6 Inspirasi Tanaman Aquascape untuk Mempercantik Akuarium

Jumat, 29 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Inspirasi Tanaman Aquascape Untuk Mempercantik Akuarium

Foto: Aquapedia

Ladiestory.id - Aquascape merupakan sebuah seni dekorasi dengan menempatkan tanaman hias, batu-batuan, air, kayu dan lain sebagainya dalam akuarium.

Beberapa objek tersebut akan menghasilkan pemandangan layaknya di bawah laut. Dengan adanya tanaman aquascape menjadikan akuarium tampak lebih cantik dan indah. 

Jenis Tanaman Aquascape

Tanaman-tanaman aquascape punya banyak jenisnya dan semuanya akan mempercantik akuarium di rumah, berikut beberapa pilihan tanaman hias air Aquascape yang bisa kamu pilih:

1. Tanaman Hias Jungle Vallisneria

Foto: CNNindonesia

Tanaman hias dengan bentuk daun menjulang tinggi keatas hingga mencapai ratusan centimeter ini termasuk dalam anggota keluarga  dari tanaman berjenis tape grass.

Tanaman background plants yang cocok ditempatkan pada bagian belakang akuarium ini, mampu perlindungan pada ikan pemalu yang biasanya bersembunyi di balik dedaunan. 

2. Tanaman Hias Anubias Nana

Foto: AquaAma

Tanaman aquascape Anubias Nana cocok sebagai midground plants yang diletakkan di bagian tengah akuarium.  Tanaman hias air Anubias Nana ini asalnya dari Afrika Barat yang sekarang telah menyebar ke negara-negara bagian Asia, Amerika Serikat serta Eropa.

Bila kamu memelihara tanaman ini buat mempercantik akuarium, kamu harus telaten untuk mengganti air akuarium secara teratur, karena tanaman hias yang satu ini sensitif dengan kualitas air.

3. Tanaman Hias Water Wisteria

Foto: Kamuharustahu

Tanaman aquascape water wisteria ini pun ialah tanaman aquascape midground plants yang asalnya dari Bangladesh, Nepal, Bhutan dan India. Tanaman ini cocoknya tumbuh bila berada dalam air yang bersuhu 18-25 derajat celsius. 

Tanaman hias air water wisteria termasuk gampang buat dirawat. Karena ia tergolong kuat dalam segala kondisi, jadi tidak akan menyita waktu kamu bila memeliharanya. 

4. Tanaman Hias Pakis Lidah

Foto: Agrozine

Jenis tanaman aquascape pakis lidah cocok di tempatkan pada bagian tengah akuarium. Tanaman aquascape pakis lidah mempunyai rimpang yang menyerap nutrisi dari akar dan daunnya. 

Tanaman ini termasuk tanaman aquascape tanpa CO2 karena ia tetap bisa tumbuh walau tanpa adanya pupuk atau karbon dioksida. Hanya dengan cahaya yang menyebar dari lampu akuarium dapat membuat tanaman ini tumbuh dengan baik. Mudah bukan merawatnya?

5. Tanaman Hias Java Moss

Foto: Aquapedia

Jenis tanaman aquascape yang  membuat cantik aquarium kamu selanjutnya adalah Lumut Jawa atau dikenal juga dengan nama Java moss. Tanaman ini lebih tepat bila diletakkan di bagian belakang akuarium.

Tanaman Java moss ini termasuk tanaman akuarium yang gampang tumbuh serta paling kuat diantara jenis tanaman akuarium lainnya. 

Tanaman Java moss berasal dari kawasan Asia Tenggara yang mudah tumbuh di daerah tropis. Kamu bisa menemukannya  di tempat lembab serta tumbuh juga di bebatuan, batang pohon maupun di tepi sungai.

Tanaman ini banyak digunakan untuk aquascape serta membuat akuarium tampak indah, hijau, asri nan cantik.  Selain untuk memperindah akuarium tanaman ini juga bermanfaat juga untuk melindungi telur dan benih ikan.

Dengan berfungsi sebagai penyedia makanan dalam proses perkembangbiakan ikan serta dapat membuat air akuarium lebih berkualitas.

6. Tanaman Hias Staurogyne Repens

Foto: Owlaquascape

Tanaman hias air ini jenis foreground plants yang berasal dari Amerika Selatan. Sama dengan tanaman Java moss, tanaman ini juga merupakan tanaman aquascape yang mudah dirawat dan dapat tumbuh dengan kuat. Tanaman ini lebih tepat dan bagus bila diberi cahaya redup di akuarium.

Nah, itulah 6 inspirasi tanaman hias aquascape buat mempercantik aquarium. Semoga bermanfaat.