Super Indo Gandeng P&G Indonesia Kembangkan Program Conscious Living ke Jakarta

Selasa, 7 Maret 2023 | 13:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Super Indo Gandeng P&G Indonesia Kembangkan Program Conscious Living Ke Jakarta

Super Indo dan P&G Indonesia. (Special)

Ladiestory.id - Super Indo bersama dengan perusahaan FMCG global Procter & Gamble (P&G) Indonesia menandai pengembangan program “Conscious Living” di Jakarta. Conscious Living adalah program edukasi perubahan perilaku masyarakat yang bertujuan untuk mengurangi sampah kemasan plastik yang sering kali berakhir di TPA dan laut. Program berbasis digital melalui aplikasi Octopus ini, menyediakan insentif menarik bagi peserta aktif yang melakukan pemilahan dan penukaran sampah kemasan plastik.  

Setelah sukses meluncurkan program Conscious Living di kota Bandung, tahun ini program Conscious Living mengajak warga Kota Jakarta untuk bergabung mulai 1 Maret 2023. Didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, aksi kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian konsumen terhadap sampah paska konsumsi dan ikut berkontribusi dalam pengurangan sampah, khususnya sampah kemasan plastik di Provinsi Jakarta melalui pemilahan, pengumpulan dan daur ulang sampah kemasan.

Data dari Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Jakarta pada 2021, menunjukkan bahwa setiap hari jumlah timbulan sampah mencapai 7,2 ton per hari. Sampah plastik menyumbang 14.02 persen dari total timbulan sampah di Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) pada 2022, timbulan sampah di Indonesia sebanyak 19.07 juta ton per tahun, sampah terkelola sebanyak 14,77 ton atau setara 77.49 persen sedangkan sampah terkelola sebanyak 4.29 ton atau setara 22.51 persen.

Super Indo dan P&G Indonesia. (Special)

Novrizal Tahar, Direktur Penanganan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan RI, sedang menyiapkan beberapa kebijakan Zero Waste to LandfillLandfill. Novrizal juga sangat mengapresiasi program Conscious Living Jakarta yang merupakan aksi kolaborasi dari Super Indo dan P&G Indonesia.

Melalui program ini, diharapkan masyarakat khususnya yang berada di kota Jakarta dapat semakin peduli akan sampah kemasan plastik dan bisa mewujudkan program pemerintah tersebut.

Johan Boeijenga, President Director, Super Indo mengungkapkan, setiap orang memiliki peran dalam menjaga lingkungan dengan mengelola sampah melalui langkah-langkah sederhana yaitu Reduce, Reuse, Recycle (3R). Super Indo selalu menekankan pada penerapan perilaku ramah lingkungan dalam pengelolaan sampah di semua lini operasi.

"Saya sangat senang dapat berkolaborasi dengan P&G Indonesia dan Octopus melalui program Conscious Living Jakarta. Ini membuktikan bahwa kami sebagai pelaku usaha memiliki komitmen tinggi mendukung program Pemerintah melalui pengelolaan sampah plastik yang berkelanjutan melalui pelaksanaan ekonomi sirkular untuk mewujudkan pengurangan sebesar 30 persen dan dan penanganan sampah dengan benar sebesar 70 persen dari total timbulan sampah pada tahun 2025,” tambahnya. 

Saranathan Ramaswamy, President Director, P&G Indonesia mengungkapkan bahwa sejalan dengan misi perusahaan, P&G Indonesia mempertimbangkan aspek lingkungan dan sosial yang berkelanjutan dalam menjalankan bisnis sehari-hari, di mana salah satunya adalah melalui program Conscious Living. Dalam menjalankan program tersebut, tumbuh kesadaran bahwa kolaborasi adalah kunci agar dapat memberikan dampak positif yang lebih besar.

Ilustrasi memilah sampah. (Special)

Oleh karena itu, kolaborasi lanjutan antara P&G dengan Super Indo merupakan langkah nyata untuk memperluas cakupan program Conscious Living, sehingga dapat melibatkan semakin banyak masyarakat untuk memilah sampah di rumah, menyetorkan sampah kepada Pelestari/Pemulung dengan menggunakan aplikasi digital, agar sampah dapat didaur ulang dan menciptakan ekonomi sirkular.

Aksi kolaborasi Super Indo bersama P&G Indonesia telah berjalan sejak tahun lalu. Diawali dengan program Conscious Living Kota Bandung dan berhasil mengumpulkan 65 ton sampah kemasan plastik. Melalui Conscious Living Jakarta, Super Indo dan P&G Indonesia menargetkan akan mengumpulkan dan mendaur ulang 10 kali lipat sampah kemasan plastik, termasuk memperdayakan lebih banyak pemulung di Jakarta. 

Adapun jenis sampah kemasan plastik yang dapat dikumpulkan mencakup beberapa jenis kemasan plastik produk Super Indo 365 dan ratusan produk P&G Indonesia (Shampoo Pantene, Head & Shoulders, Rejoice, Herbal Essences, dan Pewangi Pakaian Downy). Program Conscious Living Jakarta akan berjalan dari 1 Maret hingga 31 Desember 2023. Masyarakat yang sudah mengikuti program ini dan telah memenuhi syarat, dapat menukarkan voucher belanja Super Indo di seluruh gerai Super Indo di wilayah DKI Jakarta.