Pengusaha Muda Sukses, 7 Sumber Kekayaan Kaesang Pangarep

Rabu, 12 Januari 2022 | 15:30:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Pengusaha Muda Sukses, 7 Sumber Kekayaan Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep. (special)

Ladiestory.id - Kaesang Pangarep merupakan putra bungsu Presiden RI, Joko Widodo, yang dikenal sebagai salah satu pengusaha muda sukses. Kaesang lebih tertarik dan fokus mengembangkan deretan bisnisnya, dibandingkan terjun ke dunia politik seperti sang Ayah atau Kakaknya.

Diberitakan baru-baru ini Kaesang telah membeli saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk senilai Rp92 Milliar. Meski saham tersebut hanya delapan persen, namun angka tersebut terbilang fantastis untuk seorang anak muda berusia 26 tahun. 

Kaesang termasuk pemuda yang cerdas memanfaatkan peluang. Ia memiliki beberapa jenis bisnis mulai dari kuliner hingga perusahaan startup berbasis digital. Kaesang disebut sebagai salah satu pengusaha muda yang kaya raya.

Bahkan, belum lama ini ia juga mengungkapkan bahwa pendapatannya lebih banyak dibandingkan sang Ayah, yang merupakan seorang Presiden. Nah, penasaran bisnis apa saja yang menjadi sumber pendapatan Kaesang?

1. Bisnis Kuliner

Kaesang Pangarep. (special)

Bisnis kuliner adalah bisnis yang pertama kali digeluti oleh Kaesang hingga membesarkan namanya seperti saat ini. Berawal dari Sang Pisang yang menjadi usaha pertamanya dan masih sukses sampai sekarang.

Tak hanya itu saja, ia juga memiliki bisnis kuliner lainnya seperti Yam Ayam, Ternak Kopi, Siap Mas, Let's Toast hingga Mangkok Ku bersama Arnold Poernomo. Semua bisnis kuliner Kaesang telah memiliki cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

2. Aplikasi Digital

Di era digital saat ini Kaesang memanfaatkan peluang dengan meluncurkan sebuah aplikasi digital Madhang.id dan Kerjaholic.

Madhang.id adalah aplikasi digital yang memudahkan para pengusaha kuliner untuk memasarkan produknya tanpa harus memiliki toko atau warung. Selain menjual di aplikasi ini kita juga bisa memesan makanan.

Sedangkan Kerjaholic adalah aplikasi digital yang mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan info lowongan dari berbagai macam relasi.

3. Bisnis Clothing Line

Kaesang Pangarep. (special)

Tak hanya bisnis kuliner dan aplikasi, Kaesang juga terjun ke bisnis clothing line melalui Sang Javas yang menjual berbagai macam produk. Mulai dari tote bag, sweater, t-shirt, dan yang lainnya. Semua produk yang dijual berasal dari Solo dan memiliki logo kecebong dengan desain 'Indonesia Banget'.

4. Enigma Camp

Berkembangnya dunia informasi dan teknologi membuat Kaesang mendirikan Enigma Camp. Enigma Camp merupakan tempat pelatihan minat dan bakat anak muda terhadap informasi dan teknologi. Mereka bisa belajar tentang programmer, Hardware Engineer, Network Architect, dan yang lainnya.

5. Board Games

Pundi-pundi pendapatan Kaesang selanjutnya dari bisnis games. Bisnis ini hasil dari kolabrasi antara Kaesang dengan sang Kakak, Gibran. Mereka mendirikan Hompimpa Games yang merupakan games dengan membawa budaya Indonesia.

Mereka juga membuka store yang terletak di Surakarta dengan produk andalan card game. Card game ini dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain The Art of Batik, Math Cat, dan Acaraki.

6. Direktur Utama Persis Solo

Kaesang resmi menjadi Direktur Persis Solo pada 2021 lalu. Ia juga memiliki saham mayoritas di Persis Solo sebanyak 40 persen. Sebagai direktur utama ia memiliki target untuk membangun manajemen yang bersih dan transparan.

7. Bisnis Lainnya

Kaesang Pangarep. (special)

Selain keenam bisnis di atas, Kaesang masih memiliki beragam bisnis lainnya, salah satunya ternak lele. Ia juga memiliki sumber pendapatan lainnya sebagai komisaris Rans Entertainment. Seperti yang diketahui, Rans Entertainment yang didirikan oleh keluarga "Sultan Andara" ini memiliki kekayaan yang tak ternilai.

s