Sinopsis Film Soul yang Memiliki Nilai-Nilai Kehidupan

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 08:19:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Sinopsis Film Soul yang Memiliki Nilai-Nilai Kehidupan

Foto: nytimes

Ladiestory.id - Pixar Animation Studios bersama Walt Disney studios meluncurkan film animasi terbaru yang disutradarai oleh Pete Docter. Dilansir dari Imdb, film animasi ini berjudul 'Soul', di produseri oleh Dana Murray yang dibuat di Amerika Serikat.

Dirilis di Bioskop dan Disney+

film soul; film; animasi
Foto: vitalthrills

Film Soul sendiri merupakan film animasi komputer petualangan komedi fantasi Amerika Serikat tahun 2020. Film ini awalnya dirilis di bioskop dan kemudian dirilis secara digital di Disney+. Memang pada awalnya film ini dirilis di Amerika Serikat pada 19 Juni 2020. Namun karena pandemi Covid-19, film ini ditunda hingga 20 November 2020.

Persiapan dari film ini pun terbilang cukup panjang. Pasalnya cikal bakal film Soul diumumkan pada Januari 2016. Kemudian Pete berkomintmen menyelesaikan film animasi ini pada Juni 2018 meski telah naik jabatan menjadi Chief Creative Officer Pixar.

Jamie Foxx merupakan pengisi suara dari karakter utama Soul yakni Joe Gardner. Jamie Foxx merupakan musisi sekaligus aktor peraih Piala Oscar dalam film biografri yang dirilis pada 2004. Selain Jamie, film animasi ini diperkuat dengan suara Tina Rey, Angela Basset, dan Daveed Diggs.

Di Indonesia, film ini juga tersedia versi sulih suara dalam bahasa Indonesia di Disney+ Hotstar. Film ini menerima ulasan yang sangat positif dari para kritikus, dengan pujian untuk animasi, cerita, akting suara, dan musiknya. 

Maka tak heran jika film Soul ini sudah menyabet sejumlah penghargaan. Diantaranya Chicago Film Critics Association, Florida Film Critics Circle, dan Los Angeles Film Critics Association Awards mengganjar Soul dengan piala Tata Musik Terbaik.

Di Indiana Film Journalists Association AS, Soul menang di kategori Film Animasi Terbaik dan Pengisi Suara Terbaik.

Sinopsis Film Soul 

Foto: nytimes

Joe Gardner merupakan seorang guru musik SMP yang memiliki cita-cita sebagai seorang pemain piano jazz. Sayangnya sang ibu melarangnya dengan alasan dia tak akan bisa hidup terjamin dari bermusik. Namun Joe tetap bersikeras dengan apa yang dia cita-citakan. 

Suatu saatu, dia mendapatkan telepon dari salah satu muridnya yang tergabung dengan grup band jazz, Dorothea Williams, salah satu idola Joe.

Muridnya tersebut menawarkan untuk menggantikan pianis mereka yang sedang pergi keluar kota. Dengan semangat Joe pun mendatangi mereka dan menajalni audisi bersama Dorothea Williams.

Saking asyiknya bermain, Joe bahkan sempat melamun yang justru membuat grup musik tersebut terpana. Dia pun lolos dan dapat bergabung dengan grup musik idolanya tersebut.

Kabar gembira tersebut membuat Joe begitu bahagia dan menelepon salah satu temannya. Dalam perjalannya pulang sambil menelepon tersebut, Joe terjatuh ke dalam lubang saluran air.

Foto: theguardian

 

Tiba-tiba saat ia membuka mata dia berada di dimensi yang berbeda yakni alam sesudah kehidupan. Joe yang baru saja senang karena mimpinya terwujud pun bersikukuh ingin kembali hidup. Apa pun dilakukannya. Termasuk tugas membimbing 22 untuk menemukan jati dirinya agar roh 22 dapat kembali ke dunia. 

Di sinilah konflik di mulai. 22 merasa nggak mau hidup di dunia karena dunia nggak menarik baginya. Sedangkan Joe ingin kembali ke dunia. Mereka pun membuat perjanjian, karena 22 nggak mau hidup di dunia, saat 22 merasa menemukan api dalam dirinya dan mendapatkan kartu pas untuk hidup di bumi, Joe lah yang akan menggunakannya. 

Kira-kira, apakah Joe berhasil kembali ke dunia dan menjalani mimpinya sebagai pianis jazz dalam grup band Dorothea Williams? Dan, apakah 22 akan menemukan tujuan hidupnya lalu kembali ke dunia atau akan tetap berada di dimensi lain?

Inilah sinopsis dari film Soul yang sudah mendapat segudang pernghargaan. Sudahkan kamu menontonnya? 

Berita Terkait