Dampak Terhadap Sikap Remaja Setelah Menonton Sinetron Cinta Misteri

Selasa, 7 Desember 2021 | 00:02:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Dampak Terhadap Sikap Remaja Setelah Menonton Sinetron Cinta Misteri

Foto: ilustrasi sinetron cinta misteri (spesial)

Ladiestory.id - Program televisi yang cukup banyak muncul adalah sinetron. Salah satunya adalah Cinta Misteri menjadi sinetron di stasiun televisi SCTV yang diproduksi oleh Sinemart, sejak 29 oktober 2018.

Penayangannya berlangsung setiap hari pada  pada pukul 17.00 WIB dengan durasi 75 menit (17:00- 18.30) dengan total jumlah episode 68 episode dan penayangan terakhirnya pada tanggal 6 januari 2019. 

Karya dari Serena Luna dengan sutradara Nayato Fio Nuala. Genre dari sinetron ini adalah drama, romantik dan misteri.

Sedangkan untuk tema dari sinetron ini pada umumnya tentang dunia remaja yang berlatar belakang remaja SMA dalam romansa kehidupan penuh gejolak usia muda, percintaan, bullying, persaingan antar remaja dan kisah misteri. 

Dampak terhadap Sikap Remaja Setelah Menonton Sinetron Cinta Misteri

Foto: ilustrasi sinetron cinta misteri (spesial)

Berikut beberapa dampak yang mungkin memengaruhi sikap remaja setelah menonton Cinta Misteri.

1. Perubahan Gaya Berkomunikasi dan Berperilaku

Sebenarnya ada hal yang dapat diperhatikan baik dan buruknya. Namun, faktor dari intensitas menonton akan membuat kita memiliki gaya berkomunikasi dan berperilaku sama seperti sesuatu yang kita lihat. Apalagi, dari gaya bahasa dan sikap yang secara tidak langsung terekam pada otak kita. 

2. Perbedaan dalam Cara Berpenampilan

Seperti yang kita ketahui, jika penampilan merupakan gambaran yang berarti penilaian diri seseorang sehingga mampu deskripsi tentang karakter diri seseorang meliputi sikap dan pandangan seseorang dalam menghadapi segala situasi.

Besar kemungkinan ada pemain yang menjadi role model sehingga kita mungkin meniru penampilannya. 

Bedah Cerita dan Pemain dari Sinetron Misteri Cinta 

Foto: ilustrasi sinetron cinta misteri (spesial)

Sinetron Cinta Misteri menceritakan tentang Kinanti bersekolah di sebuah SMA internasional di kawasan Jakarta. Kinanti adalah anak baru yang cantik tapi cupu, kemudian diperkenalkan Steven pada teman-temannya di dalam kelas.

Semuanya menyambut baik, namun Michelle saja yang tidak senang dengan Kinanti dan mem-bully dia. Alasannya karena Michelle naksir dengan Steven tapi bertepuk sebelah tangan. 

Suatu ketika Kinanti terjebak di gudang dan menemui satu siswi lain dengan seragam sama persis dengan dirinya. Ternyata Dinda bernasib sama dengan Kinanti yang di-bully temen sekelasnya kemudian dikurung dalam gudang itu.

Faktanya, Dinda merupakan siswi yang sudah lama hilang atau arwah penasaran yang di-bully. 

Pemeran sinetron Cinta Misteri yang terlibat di dalamnya ialah Febby Rastanty sebagai Kinanti, Megan Domani sebagai Dinda, Cassandra Lee sebagai Michelle, Hud Filbert sebagai Steven, Jeremie Moeremas sebagai Reno, Teuku Saba sebagai Valdy, Khalisha Farah sebagai Corie, Amanda Salma sebagai Tasya, Geraldy Kreckhoff sebagai Bimo, Fendy Pradana sebagai Adam, Ine Dewi sebagai Mirna, Ria Probo sebagai Devi, Connie Sutedja sebagai Eyang Murti, Atarik Syach sebagai Doni, Nevytania Zafin sebagai Ananda, Emiliano Fernando sebagai Fernando, Kevin Royano sebagai Rafael, Riza Syah sebagai Ferly, Panji Zoni sebagai Arjuna.