Tak Perlu Selalu Menyesal, Kegagalan Nyatanya Punya 5 Dampak Baik untuk Hidupmu!

Jumat, 20 Desember 2019 | 10:57:51

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Tak Perlu Selalu Menyesal, Kegagalan Nyatanya Punya 5 Dampak Baik Untuk Hidupmu!

Baru lulus kuliah, cari kerja susah dan tidak ada panggilan sama sekali. Itu artinya kita gagal sementara. Sudah dapat panggilan kerja, tapi tidak diterima. Itu juga artinya kita gagal. Kemudian di lain hari, diterima kerja juga akhirnya, tapi belum ada setahun sudah harus resign sebab tak tahan jika terlalu lama berada di satu ruangan yang sama dengan rekan kerja yang menyebalkan. Itu pun juga berarti gagal, karena kita tidak bisa mengontrol emosi yang sesunggunya tak begitu penting. Hingga pada akhirnya kita memutuskan untuk membuka usaha sendiri dan lumayan juga hasilnya.

Nah, kegagalan-kegagalan itu datang begitu cepat dan bahkan terlalu cepat. Baru memulai saja sudah gagal. Itu yang kerap orang lain katakan tetang kita. Kita pun menjadi kesal dan benci dengan kata “kegagalan”. Padahal, di balik gagal yang pertama, kedua, dan ketiga, nyatanya kegagalan-kegagalan tersebut malah memberi kita pengalaman hidup yang sangat berarti! Mau tahu apa saja dampak baik dari kegagalan-kegagalan itu, Ladies? Yuk, disimak!

1. Kegagalan bisa menciptakan peluang baru dengan cara baru

Kegagalan bisa menciptakan peluang baru dengan cara baru
sumber: freepik.com

Tanpa kamu sadari, sebenarnya kegagalan memberikanmu banyak peluang baru yang bisa kamu tempuh dengan cara yang baru pula. Misalnya saja, ketika kamu gagal diterima kerja di suatu perusahaan, tentu kamu masih punya banyak kesempatan untuk melamar kerja di berbagai perusahaan yang lain. Maka, jika kamu mengalami kegagalan seperti ini, kamu semestinya mengobservasi dan membuat mind mapping yang dianalogikan dengan sebuah perjalanan. Buatlah rute perjalananmu itu di sebuah jurnal yang berisi segala penyebab kegagalanmu itu, Ladies. Lalu, beri highlight di bagian yang menjadi penyebab utama. Itu artinya kamu harus menjauhi bagian itu. Kemudian, buatlah mind mapping baru dan buatlah rute baru untuk menggapai tujuan-tujuannmu yang baru. Ciptakan cara baru untuk meraih setiap pemberhentian hingga pada akhirnya bisa mencapai tujuanmu yang utama.

2. Kegagalan membuatmu peka terhadap apa yang akan berhasil dan yang tidak

Kegagalan membuatmu peka terhadap apa yang akan berhasil dan yang tidak
sumber: freepik.com

Ketika kamu sudah mengalami kegagalan berkali-kali dan sudah terbiasa mengidentifikasi hal-hal yang mestinya tidak dilakukan dan harus dilakukan, kamu pun akan menjadi orang yang peka terhadap usaha apa yang akan berhasil dan yang tidak. Keahlianmu untuk mudah mengindentifikasi strategi akan bertambah secara alamiah. Dengan begitu, kamu pun tak perlu mengalami kesialan hidup sebanyak orang lain yang tidak bisa mengidentifikasi apapun, sebab jalan hidup mereka hampir selalu mulus dan mudah.

3. Kegagalan yang berulang kali menjadikanmu inspirasi bagi orang lain

Kegagalan yang berulang kali menjadikanmu inspirasi bagi orang lain
sumber: freepik.com

Siapa bilang kegagalan membuat seseorang direndahkan selamanya? Ingat ya, Ladies, tak ada satu orang pun di dunia ini yang tidak mengalami kegagalan dalam hidupnya. Sekecil apapun, sesuatu yang tidak berhasil itu tetaplah disebut dengan kegagalan. Seperti halnya, JK Rowling dan Steve Jobs yang sempat mengalami kegagalan berkali-kali, namun kegigihan membuat mereka menginspirasi banyak orang. Kamu pun juga bisa seperti itu, kok. Asalkan, kamu punya kegigihan yang terus kamu jaga. Seiring berjalannya waktu, kamu akan memiliki banyak cerita tentang jatuh bangunnya karir dan kehidupanmu yang bisa kamu bagikan kepada orang lain ketika kamu sukses kelak.

4. Kegagalan mengatur ulang fokusmu

Kegagalan mengatur ulang fokusmu
sumber: freepik.com

Mungkin selama ini kita tidak sadar, kalau kita tidak memiliki fokus yang baik dalam bekerja dan menjalani proses kehidupan untuk mencapai tujuan utama. Sering kali kita hanya membagi-bagi fokus untuk banyak hal, sehingga tercapainya semua tujuan hidup terasa sangat lama, sebab fokus kita melayang kemana-mana. Nah, kegagalan mengatur ulang fokus kita itu, Ladies. Sehingga ketika kita mendapat kesempatan untuk meraih tujuan baru dengan cara yang baru, kita akan menjadi lebih fokus untuk satu tujuan terlebih dahulu, dan jika proses itu sudah selesai, maka kita bisa fokus ke tujuan berikutnya. Tentu, langkah demi langkah yang kita capai terkadang menjadi lebih baik daripada bertindak multitasking namun tak ada yang pernah selesai dikerjakan.

5. Kegagalan mendorong perkembangan mental dan emosional.

Kegagalan mendorong perkembangan mental dan emosional.
sumber: freepik.com

Kegagalan yang kamu rasakan juga bisa mengembangkan kesehatan mental dan emosionalmu lho, Ladies. Sebab, ketika kamu gagal, kamu akan terbiasa untuk menambah wawasan, belajar, mengeksplorasi dan melakukan lebih banyak hal, memecahkan masalah, serta menemukan solusi dalam kehidupan kerjamu. Selain itu, kegagalan juga bisa meningkatkan empatimu terhadap usaha orang lain dan tidak akan mudah merendahkan mereka. Tanpa kamu sadari, kegagalan nyatanya bisa mengasah kesabaranmu dan afeksi terhadap orang lain.

Mulai sekarang, kamu tak perlu mengeluh dan menyesal melulu. Ambil segala dampak positif yang bisa kamu terapkan dari kegagalan yang kamu alami.