Sudah Tahu Fakta Lain Dibalik Bendera Indonesia?

Selasa, 17 Agustus 2021 | 00:04:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Sudah Tahu Fakta Lain Dibalik Bendera Indonesia?

Foto: Kabar24

Memasuki bulan Agustus, telah terlihat bendera Merah Putih berkibar di setiap sudut baik di depan rumah, di jalan, di tempat wisata, dimana pun selagi masih di Indonesia. Terlebih tanggal 17 Agustus, bendera Indonesia berkibar sebagai peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Sebab, bendera Sang Saka Merah Putih merupakan simbol atau identitas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Makna Dibalik Bendera Indonesia: Warna Merah Putih

Foto: Ladiestory.id

 

Warna bendera Indonesia terdiri dari merah dan putih yang memiliki makna mendalam bagi negara Indonesia. Warna merah memiliki makna berani atau keberanian manusia. Selain itu, warna merah juga melambangkan sebagai warna dasar tubuh manusia, yang dialiri darah sejak lahir. Sedangkan warna putih memiliki makna kesucian, yang menggambarkan warna roh manusia yang bersih.

Tak hanya itu Ir. Soekarno, sebagai presiden pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia, memaknai warna merah putih dengan sesuatu yang berbeda, yakni merah putih sebagai elemen penciptaan manusia.

Fakta Lain Dibalik Bendera Indonesia

Foto: Ladiestory.id

 

Jika dikulik lebih dalam, rupanya warna merah putih ini juga memiliki filosofi elemen alam. Warna merah berarti tanah dan warna putih yakni langit. Lalu merah dan putih bersatu menunjukkan fitrah manusia Indonesia sejak mereka lahir.

Bahkan menurut kebudayaan Jawa Kuno, bendera merah putih bermakna sebagai simbol pemersatu lelaki dan perempuan.

1. Nama Lain Bendera Indonesia

Siapa tahu nama lain dari bendera Indonesia? Pasti kalian sudah kerap mendengarnya, namun mungkin tidak terlalu paham jika itu adalah nama lain dari bendera Indonesia. Pasalnya bendera Indonesia sendiri memiliki 3 sebutan yang berbeda. Diantaranya, Sang Saka Merah Putih, Bendera Pusaka, Sang Dwiwarna.

Sebutan Bendera Pusaka merupakan sebutan untuk bendera yang pertama kali dijahit oleh Ibu Fatmawati. Sebutan Bendera Pusaka juga  berasal dari Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih, yang merupakan julukan kepada Bendera Merah Putih sebagai bendera Negara Indonesia.

Sedangkan sebutan Sang Merah Putih dan Sang Dwiwarna adalah sebutan untuk setiap bendera Republik Indonesia yang berkibar di setiap upacara bendera.

2. Warna Bendera Terinspirasi dari Warna Panji Kerajaan Majapahit

Rupanya kerajaan-kerajaan kuno di Indonesia dahulu juga memakai warna bendera yang sama dengan warna bendera Indonesia sekarang yakni merah dan putih. Seperti contoh dari kerajaan Kediri yakni bendera perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak dan Kerajaan Bugis Bone yang juga menggunakan bendera merah putih.

Konon, warna bendera Indonesia terinspirasi dari warna panji Kerajaan Majapahit  yang memiliki sembilan garis berwarna merah putih dan tersusun horizontal. Bahkan tahun 1928 jauh sebelum Indonesia merdeka, pemuda-pemuda Indonesia kerap menggunakan bendera merah putih untuk menunjukkan rasa nasionalisme mereka. Inilah salah satu alasan Belanda melarang penggunaan bendera merah putih sebelum kemerdekaan.

3. Negara Lain juga Menggunakan Bendera Merah Putih

Jangan mengira bendera merah putih hanya ada pada bendera Indonesia. Sebab banyak negara juga mengunakan kedua warna ini. Terlebih bendera Monako merupakan bendera yang paling mirip dengan kepunyaan Indonesia. Hanya saja perbedaan terdapat pada rasio perbandingan antara panjang dan lebar. Jika negara Monako memiliki rasio 4:5 yang terlihat lebih persegi, sedangkan Indonesia memiliki rasio 2:3.

Tak hanya Monako, coba lihat bendera milik negara tetangga yakni Singapura yang juga hampir sama dengan Indonesia. Hanya saja bendera Singapura memiliki tambahan bulan dan bintang lima.

Bahkan ada satu negara lagi yang memiliki bendera merah putih yakni Polandia. Mereka juga menggunakan warna merah dan putih dengan urutan warna putih di atas warna merah.

4. Pengibaran Pertama Bendera Indonesia Menggunakan Bambu

Ya! Hal ini sudah masuk dalam pelajaran sejarah yakni pertama kali bendera Indonesia berkibar menggunakan bambu. Bendera merah putih pertama kali diibarkan Ir. Soekarno saat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Bendera Indonesia berkibar pertama kali dikibarkand engan bambu pada halaman belakang rumah Soekarno. Hingga saat ini, bendera bersejarah tersebut dijaga dan disimpan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Bendera yang dikibarkan di Istana Negara hingga saat ini hanyalah bendera duplikat yang terbuat dari bahan sutra.

Inilah fakta lain dibalik bendera Indonesia yang menjadi kebanggaan kita semua. Selamat ulang tahun Indonesiaku!