Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | PARENTING | TANPA OBAT, INI 4 CARA TURUNKAN DEMAM PADA ANAK

Tanpa Obat, Ini 4 Cara Turunkan Demam pada Anak

LS Parenting
Rabu, 16 Desember 2020 | 08:14:00
Durasi baca: 2 menit, 12 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tanpa Obat, Ini 4 Cara Turunkan Demam pada Anak 

Mendapati anak yang tiba-tiba demam tentu membuat para ibu kaget dan khawatir, terlebih pada tengah malam dan tidak adanya persediaan obat di rumah. Demam adalah kondisi tubuh mengalami suhu hingga 37 derajat Celcius atau lebih. Hal ini disebabkan virus atau bakteri yang menginfeksi tubuh.

Perlu diketahui, demam bukan penyakit, melainkan gejala terhadap adanya suatu penyakit. Demam merupakan kondisi alamiah tubuh melawan segala infeksi yang menyerang sistem imunitas. Meski begitu, bukan berarti demam tidak perlu diatasi. 

Demam pada anak bisa diatasi di rumah. Jadi, mama tak perlu khawatir berlebihan saat anak demam ya. Berikut ini cara menurunkan suhu badan anak atau demam tanpa harus minum obat. 

Baca juga: Daftar Film Edukasi untuk Anak SD, Ayo Nonton!

Kompres Air Hangat 

Cara menurunkan demam ini telah dilakukan lama dan secara turun-temurun. Cara ini juga sangat mudah. Mama hanya perlu menggunakan kain yang telah dimasukkan atau direndam dalam air hangat, lalu menempelkannya di dahi si kecil dalam posisi berbaring. 

Sensasi air hangat ini dapat membuat panas tubuh menjadi lebih keluar akibat diberikan rangsangan saat dikompres. Hal ini yang membuat panas di tubuh perlahan-lahan menurun. Jangan lupa mengulang cara ini atau mengganti kompres ketika mulai dingin serta pantau suhu tubuh anak secara berkala setiap 1-2 jam setelah memberikan kompres. 

Konsumsi Cukup Air Putih

Demam mudah membuat rasa haus yang akhirnya mengalami dehidrasi. Penyebabnya, ketika demam, tubuh mengalami penguapan atau mengeluarkan cairan sehingga kebutuhan air perlu diperhatikan. Pastikan kebutuhan cairan tercukupi selama demam agar si kecil tidak dehidrasi serta mudah lemas. 

Mama dapat memberikan air putih hangat. Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu tubuh lebih cepat mengeluarkan semua suhu panas dalam tubuh. Berikan sedikit demi sedikit dan sesering mungkin. 

Bila anak masih mengkonsumsi ASI eksklusif, mama bisa terus memberikannya. Selain cairan, kebutuhan nutrisi anak juga harus dipenuhi. Pastikan anak tidak telat makan dan mengkonsumsi makanan kaya gizi seperti ikan, daging, sayuran, dan buah-buahan. 

Baca juga: Arti Mimpi Melihat Anak Kembar, Benarkah Akan Mendapat Banyak Keberuntungan?


Pastikan Suhu Ruangan 

Ketika demam, terkadang tubuh juga mengalami kedinginan atau menggigil. Untuk itu, pastikan suhu ruangan anak dalam kondisi normal dan sirkulasi udara yang cukup. Mama masih boleh menggunakan AC atau kipas, tapi jangan kencang dan mengarah langsung kepada si kecil karena dapat membuat anak kedinginan. Mama bisa memberikan selimut pada si kecil. 

Hindari Baju Tebal

Pemilihan pakaian yang tepat menjadi salah satu cara menurunkan suhu badan anak ketika demam. Selama demam, sebaiknya anak tidak mengenakan baju berbahan tebal karena akan membuat tubuh kepanasan dan tubuh sulit mengeluarkan suhu panas sehingga demam sulit turun. Pakaikan anak pakaian berbahan tipis, menyerap keringat, juga membuat anak nyaman. 

Nah, itu dia cara menurunkan demam pada anak secara alami. Akan tetapi, bila panas anak tak juga reda dalam beberapa hari, mama perlu segera membawa anak ke dokter ya. 

Cara menurunkan panas pada anak. Menurunkan demam Cara alami menurunkan demam tinggi

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting