Adakah dalam dirimu, Ladies?