Sosok Warmia, Atlet Perempuan Peraih Medali Emas di ASEAN Para Games

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 21:00:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Sosok Warmia, Atlet Perempuan Peraih Medali Emas Di Asean Para Games

Warmia, atlet atletik Indonesia di ASEAN Para Games (INASPOC)

Ladiestory.id - Indonesia keluar sebagai juara juara umum ASEAN Para Games XI 2022. Seluruh rangkaian pertandingan tersebut telah berakhir pada Sabtu (6/8/2022) hari ini.

Saat ini Indonesia telah memperoleh total 419 medali dengan 171 emas, 138 perak, dan 110 perunggu, dilansir dari laman resmi ASEAN Para Games.

Bukan hanya atlet laki-laki saja yang mengambil andil di ajang internasional tersebut. Atlet perempuan juga berlaga di ASEAN Para Games.

Cabang olahraga yang berhasil mengumpulkan medali terbanyak adalah atletik. Cabang ini berhasil mengumpulkan 57 medali emas, 41 perak, dan 24 perunggu. Jika ditotalkan, cabang atletik telah menyumbang 122 mendali untuk Indonesia.

Salah satu atlet atletik perempuan yang jadi sorotan di perhelatan olahraga ini adalah Warmia. Ia merupakan atlet paling senior yang kirim Indonesia di ajang ASEAN Para Games.

Warmia saat bertanding di ASEAN Para Games (INASPOC)

 

Meski usianya sudah memasuki 43 tahun, tidak menyurutkan semangat Warmia untuk berlaga di ajang internasional khusus difabel tersebut. Ia sukses menyabet tiga medali emas, yakni di nomor lempar cakram, lempar lembing dan terakhir tolak peluru.

Meski memiliki keterbatasan F44 (ganguan di sebelah kaki), ia tidak pernah patah semangat. Bahkan sama sekali tidak minder dengan lawannya yang berusia jauh lebih muda darinya.

Warmia pun menorehkan sejarah baru untuk dirinya. Jika di ajang sebelumnya hanya meraih satu medali, di ASEAN Para Games 2022 Solo ini, ia meraih tiga medali emas. Ini semua adalah berkat kerja kerasnya untuk terus berlatih.

Ia juga sempat berpesan untuk anak-anak muda agar disipilin jika memang ingin berprestasi.

"Pesan saya untuk generasi muda, semoga bisa lebih disiplin. Untuk dapat prestasi itu bukan main-main," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, Indonesia saat ini menjadi tuan rumah dari perhelatan ASEAN Para Games XI 2022 yang diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah.

Ada fakta menarik dari perhelatan untuk atlet difabel se-Asia Tenggara ini, di mana lima negara yang menjadi tuan rumah sebelumnya tidak pernah menjadi juara umum. Indonesia mematahkan mitos tersebut.

Acara yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah ini telah berlangsung sejak 30 Juli lalu dan akan ditutup oleh Presiden Jokowi pada Sabtu, 6 Juli hari ini.

s