4 Teknik Dasar Lempar Cakram, Cabang Olahraga Atletik Lempar Nomor Lempar

Minggu, 3 Oktober 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

4 Teknik Dasar Lempar Cakram, Cabang Olahraga Atletik Lempar Nomor Lempar

Foto: okesport

Ladiestory.id - Pasti semua orang tahu tentang olahraga lempar cakram. Pasalnya olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang juga dipelajari saat duduk di bangku sekolah.

Bahkan lempar cakram menjadi salah satu nomor lempar yang dipertandingkan pada ajang Olimpiade. Hal ini dilansir dari laman resmi Asosiasi Federasi Atletik Internasional (IAAF).

Apa Itu Lempar Cakram?

Foto: Wikipedia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), olahraga melempar cakram adalah aktivitas yang dilakukan dengan membuang jauh-jauh atau mendorong kayu bundar serta pipih yang dilapisi dengan besi atau yang disebut dengan cakram, ke arah depan.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), olahraga lempar cakram atau yang dalam bahasa Inggris lebih dikenal sebagai discus throw, ternyata sudah ada sejak zaman Yunani Kuno.

Lempar cakram adalah cabang olahraga atletik yang dimainkan perorangan menggunakan piringan atau cakram seberat 2 kilogram untuk pria dan 1 kilogram untuk wanita. Pemain yang melempar cakram terjauh keluar sebagai pemenang.

Lempar cakram memiliki kemiripan dengan lempar lembing, tolak peluru, dan martil. Perbedaan dari keempat cabor atletik dengan nomor lempar itu adalah benda yang digunakan. Cakram merupakan benda berbentuk seperti piring dengan bingkai dari sabuk besi yang terbuat dari kayu.

Sama seperti lempar lembing, olahraga lempar cakram juga termasuk dalam olahraga pentathlon yang sering dikompetisikan di ajang olimpiade kuno.

Teknik Dasar Lempar Cakram

Nah, berikut beberapa teknik dasar lempar cakram yang perlu diketahui.

1. Teknik Memegang Cakram

Foto: Lazada

Untuk memegang cakram, tempatkan ibu jari di permukaan cakram dan keempat jari lainnya di bagian pinggir cakram. Persebaran keempat jari ini harus rata dan sisa cakram yang ada akan ditahan oleh sendi-sendi yang paling dekat dengan ujung jari.

Untuk memastikan Anda sudah memegang cakram dengan benar, lakukan tes dengan menggoyangkan lengan ke depan dan belakang seperti pendulum. Apabila cakram tidak terlepas meski tidak menggenggamnya terlalu erat, maka kemungkinan besar teknik yang dilakukan sudah benar.

Sebab dengan teknik yang tepat, gaya sentrifugal yang ada di lingkaran cakram akan membantu piringan tersebut tetap berada di tempat.

2. Teknik Awalan

Ketika atlet sudah masuk arena, maka yang perlu diperhatikan adalah menentukan posisi tubuh sesuai dengan gaya yang akan dipergunakan. Usahakan badan rileks dan pikiran fokus pada tubuh serta latihan-latihan yang pernah dijalani.

Lempar cakram merupakan olah raga yang membutuhkan ketenangan ekstra sebelum memulainya. Tidak ada salahnya atlet melakukan orientasi lapangan, meski sudah hafal dan mungkin telah ribuan kali melakukannya, yakni dengan berjalan mengelilingi lingkaran tempat melakukan lemparan sambil melihat area target.

Gerakan persiapan awal lempar cakram diawali dengan posisi badan membelakangi sektor lemparan. Kemudian kaki renggang selebar badan, lutut sedikit ditekuk, berat badan berada di kedua kaki. Selanjutnya cakram diayun-ayunkan ke kanan belakang dan kemudian ke kiri berulang-ulang dengan tujuan untuk mengatur konsentrasi.

Foto: ilmuips

3. Teknik Membidik

Setelah bisa memegang cakram dengan benar, kini saatnya mempersiapkan untuk membidik lemparan dengan benar. Teknik melempar atau membidik berkaitan dengan gaya melepaskan cakram yang merupakan lanjutan dari teknik sebelumnya.

Posisikan tubuh tegak dengan bahu kiri menghadap ke titik yang ditargetkan. Buka kaki selebar bahu dan posisikan lutut sedikit ditekuk. Pegang cakram di depan dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah.

Tangan yang tidak memegang cakram menahan dari bawah agar cakram tidak jatuh.

4. Teknik Akhir

Teknik akhir lempar cakram berhubungan dengan sikap dan gaya setelah melakukan lemparan. Selepas melempar cakram, posisi tubuh harus mengikuti gerakan memutar. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tidak ikut terlempar.

Inilah lempar cakram adalah salah satu cabang olahraga beserta dengan keempat tekniknya. Semoga bermanfaat,

Berita Terkait