Tak Perlu Buru-buru, Ini 5 Manfaat Bersikap Tenang saat Bekerja

Selasa, 21 Juni 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Tak Perlu Buru-Buru, Ini 5 Manfaat Bersikap Tenang Saat Bekerja

Bekerja Lama di Depan Komputer (Special)

Ladiestory.id - Terkadang, ada baiknya Kamu bersikap tenang dalam bekerja. Bukan berarti Kamu meremehkan pekerjaan atau malas mengerjakannya. Tetapi, Kamu mampu bekerja sesuai keinginan dan hati-hati.

Ketenangan pasti membawamu pada kedamaian dan kebahagiaan. Perasaan tenang memungkinkan Kamu untuk merenungkan diri sendiri dan mencoba berpikir jernih bahkan ketika sedang di bawah tekanan. Nah, berikut ini manfaat yang bisa Kamu dapatkan ketika bersikap tetap tenang di tempat kerja. Check this out!

Dapat Fokus pada Pekerjaan Hari Ini

Ilustrasi WFH. (Special)

Ketika Kamu bisa tetap tenang di tempat kerja, Kamu akan bisa fokus pada pekerjaanmu hari ini. Dengan begitu, Kamu bisa mengerjakan sepuasnya tanpa memikirkan pekerjaan esok hari. Jika Kamu khawatir tentang tugas kemarin dan besokmu, maka itu akan berdampak buruk pada kinerja Kamu saat ini.

Berfokus pada pekerjaanmu hari ini bukan berarti Kamu tidak memiliki rencana untuk masa depan. Hanya saja, Kamu tahu apa yang harus diprioritaskan. Keadaan pikiran yang tenang di tempat kerja memungkinkan Kamu untuk maju selangkah demi selangkah dan tidak terburu-buru.

Pikiran Menjadi Bebas Stres

Ilustrasi bekerja. (Special)

Ketika seseorang mengalami depresi, pikiran mereka cenderung melihat ancaman negatif daripada mencari peluang positif. Hal ini tentu saja membuat Kamu melakukan segala hal dalam kecemasan dan keraguan. Tetapi, ketika Kamu bisa tetap tenang di tempat kerja, pikiranmu tidak akan stres atau terbebani.

Dengan tetap tenang dalam bekerja, Kamu akan selalu memiliki banyak hal positif di sekelilingmu. Peristiwa positif ini akan membawa Kamu ke berbagai solusi untuk masalah tersebut. Selain itu, lingkungan sosial yang positif juga dapat mencegah terjadinya depresi.

Selalu Memiliki Sikap yang Baik

Ilustrasi konsultan komunikasi. (Special)

Memiliki pikiran buruk dapat membuat Kamu meragukan diri sendiri dan menyebabkan Kamu membesar-besarkan masalah dalam hidup mereka. Bahkan, Kamu mungkin bisa mengatasinya. Sayangnya, kepercayaan diri diselimuti oleh pikiran negatif.

Jika Kamu bersikap tenang di tempat kerja, Kamu tidak akan mudah berprasangka buruk. Di sisi lain, Kamu akan selalu berprasangka baik dan selalu bisa menemukan hikmah di setiap kegagalan yang terjadi. Kamu dapat melihat tugas dan tanggung jawabmu sebagai pengalaman yang berharga dan petualangan yang menyenangkan.

Dapat Membuat Keputusan yang Bijaksana

Pekerjaan Baru (Special)

Menjadi tenang di tempat kerja berarti Kamu tidak akan terburu-buru mengambil keputusan. Artinya Kamu paham bahwa tidak semua pertanyaan selalu bisa dijawab dengan cepat. Kamu membiarkan dirimu melihat sesuatu secara lebih luas dan memikirkan solusi terbaik.

Mengambil keputusan dengan hati-hati berarti Kamu telah belajar dari setiap pengalaman yang terjadi. Dalam beberapa kasus, tidak ada yang salah dengan menyiapkan suatu hal dalam jangka waktu yang panjang. Karena selama jangka waktu itu, Kamu bisa merenung dan berproses.

Mampu Menerima Diri Sendiri

Pekerjaan Baru (Special)

Saat Kamu bersikap tenang di tempat kerja, Kamu dapat menetapkan tujuan yang realistis. Hal ini tentunya bertujuan agar Kamu tidak kecewa dengan ekspektasi yang berlebihan. Bukan berarti Kamu menyerah pada impian besar. Kamu hanya menetapkan tujuan berdasarkan kemampuan dan lingkunganmu.

Itu tidak jauh berbeda karena Kamu sudah bisa menerima diri sendiri dan tahu apa kelebihan serta kekuranganmu. Ketika Kamu tahu apa kelemahanmu, maka Kamu bisa menjadi ikhlas ketika mendapatkan kekalahan. Menjadi ikhlas berarti Kamu bersedia belajar dari kegagalan atau kesalahanmu dan terus berusaha memperbaikinya dengan caramu sendiri. Dengan tetap tenang di tempat kerja, Kamu tidak merasa terbebani dan stres.

s