Sering Jengkel Karena Acne Prone Skin? Ini Solusinya!

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:30:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Sering Jengkel Karena Acne Prone Skin? Ini Solusinya!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Acne prone skin adalah salah satu istilah dalam dunia perawatan wajah atau skincare. Secara umum acne prone merupakan masalah kulit yang umumnya disebabkan oleh bakteri serta virus, yang mengakibatkan mudahnya timbul jerawat. Penyebab munculnya jerawat beraneka ragam mulai dari faktor hormon, stres dan pola makan.

Acne prone paling sering dialami oleh pemilik kulit yang berminyak. Hal tersebut karena kulit yang berminyak cenderung sensitif dengan bakteri dan virus, sehingga banyak orang beranggapan kulit berminyak sangat rentan terhadap masalah di wajah. Namun, perlu kamu ingat bahwa kulit kering juga bisa mengalami jerawat.

Solusi Perawatan Acne Prone Skin

Kulit berminyak atau kulit kering yang mengalami acne prone, akan membuat kita kehilangan rasa percaya diri. Kamu tidak perlu khawatir, berikut beberapa tips perawatan untuk acne prone skin yang bisa kamu coba.

Cuci Wajah dengan Sabun Berbahan Lembut

Foto: Ladiestory.id

Dibandingkan memakai sabun khusus untuk kulit berjerawat, lebih baik menggunakan sabun yang lembut dan bebas sulfat. Sabun khusus untuk kulit berjerawat akan membuat kulit menjadi lebih kering. Gunakan sabun dengan kandungan aktif seperti salicylic acid yang mampu melarukan kelebihan minyak, bakteri dan kotoran tanpa membuat iritasi. Cuci wajahmu secara rutin maksimal dua kali sehari.

Wajib Memakai Sunscreen

Buat kamu yang memiliki acne prone skin, maka wajib hukumnya menggunakan sunscreen setiap pagi sebelum beraktivitas. Sunscreen dapat memberikan efek mattifying yang melindungi kulit tanpa memperburuk jerawat. Sebaiknya, pilih jenis sunscreen yang free oil, serta berbentuk serum atau gel, hal ini bertujuan agar sunscreen tidak menyumbat pori-pori dan mudah terserap.

Gunakan Pelembap Khusus Acne Prone Skin

Acne prone skin membutuhkan pelembap yang bebas minyak dan ringan untuk menghidrasi kulit tanpa membuatnya kering. Kamu bisa menggunakan pelembab khusus untuk acne prone skin yang berbahan dasar glycerin, ceramide, dan hyaluronic acid.

Gunakan Produk Perawatan Jerawat

Spot treatment yang tepat diperlukan ketika jerawat tengah meradang. Pilih obat jerawat yang memiliki kandungan benzoil peroksida sehingga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan serum berbahan aktif sebagai perawatan kulit di malam hari. Pilih serum yang memiliki kandungan bahan seperti benzoyl peroxide, adapalene, niacinamide, dan asam salisilat (BHA) yang berfungsi untuk membunuh bakteri jerawat, dan menyeimbangkan produksi minyak.

Gunakan Face Mask

Foto: Ladiestory.id

Memiliki aktivitas padat di luar rumah, membuat kita harus ekstra dalam melakukan perawatan pada kulit wajah. Selain melakukan double celansing, penggunaan face mask yang berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih dan memberikan nutrisi pada kulit tak kalah pentingnya. Pada acne prone skin, disarankan memilih jenis clay mask karena mempunyai kandungan yang dapat mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori.

Hindari memencet jerawat karena akan membuat kulit iritasi serta meninggalkan flek-flek hitam di wajah. Kamu juga bisa menjaga pola hidup sehat, rajin berolahraga serta perbanyak konsumsi air putih. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.