Susah Tidur Saat Pandemik? Panduan Ini akan Membantumu Lebih Nyenyak

Selasa, 28 April 2020 | 16:22:52

LS Health

Penulis : LS Health

Susah Tidur Saat Pandemik? Panduan Ini Akan Membantumu Lebih Nyenyak

Apakah akhir-akhir kamu merasa lebih capek, apalagi setelah membaca ratusan berita tentang virus Corona? Namun, meski lelah luar biasa, kamu tetap saja susah tidur. Untungnya ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar kembali bisa tidur dengan nyenyak. Yuk, baca sampai habis trik membantu tidur lebih pulas saat pandemik. 

Tetaplah Ikuti Rutinitas Biasa

Tetap mengikuti jadwal harianmu tentang kapan tidur dan bangun, bisa membantu tubuh untuk tetap setia pada rutinitas biasa. Dan ini akan membantu kamu tidur lebih lelap. 

Usahakan Tubuhmu Tetap Aktif

Salah satu penyebab kita merasa lelah adalah karena kita kurang aktif secara fisik; otot-otot kurang digunakan dan energi stagnan. Oleh karenanya, usahakanlah untuk bergerak secara reguler, bahkan meski hanya beberapa menit. Bergeraklah setiap satu jam untuk memastikan energi terpakai. Cobalah melakukan olahraga online, seperti pilates, yoga atau bentuk olahraga intens lainnya. Bergerak juga baik untuk kesehatan mental dan fisik. 

Ciptakan Rutinitas Malam

Memiliki rutinitas malam yang selalu kamu lakukan sebelum tidur membantu memberikan sinyal kepada tubuh bahwa saatnya untuk tidur. Hal ini juga berfungsi untuk mengurangi stres dan rasa cemas yang kamu rasakan sebelum tidur. Rutinitas ini berupa aktivitas yang membuat kamu lebih rileks dan tenang, seperti meditasi, melakukan rutinitas perawatan kulit, dan lain sebagainya. 

Cobalah Bersyukur

Meski memang penting banget menyadari dan memahami bahwa banyak orang di luar sana yang saat ini sedang mengalami kesulitan dan kesedihan, tapi ada baiknya kita juga belajar untuk mengucap syukur sebelum tidur. Hal ini berguna untuk membuat kamu bisa lelap setiap hari. 

Pastikan Kamarmu Rapi

Ketika sekelilingmu rapi dan bersih, ini akan membantumu merasa lebih tenang dan mengurangi rasa cemas. Oleh karenanya, selalu pastikan kamar rapi sebelum tidur. Dan jika memungkinkan, gunakan kamar hanya untuk tidur.

Hindari Cahaya Terang

Meski ini adalah sesuatu yang jelas, kita suka lupa karena terlalu asyik memandangi layar gadget. Padahal, memastikan kamar dalam kondisi gelap dan tenang, akan membantu tubuh memproduksi melatonin, sebuah hormon yang mendorong kamu untuk tidur. 

Cari Bantuan Profesional

Jika pola tidurmu sangat tidak teratur dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari dan hubungan sosialmu dengan orang lain, pastikan kamu meminta bantuan kepada para ahli kesehatan. Jika takut ke rumah sakit, kamu selalu bisa menggunakan bantuan medis online untuk mencari tahu apa yang bisa kamu lakukan agar tidurmu bisa lebih baik dan lelap. 

Intinya, kita harus berusaha untuk terus menjaga kesehatan fisik dan mental sepanjang waktu, terutama di periode pandemik COVID-19 ini. Dan jangan lupa cuci tangan sebelum tidur ya, Ladies

Sumber foto utama: Freepik.com