Survival Guide: 5 Cara agar LDR Awet dan Bahagia (Selamanya)

Selasa, 25 Februari 2020 | 14:34:55

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Survival Guide: 5 Cara Agar Ldr Awet Dan Bahagia (Selamanya)

Oleh karena pekerjaan atau studi, kamu dan si dia mulai menjalani sebuah LDR (Long Distance Relationship). Dan terkadang, status ini menjadi ancaman keberlangsungan hubungan kalian. Istilahnya, ujian bagi ketahanan percintaan kamu dan pasangan.

Menjalani kisah LDR tentu tidak mungkin jika tidak dibumbui segala macam drama di dalamnya. Berbeda dengan saat kalian tinggal satu kota, LDR bisa menimbulkan berbagai masalah. Penyebabnya mulai dari kekhawatiran apakah pasangan akan tetap setia kepadamu, sampai kegelisahan sebab komunikasi yang tak melulu berjalan lancar. Nah, jika kamu adalah salah satu di antara mereka yang sedang menjalani LDR dengan pasanganmu, berikut ini ada 5 tips agar hubunganmu tetap bertahan dan bahagia. 

1. Jadikan ini peluang sebagai cara saling memahami dan menerima

tips tetap bahagia meski menjalani LDR
sumber: freepik.com

Seperti yang kita tahu, LDR adalah salah satu ujian dalam hubungan percintaan yang mau tidak mau harus dilalui bagi setiap pasangan yang mengalaminya. Meskipun sering kali terdengar pahit, akan tetapi LDR bisa mengajari kamu dan pasanganmu untuk bisa saling memahami dan menerima kepribadian, serta kekurangan masing-masing. Jika sebelum masa LDR itu kamu dan pasanganmu bisa bertemu sesering mungkin, kali ini kalian harus belajar untuk bersabar menanti kesempatan itu. Dan dengan masa LDR ini, kalian juga akan belajar tentang bagaimana cara agar bisa saling memahami dan menerima meski terbentang jarak yang sangat jauh.

2. Tetap saling menjaga komunikasi

tips tetap bahagia meski menjalani LDR
sumber: freepik.com

Menjalani LDR bukan berarti kalian lantas putus komunikasi. Sebab, di zaman yang serba canggih ini ada berbagai pilihan aplikasi sebagai media komunikasi, mulai dari chatting, direct message, telepon, maupun video call. Jadi, kamu dan pasanganmu tidak punya alasan untuk tidak saling menjaga komunikasi yang baik dan teratur. Memang,  komunikasi tidak perlu berjalan 24/7, karena kalian mempunyai pekerjaan dan tanggung jawab masing-masing. Akan tetapi, kamu dan pasangan tetap harus bisa meluangkan waktu setidaknya beberapa jam setiap hari untuk sekadar chatting atau ngobrol di telepon. Dengan begitu, meski jarak jauh memisahkan secara fisik, tapi hati dan pikiran kalian masih tetap dekat. 

3. Keterbukaan dan kejujuran adalah kunci

tips tetap bahagia meski menjalani LDR
sumber: freepik.com

Jangan pernah ragu menyatakan segala isi dalam hati dan pikiranmu kepada pasangan, sekalipun itu menyakitkan. Sebab, keterbukaan dan kejujuran adalah kunci untuk menjalani hubungan cinta yang sehat dan awet sepanjang masa. Mintalah pula kepada pasangan untuk melakukan hal yang sama kepadamu. Beri tahu kepadanya bahwa tak perlu ada satu hal pun yang perlu disembunyikan. Sebab, sekali saja menyembunyikan sesuatu dari yang lainnya, maka kalian akan terbiasa untuk melakukan hal yang sama di kesempatan berikutnya. Dan, jika kalian sudah terbiasa menyembunyikan segala sesuatu satu sama lainnya, maka bersiaplah  untuk menghadapi berbagai masalah. 

4. Tetap saling berbicara 'nakal' dalam chatting

tips tetap bahagia meski menjalani LDR
sumber: freepik.com

Hubungan cinta yang sehat itu memang sangat diperlukan. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa sesekali menggodanya dalam pesan singkatmu kepadanya, 'kan? Ingatlah, setiap manusia barangkali memiliki tingkat keinginan sentuhan fisik yang berbeda. Begitupula kamu dan pasanganmu. Jika sudah menikah, tentu saja kalian akan sangat menginginkan adanya pertemuan setiap hari di mana kalian bisa saling menyentuh dan mencumbu. Nah, sembari berjuang untuk saling setia, kalian bisa saling mengirimkan dirty talks yang akan membuatmu dan pasangan selalu saling memikirkan dan berfantasi satu sama lain.

5. Miliki satu tujuan yang sama

tips tetap bahagia meski menjalani LDR
sumber: freepik.com

Apabila harus menjalani LDR di saat status kalian masih berpacaran, ada baiknya jika kamu pastikan terlebih dahulu kepadanya tentang apa tujuan hubungan tersebut. Jika pasanganmu tidak memiliki tujuan masa depan ketika berhubungan denganmu, maka lebih baik sudahi saja. Tapi, jika ternyata pasanganmu memiliki tujuan yang sama denganmu, yaitu akan menikah, maka lanjutkanlah. Sebab, tak ada gunanya terus bersama seseorang yang tidak memiliki tujuan yang sama denganmu. 

Itulah lima tips yang bisa kamu terapkan agar tetap bahagia meski menjalani LDR. Selain itu, supaya kamu tetap bahagia meski tidak berjumpa dengannya setiap saat, sibukkan diri dengan mengembangkan potensimu dan beralihlah memikirkan hal-hal yang positif! Selamat mencoba, Ladies

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Joshua Chun