5 Tanda Kamu Ada di Lingkungan Toxic

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:00:00

5 Tanda Kamu Ada Di Lingkungan Toxic

Ilustrasi lingkungan toksik. (Special)

Ladiestory.id - Saat menjalani kehidupan sehari-hari, kamu tentu akan merasakan suka dan duka. Namun, ada orang yang tetap akan mendukungmu atau membuat kamu semakin terpuruk. Di sini kamu perlu berhati-hati dalam bertindak, supaya tidak dimanfaatkan oleh orang lain.

Berbicara mengenai orang yang buruk, apapun yang kamu lakukan selalu salah di matanya. Parahnya, ia malah bermaksud untuk membuatmu jatuh dengan cara apapun. Kemudian, ada juga orang yang tidak segan mencampuri urusan pribadimu. Jika sudah seperti itu, kamu berada di lingkungan toxic.

Lingkungan toxic ini bisa terjadi pada siapapun dan di mana saja. Lingkungan toxic ini juga bisa terjadi di lingkungan keluarga, lingkungan kerja dan bisnis, bahkan lingkungan sekolah. Lalu, tanda apa saja yang biasa kamu temui saat berada di lingkungan toxic? Simak artikel berikut ini.

Didominasi Satu Pihak

Ilustrasi Orang Bersedih (Pinterest.com)

Tanda yang pertama ketika kamu berada di lingkungan yang toxic adalah, kamu akan berada bersama orang-orang yang egois. Mereka hanya memikirkan kemauannnya sendiri tanpa mau mendengar kemauanmu atau orang lain. Semua orang harus mengikuti aturannya dan tidak diperbolehkan untuk menolak.

Jika kamu berada di lingkungan toxic ini, maka sebaiknya diskusi dengan orang tersebut. Katakan dengan jujur bahwa perlakuannya tidaklah baik.

Saling Menjatuhkan dan Merendahkan

Ilustrasi Orang Musuhan (Pinterest.com)

Kemudian, tanda kedua kamu berada di lingkungan yang toxic adalah, mereka akan saling menjatuhkan atau merendahkan. Tidak ada sikap saling menghargai satu sama lain. Rasanya, apa yang kamu lakukan tidak akan pernah didukung oleh orang tersebut, hingga kamu tidak betah berada di titik itu.

Selalu saja dinilai kurang meski kamu sudah berusaha memberikan saran atau masukan. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu akan dijatuhkan dan direndahkan.

Pikiran Negatif

Ilustrasi perempuan dengan victim mentality. (

Selanjutnya, kamu akan berada di mana kamu akan saling berpikiran negatif. Di lingkungan ini, kamu tidak akan menemukan sesuatu yang positif sama sekali. Perasaan negatif ini juga berbagai macam, seperti merasa ketakutan, tidak nyaman, gelisah dan kecemasan, tidak merasa aman, dan terlalu berpikir sesuatu yang kemungkinan tidak terjadi sama sekali.

Playing Victim

Ilustrasi perempuan yang meragukan perasaan dan keyakinannya. (Spesial)

Ciri-ciri selanjutnya adalah kamu juga akan berada di lingkungan yang membuat kamu saling playing victim. Ketika terjadi masalah, satu sama lain bukan saling meminta maaf tapi saling menyalahkan dan tidak ada yang mau mengaku salah. Giliran ketahuan salah, mereka tetap gengsi untuk mengakui kesalahan itu. Sehingga, masalah yang seharusnya bisa terselesaikan dengan cepat dan mudah, malah jadi lama.

Persaingan Tidak Sehat

Ilustrasi perempuan yang khawatir karna terlalu sensitif. (Spesial)

Tanda terakhir yaitu kamu akan merasa berada di sebuah tempat di mana kamu merasa adanya persaingan, namun bukan untuk sebuah hal yang positif. Persaingan memang harus ada agar kamu bisa terus berkembang dan maju. Tapi, jika kamu berada di lingkungan yang toxic, maka kamu akan bersaing untuk sesuatu yang negatif. Biasanya, orang lain tidak rela jika ada rekannya yang lebih baik dan maju dari rekannya yang lain. Dan tentunya, lingkungan toxic seperti ini harus kamu hindari ya, Ladies.

s