Tantangan Raline Shah Sebagai Narator "Eating Our Way To Extinction" Versi Indonesia

Kamis, 8 September 2022 | 06:30:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Tantangan Raline Shah Sebagai Narator "Eating Our Way To Extinction" Versi Indonesia

Raline Shah saat ditemui pada penayangan perdana "Kisah Manusia Merangkai Punah" di Flix Cinema, Ashta Disctrict 8, SCBD, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2022). (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

Ladiestory.id - Aktris Raline Shah terlibat pada film “Eating Our Way To Extinction" atau yang dalam Bahasa Indonesia menjadi "Kisah Manusia Merangkai Punah". Dalam film tersebut, Raline menjadi pembaca narasi berbahasa Indonesia lantaran film ini ditayangkan melalui YouTube untuk masyarakat tanah air.

Dalam keterlibatannya tersebut, Raline menceritakan bahwa ia fokus pada lingkungan hidup dan aksi nyata untuk merawat bumi.

"Sebenernya film ini saya fokus kepada lingkungan hidup dan bagaimana kita bisa berbuat yang lebih baik lagi untuk merawat bumi ini, salah satu caranya tidak mengonsumsi daging. Mulai mungkin tidak mengonsumsi daging yang banyak sampai mungkin ke veganisme," ungkap Raline saat ditemui pada penayangan perdana "Kisah Manusia Merangkai Punah" di Flix Cinema, Ashta District 8, SCBD, Jakarta Pusat, pada Selasa (8/9/2022).

Foto proses pembuatan film "Kisah Manusia Merangkai Punah". (Special)

"Karena di negara-negara maju, bisa kita lihat, dengan produksi masalnya ternak atau hewan ternak sekarang terjadilah suatu kontributor untuk ecological collapse," sambungnya.

Mengenai keterlibatannya dalam film produksi ROXSTAR PRODUCTIONS dan VISION FILMS tersebut, perempuan 37 tahun tersebut mengungkapkan tantangan yang dihadapinya. Ia menjelaskan bahwa pembuatan narasi film tersebut dilakukan pada saat pandemi Covid-19 melanda.

"Ternyata untuk menyulihsuarakan sesuatu dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia tuh lumayan challenging. Pertama saya juga melakukan proses ini di masa pandemi, jadi susah sekali mencari studio yang buka, yang ingin kita bekerja sama tanpa test, (sedang pandemi) covid, dan sebagainya, banyak juga yang tutup," ungkapnya.

"Kedua, karena bahasa Inggris itu kan lumayan kompleks, dan bahasa Indonesia apabila menjelaskan sesuatu itu memerlukan lebih banyak kata, kosa kata kita juga beda dengan bahasa inggris, jadi untuk menyempitkan kata-kata itu ke dalam satu scene, dan saya juga harus mengatur volume suara saya, belum lagi kalau kita membuat sebuah narasi itu harus juga menghayati seperti story telling bukan hanya menginformasikan seperti di berita," sambungnya.

Ia melanjutkan, banyak hal yang ia pelajari dari proses sulih suara tersebut. Meski begitu, Raline mengaku senang bisa terlibat dalam film yang resmi tayang untuk masyarakat Indonesia pada 6 September 2022 kemarin.

Foto proses pembuatan film "Kisah Manusia Merangkai Punah". (Special)

Film dokumenter peraih penghargaan, “Eating Our Way To Extinction” yang dinarasikan oleh aktris Raline Shah dan diproduseri oleh aktris kenamaan peraih Academy Award, Kate Winslet, ini secara resmi diluncurkan oleh BROXSTAR PRODUCTIONS dan VISION FILMS di berbagai negara. 

Suguhan film menyentuh ini menjanjikan pengalaman visual yang indah dan belum pernah disaksikan sebelumnya, kendati pembahasan film yang terkesan berat. Tidak hanya itu, perspektif yang disuguhkan pada film ini juga mengajak pemangku kepentingan untuk menilik kembali bagaimana keputusan yang diambil mampu mempengaruhi lingkungan.

Kamu dapat menyaksikannya dalam channel YouTube "EATING OUR WAY TO EXTINCTION".