Petualangan Seru, Sinopsis Film How to Train Your Dragon (2010)

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Petualangan Seru, Sinopsis Film How To Train Your Dragon (2010)

Foto: BeritaSatu

Ladiestory.id - How to Train Your Dragon merupakan salah satu seri film animasi yang amat populer. Seri film yang diangkat dari novel anak-anak berjudul sama karya Cressida Cowell ini dimulai dari film pertamanya yang dirilis pada 2010.

Di film pertama seri How to Train Your Dragon, kita akan diajak masuk ke dalam dunia fantasi bertema Viking yang menceritakan tentang kehidupan manusia dan naga. Tokoh utama film ini adalah seorang pemuda bernama Hiccup yang mencoba meyakinkan rakyatnya bahwa naga adalah makhluk yang baik dan bisa dikendalikan.

Chris Sanders dan Dean DeBlois menjadi sutradara dari film How to Train Your Dragon. Bersama Will Davies, keduanya juga menulis naskah film ini.

Deretan para pengisi suara film How to Train Your Dragon meliputi Jay Baruchel yang memerankan suara karakter Hiccup Horrendous Haddock III, America Ferrera sebagai Astrid Hofferson, Gerard Butler sebagai Stoick the Vast, Craig Ferguson sebagai Gobber the Belch, Christopher Mintz-Plasse sebagai Fishlegs Ingerman, Jonah Hill sebagai Snotlout Jorgenson, serta T.J. Miller dan Kristen Wiig sebagai si kembar Tuffnut dan Ruffnut Thorston.

Sinopsis Film How to Train Your Dragon

Hiccup adalah bocah berusia 15 tahun yang merupakan putra dari kepala suku Viking, Stoick the Vast. Desa mereka sering diserang oleh sekelompok naga yang menjadikan memburu naga sebagai salah satu tradisi dan tujuan hidup bangsa ini. Karena fisiknya yang terlalu kurus dan tidak dianggap bisa bertarung melawan naga, Hiccup menciptakan banyak alat mekanik sebagai senjata, tapi seringkali gagal berfungsi.

Meningkatkan Kemampuan Hiccup

train your dragon
Foto: Universal Kids

Suatu saat dia menembak seekor naga dari jenis langka menggunakan salah satu alat tersebut. Tetapi ketika Hiccup mendapati naga itu terperangkap, dia tidak membunuhnya, justru melepaskannya. Hiccup dimasukkan ke dalam kelas memburu naga bersama teman-temannya untuk meningkatkan kemampuannya. Di hutan, Hiccup menemukan naga yang dia lepas masih berada di sana.

Naga berjenis Night Fury itu tidak bisa terbang karena setengah sirip ekornya sobek akibat tembakan dari Hiccup kemarin. Merasa bersalah, Hiccup memberinya makan dan mulai berteman. Dia memberi nama Toothless untuk naga itu dan mulai membuat sirip prostetik agar naga itu bisa terbang lagi, tapi di bawah kendalinya.

Stoick pulang dari perburuannya dengan tangan hampa, tapi rasa kecewanya terhapus dengan rasa bangga karena ternyata Hiccup menjadi juara di kelasnya yang mewajibkannya untuk membunuh seekor naga sebagai ujian akhirnya. Saat Hiccup ingin kabur dengan Toothless, Astrid memergokinya. Untuk menunjukkan jika Toothless bersahabat, Astrid dibawa terbang oleh mereka.

Toothless membawa mereka ke sarang naga dimana disana terdapat naga raksasa bernama The Red Death. Astrid ingin memberi tahu bangsanya, tapi Hiccup menolaknya demi keselamatan Toothless. Ujian akhir telah tiba dan Hiccup harus membunuh naga berjenis Monstrous Nightmare. Bukannya membunuh, Hiccup justru mencoba menjinakkan naga itu.

Stoick Diserang

train your dragon
Foto: Duniaku

Ketika Stoick menggertak naga agar bertarung, Toothless datang melindungi Hiccup yang malah membuat dirinya tertangkap dan menjadi tawanan. Hiccup secara tidak sengaja mengatakan jika Toothless tahu letak sarang naga yang kemudian dipaksa untuk menjadi pemandu Stoick dan pasukannya dalam berburu. Hiccup putus asa, tapi dikuatkan oleh Astrid yang kemudian membuat mereka mengejar Toothless.

Pasukan Viking menemukan sarang naga dan menyerangnya yang menyebabkan banyak naga melarikan diri tapi justru membangunkan The Red Death. Hiccup dan rekan-rekannya datang membantu, sementara dirinya melepaskan Toothless. Stoick menyelamatkan Hiccup dan Toothless dari tenggelam dan berdamai dengan Hiccup.

Penyelamatan The Red Death

train your dragon
Foto: TBS

Bersama Toothless, Hiccup melakukan aksi heroik untuk menamatkan The Red Death dengan menembakkan api ke mulutnya. Dalam pertarungan itu, Toothless berhasil menyelamatkan Hiccup, tapi sayangnya Hiccup harus kehilangan kaki kirinya.

Terbangun di desanya, Hiccup dibuatkan kaki prostetik dan disanjung oleh seluruh warga, termasuk Astrid. Bangsa Viking kini hidup berdampingan dengan damai bersama para naga.

Inilah sinopsis film How to Train Your Dragon. Sudahkah kamu nonton?