Susu Beruang Jadi Rebutan, Ini Kata Nestle

Senin, 5 Juli 2021 | 18:23:47

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Susu Beruang Jadi Rebutan, Ini Kata Nestle

Foto: Instagram/yaya_ramli

Susu beruang atau Bear Brand yang tengah ramai diburu masyarakat viral di sosil media. Video berdurasi 29 detik ini menjadi viral dan trending di Twitter pada Sabtu (3/7/2021).

Video tersebut sudah ditonton 772.200 kali dengan mendapatkan 4.031 retweet, dan disukai 11.285 akun Twitter. Hal ini karena anggapan bahwa susu beruang berkhasiat untuk menjaga imun agar terhindar dari Covid-19.

Foto: Instagram/muhammad.reza.syahputra

Bear Brand adalah merek minuman susu steril yang diperkenalkan pada tahun 1906, oleh Nestle. Produk ini  tersedia di sebagian besar wilayah Asia Tenggara, Swiss, dan Afrika Timur. Bear Brand dipasarkan dengan nama merek Marca Oso, yang merupakan bahasa Spanyol untuk "Bear Brand".

Susu Beruang Jadi Rebutan, Ini Kata Nestle

Dengan beredarnya video viral susu beruang jadi rebutan, ini kata nestle. Direktur Corporate Affairs Nestle Indonesia Debora R. Tjandrakusuma mengatakan, selama masa pandemi Covid-19 pihaknya memaksimalkan upaya untuk memenuhi permintaan konsumen akan produk-produk bernutrisi, salah satunya Bear Brand.

Banyaknya konsumen terlebih panic baying dari produk bear brand telebih menyebabkan harga produk tersebut meningkat. Harga per kaleng bear brand biasanya dibandrol sekitar Rp 8.000 hingga Rp 9.000, namun kini dijual dengan harga sekitar Rp 15.000 hingga Rp 17.000 per kaleng.

Foto: Twitter/amirwawan_

Namun kenaikan harga susu bear brand di pasaran, pihak Nestle mengatakan bahwa mereka tidak menaikan harga atas produk-produk Nestle Indonesia, termasuk bear brand.

Sebaliknya, Nestle sedang berusaha maksimal mungkin untuk dapat memasok produk susu bear brand agar dapat memenuhi permintaan konsumen. Meskipun masa pandemic, pabrik tetap akan beroperasi demi menjamin persediaan susu bear brand. Selain bear brand, makanan dan minuman bernutrisi lainnya juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Gizi dalam Susu Bear Brand

Susu beruang yang jadi buruan warga, terlepas dari mitos mengenai kandungan yang dianggap menyembuhkan Covid-19, ada beberapa kandungan dalam sekaleng bear brand. Bagaimana nyatanya?

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban membantah susu beruang bisa menyembuhkan covid-19. Kandungan dalam susu disebut tidak bisa mematikan virus SARS-CoV-2 penyebab covid-19 dalam tubuh.

Foto: Twitter/ferdhyap

Menurut ahli gizi alumni Universitas MH. Thamrin Jakarta ini, susu beruang ini mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti zinc, vitamin A, B hingga D, tetapi jangan hanya fokus pada konsumsi susu saja.

Thamrin juga mengatakan bahwa minum susu saja tidak ada manfaatnya. Sebab tubuh manusia memerlukan berbagai nutrisi dari beraneka macan bahan pangan. Dahulu susu masuk dalam konsep gizi 4 sehat 5 sempurna. Namun kini susu sudah berganti konsep menjadi gizi seimbang.

Oleh sebab itu, imunitas tubuh untuk mengangkat Covid-19 tidak hanya mengandalkan suatu merek susu tertentu. Sebab seseorang harus mencukupi kebutuhan gizi seimbang dari bahan pangan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, protein hewani dan nabati.

Jenis Susu Bear Brand

Terdapat dua jenis susu bear brand yakni bear brand gold white tea dan bear brand gold white malt.

Bear Brand Gold White Tea memiliki kandungan teh putih yang diperoleh dari daun teh pilihan, mengandung  vitamin A yang membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan (mata, saluran pencernaan, saluran penafasan dan kulit).

Jenis susu ini juga merupakan sumber vitamin C, dan vitamin E yang berkontribusi terhadap fungsi normal daya tahan tubuh jika disertai dengan diet gizi seimbang dan olah raga teratur.

Sedangkan Bear Brand Gold White Malt dengan kandungan malt dan vitamin B1 dan B2 yang berperan membantu dalam perubahan karbohidrat menjadi energi, serta vitamin B6.

Berperan membantu metabolisme energi dan pembentukan jaringan, dan sumber vitamin B12.