Takaran 250 Gram Dalam Sendok Makan, Simak Penjelasannya

Selasa, 29 Juni 2021 | 19:09:46

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Takaran 250 Gram Dalam Sendok Makan, Simak Penjelasannya

Foto: Ladiestory.id

GRAM

SENDOK MAKAN (SDM)

10 gram

0,7 sdm

20 gram

1,4 sdm

30 gram

2,1 sdm

40 gram

2,8 sdm

50 gram

3,5 sdm

60 gram

4,2 sdm

70 gram

4,9 sdm

80 gram

5,6 sdm

90 gram

6,3 sdm

100 gram

7 sdm

250 gram

0,7 sdm x 250 = 12,5 sdm

Untuk perempuan perempuan yang jarang ke dapur atau baru pertama kali mencoba memasak di dapur pasti pernah mengalami kejadian seperti ini. Ketika tiba-tiba bingung saat membaca resep masakan.

Pada resep tertulis bahwa bahan baku yang dibutuhkan adalah 100 gram tepung terigu, 500 cc air, 190 gram tepung ketan, sampai 175 gram gula halus. Bagaimana cara menakar bahan tersebut? 100 gram tepung beras itu berapa sendok makan? 1 sendok makan berapa gram? 25 gram gula itu seberapa? Atau 100 gram berapa sendok makan kira-kira?

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Tentu kita langsung bergegas mencari timbangan dan mulai menakar satu persatu bahan tersebut sampai pas sebelum diolah menjadi makanan. Namun untuk yang sudah pro dalam hal memasak tentunya tidak perlu sampai menimbang semua bahan sesuai dengan takarannya. Cukup dengan memakai feeling saja, sudah bisa menakar dengan pas.

Menentukan sebuah takaran dalam membuat makanan akan lebih terasa mudah bila memiliki alat ukur bahan. Karena takaran menjadi batas yang akan digunakan dan faktor yang menentukan keberhasilan membuat suatu bahan, baik makanan maupun hal lainnya. Sebaliknya, jika tidak menggunakan takaran dengan benar, maka siap-siap makanan akan mengalami jauh dari keberhasilan atau malah gagal total.

Pada dalam sebuah takaran, terdapat berbagai macam ukuran yang biasa digunakan. Mulai dari mili liter, gram, sendok makan, hingga sendok teh yang digunakan untuk mengukur takaran tepat.

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Sendok makan menjadi salah satu alat ukur yang volumenya diketahui lebih besar dibandingkan dengan sendok teh. Oleh karena itu, tak jarang sendok makan digunakan sebagai takaran dalam membuat suatu bahan. Berikut ini kita akan mengetahui takaran bahan dengan menggunakan benda yang ada di sekitarmu dan salah satunya sendok.

Ingat! Berikut Rumus yang Bisa Anda Gunakan

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id
  • Ukuran 1 sendok makan setara dengan 3 sendok teh (1 sdm = 3 sdt)
  • 1 sendok makan = 10 gram
  • 150 gram gula = 10 sendok makan (sdm)
  • 1 sendok tepung terigu berapa gram? Jawabannya adalah 8 gram
  • 200 gram tepung terigu, tepung beras, tapioka dan maizena setara 25 sendok makan
  • 1 sendok teh berapa gram? Jawabannya adalah 3-5 gram tergantung dari bahan yang ditimbang

Nah, Anda tak perlu bingung lagi bagaimana cara menakar bahan tanpa butuh sebuah timbangan.