Studi Ungkap 4 Support System bagi Ibu dalam Dukung Tumbuh Kembang Anak

Kamis, 21 Desember 2023 | 15:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Studi Ungkap 4 Support System Bagi Ibu Dalam Dukung Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Ladiestory.id - Dalam rangka perayaan Hari Ibu, Orami membagikan wawasan terkait pentingnya support system bagi ibu, yang melibatkan ayah, orang tua, rekan sejawat/seperjuangan, hingga sumber informasi untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Dalam segi kehidupan berumah tangga, Orami menemukan bahwa 91.3% ibu mengakui pentingnya dukungan dari ayah saat proses menyusui; dan 90.7% juga percaya pembagian tugas dengan ayah sangat penting saat membesarkan anak-anak mereka.

Sinergi antara peran ibu dan ayah di dalam rumah mampu menumbuhkan beberapa dimensi dalam pertumbuhan anak, seperti Asuh (nutrisi, imunisasi, pakaian, layanan kesehatan, dan perumahan), Asih (rasa aman, kasih sayang harga diri, kebebasan, rasa sukses), dan Asah (stimulasi, keluarga, sekolah, masyarakat, hukum, dan nilai sosial).

Dalam era yang serba cepat dan penuh tantangan ini, support system menjadi kunci utama yang mendukung ibu dalam menjalankan peran mereka, dari masa kehamilan hingga proses membesarkan anak.

Dukungan yang solid membuat para ibu cenderung memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dalam mengelola stress hingga mengurus keluarga . Mengangkat tagline #BuatIbuBahagia, Orami bertekad meningkatkan kesadaran atas pentingnya dukungan bagi ibu dalam mendorong perkembangan buah hati.

Pentingnya Dukungan Secara Holistik untuk Ibu Bagi Tumbuh Kembang Anak

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak, peran dari setiap elemen di sekitar ibu sangat penting. Mari kita jelajahi peran ayah, orang tua, kolega dan komunitas, serta sumber informasi dalam mendukung peran ibu dan perkembangan anak.

Dari Ayah

Ilustrasi pasangan suami istri. (Special)

 

Dukungan ayah dalam pengasuhan anak memainkan peran paling penting. Seperti yang diungkapkan oleh survei Orami, 91.3% ibu mengakui pentingnya dukungan dari ayah saat proses menyusui. Dukungan ini dapat mencakup aspek emosional, fisik, dan informasional. Bahkan, 90.7% ibu percaya pentingnya pembagian tugas dengan ayah dalam membesarkan anak.

Menurut artikel Psychology Today, keterlibatan aktif ayah dalam berbagai aktivitas bersama anak dapat berkontribusi pada kompetensi sosial, prestasi akademis, dan regulasi emosional anak.

Dari Orang Tua

Ilustrasi orang tua. (Special)

 

Berdasarkan survei Orami, 55.7% ibu merasa support system dari orang tua mereka sangat penting selama fase menyusui. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa hubungan antara kakek-nenek dan orang tua yang sangat harmonis, terutama dalam hal membesarkan anak, mampu menciptakan ikatan saling mendukung. Bahkan, artikel dari Greater Good Science Center menunjukkan bahwa seorang ibu yang dekat dengan ibunya merasakan lebih efektif menjalankan perannya sebagai ibu baru, dan sang buah hati lebih memiliki kompetensi sosial 6 bulan
selanjutnya.

Dari Rekan Komunitas/Seperjuangan

Mothers Group. (My Vanderbilt Health)

 

Memiliki dukungan dari komunitas membukakan akses pada beragam sumber daya yang dapat meringankan perjalanan ibu baru. Orami menemukan bahwa 26,9% ibu setuju bahwa rekan komunitas atau sejawat menjadi support system utama saat proses menyusui. Sebanyak 64% ibu yang bekerja pun menyatakan bahwa dukungan rekan kerja menjadi krusial dalam menjalankan tanggung jawab rumah tangga dan profesional. Pentingnya rekan komunitas/seperjuangan juga tercermin dalam sebuah riset yang dijalankan oleh The University of Washington – ibu yang tidak memiliki dukungan komunitas yang kuat mengalami tingkat stres yang lebih tinggil, sehingga cenderung pesimis mengenai pengasuhan anak.

Dari Sumber Informasi

Ilustrasi Seorang Psikolog Klinis. (Canva)

 

Dalam era digital, media sosial dan artikel online telah menjadi sahabat yang memberikan dukungan dan inspirasi bagi para ibu dalam membesarkan anak dengan menyediakan berbagai panduan praktis. Riset Orami menemukan bahwa 83% ibu menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi terkait proses menyusui.

Secara bersamaan, artikel dalam media daring juga berguna memperkaya wawasan ibu dalam membesarkan sang buah hati. Sebagai sumber informasi para ibu untuk kebutuhan parenting, Orami menjadi situs pilihan utama yakni sebesar
87,4%.

"Dengan tema #BuatIbuBahagia, kami ingin memperkuat support system bagi para ibu melalui platform kami. Selama 10 tahun berjalan, Orami telah mengembangkan ekosistem yang mendukung ibu dan ayah dari masa kehamilan hingga proses membesarkan anak melalui ribuan konten dan komunitas parenting yang besar guna menciptakan lingkungan yang suportif. Kami berharap kehadiran Orami di Indonesia mampu menjadi support system yang kian baik bagi setiap ibu untuk mencapai kebahagiaan,” tutup Ferry Tenka, Founder Orami & Chief of Product SIRCLO.