Waspada! Ini 5 Tanda Kamu Berada di Hubungan Toxic

Rabu, 21 Februari 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Waspada! Ini 5 Tanda Kamu Berada Di Hubungan Toxic

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Hampir tiap orang menginginkan hubungan yang romantis dan bahagia, namun tak dapat dihindari terkadang seseorang terjebak di dalam hubungan yang beracun atau toxic. Hubungan toxic adalah hubungan yang membuat seseorang merasa tidak didukung, diremehkan, bahkan tertekan menjalani sebuah hubungan.

“Hidup ini terlalu singkat untuk menghabiskan waktu dalam hubungan yang beracun. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan untuk meninggalkan hubungan yang beracun, namun percayalah pada naluri dan ketahuilah bahwa Anda pantas mendapatkan hubungan yang sehat,” ujar Jamie Bronstein, terapis hubungan berlisensi, dikutip dari Brides.

Berikut tanda-tanda yang harus diwaspadai dalam sebuah hubungan.

Rasa Tidak Aman

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Yang terpenting dalam sebuah hubungan adalah kedua pasangan harus selalu merasa aman secara emosional, mental, dan fisik. Jika merasa ada kekerasan fisik dalam bentuk apapun, maka beritahulah seseorang untuk mencari pertolongan, dan rencanakanlah segera meninggalkan hubungan tersebut.

“Sekali saja sudah terlalu sering. Jika hal ini terjadi sekali, hal ini akan terjadi lagi, dan bahkan dengan terpais atau konselor, hal tersebut masih bisa terjadi lagi,” kata Jamie Bronstein.

Kritik Konstan

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Jika mendapati pasangan yang terus-terusan mengkritik tiap hal kecil yang dilakukan, baik besar maupun kecil, ini bisa menjadi tanda bahwa hubungan tersebut menjadi sangat beracun.

Pasangan yang terlalu kritis akan membuat seseorang menjadi merasa buruk terhadap dirinya sendiri. Ada perbedaan tipis di antara melakukan percakapan jujur dan kritik langsung yang membuat seseorang merasa rendah diri.

Sikap Posesif

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Jamie Bronstein mengatakan bahwa, jika pasangan terlalu posesif dan mengawasi keberadaan pasangannya, selalu bersikeras melakukan segala sesuatu bersama-sama, ini bisa berarti sedang berada di dalam hubungan yang toxic.

Jika menemukan tanda-tanda awal sikap posesif, pertimbangkanlah untuk membicarakan secara serius tentang kepercayaan dan batasan.

Amarah

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Jika satu atau kedua pasangan mengalami ledakan kemarahan yang hebat dan terus-menerus berdebat dengan pasangan, seperti berkelahi dengan marah, berteriak, dan mengatakan hal-hal yang menyakitkan, itu merupakan pertanda sebuah hubungan yang toxic

Rasa Prihatin dan Teman atau Keluarga

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Orang sekitar sangat berpengaruh bagi seseorang, termasuk dalam hal mengambil keputusan pada sebuah hubunga. Jika orang-orang terdekat seperti keluarga atau teman mengungkapkan kekhawatirannya, cobalah untuk benar-benar mendengarkan dan memproses kekhawatiran tersebut.