Tak Mudik? Ini 5 Pilihan Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat Lebaran

Kamis, 28 April 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Tak Mudik? Ini 5 Pilihan Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Lebaran

Ilustrasi Ketupat. (Special)

Ladiestory.id - Hari raya Idulfitri atau lebaran tinggal menghitung hari lagi. Beragam persiapan telah dilakukan untuk menyambut hari spesial nan suci tersebut.

Salah satunya adalah mudik. Bagi Kamu anak rantau, mudik menjelang lebaran merupakan salah satu hal yang paling dinantikan. Bayangan bertemu dan berkumpul bersama sanak saudara akan membuatmu semakin tak sabar menantikan momen tersebut.

Bagi kebanyakan orang, mudik merupakan hal wajib yang harus dilakukan menjelang lebaran. Namun, ada juga sebagian orang yang memilih untuk tidak mudik saat lebaran dengan beragam alasan. Seperti masih harus bekerja saat lebaran, mahalnya tiket ketika lebaran, dan alasan lainnya.

Bagi Kamu yang memilih untuk tidak mudik, Kamu juga tetap bisa lho merasakan kemeriahan momen lebaran. Ladiestory.id telah merangkum beragam kegiatan seru yang bisa Kamu lakukan jika tidak bisa mudik saat lebaran.

Melakukan Video Call

Ilustrasi perempuan main hp. (Special)

Lebaran selalu identik dengan suasana kehangatan karena sanak saudara berkumpul. Jika Kamu terpaksa tak bisa mudik tahun ini, Kamu tetap masih bisa merasakan suasana tersebut. Berkat teknologi sekarang yang semakin canggih, Kamu bisa memanfaatkan fitur video call untuk menjalin silaturahmi dengan keluargamu.

Jarak bukanlah lagi menjadi penghalang bagimu untuk tetap menjalin silaturahmi dengan keluarga. Selain itu, kerinduanmu kepada keluarga juga bisa tersampaikan.

Menikmati Hidangan Lebaran

Foto: Ladiestory.id

Meskipun Kamu tak bisa mudik ke kampung halaman, namun Kamu masih tetap bisa merayakan lebaran bersama keluarga kecilmu. Agar semakin terasa nuansa lebarannya, Kamu bisa menyiapkan hidangan khas lebaran. Seperti kue kering, ketupat, opor dan yang lainnya.

Dengan menyantap hidangan khas lebaran mampu mengobati kerinduanmu pada kampung halaman. Kamu juga tetap dapat merasakan suasana lebaran yang penuh kehangatan bersama keluarga kecilmu.

Menonton Film

Ilustrasi streaming film bersama pacar. (Special)

Tak bisa mudik saat lebaran tentu akan menimbulkan perasaan sedih dan kesepian dalam hatimu. Namun, Kamu tidak boleh berlarut-larut dalam kesedihan tersebut. Lebaran sejatinya merupakan hari kemenangan yang harus dirayakan dengan penuh kegembiraan.

Oleh karena itu, Kamu perlu melakukan kegiatan seru agar Kamu tidak merasakan kesedihan lagi. Kamu bisa mencoba melakukan kegiatan dengan menonton film bersama keluarga kecilmu. Pilihlah film favorit keluargamu atau bisa juga film yang bertema lebaran. 

Berjalan-jalan

Foto: Shutterstock/ Nutthaseth Van

Tak bisa mudik saat lebaran tak lantas membuatmu harus mengurung diri di dalam rumah terus. Kamu tetap bisa melakukan beragam kegiatan seru di luar rumah. Saat momen libur lebaran, Kamu bisa mencoba pergi berjalan-jalan bersama keluarga kecilmu.

Kamu bisa memilih destinasi wisata yang dekat dengan lokasi tempat tinggalmu. Atau Kamu juga bisa mengajak keluarga kecilmu untuk mengunjungi taman kota. Selain seru juga akan menghemat biaya.

Dengan budget yang tak menguras kantong, Kamu bisa merasakan kebahagiaan dan kehangatan bersama keluarga kecilmu. Pergilah bersenang-senang dengan keluargamu dan jangan biarkan kesedihan hinggap di dalam hatimu.

Istirahat

Foto: Ladiestory.id

Pilihan kegiatan terakhir yang bisa Kamu lakukan saat tak bisa mudik lebaran adalah dengan beristirahat. Beristirahat bukan hanya mengharuskan Kamu untuk tiduran seharian. Kamu bisa melakukan me time selama waktu istirahat tersebut. Lakukan kegiatan yang menyenangkan menurutmu, seperti membaca buku, memasak, hingga berkebun.

Kamu bisa memanfaatkan waktu libur lebaran untuk beristirahat secara maksimal. Dengan istirahat maksimal, maka dapat membuatmu memdapatkan energi baru untuk memulai rutinitas kembali setelah libur lebaran. Kapan lagi Kamu bisa mendapatkan waktu cuti yang lama untuk istirahat bukan? Maka manfaatkanlah momen tersebut.