Teknik Pernapasan Jadi Salah Satu Cara Menenangkan Hati

Senin, 16 Agustus 2021 | 05:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Teknik Pernapasan Jadi Salah Satu Cara Menenangkan Hati

Foto: Ladiestory.id

Semua orang pasti pernah mengalami keadaan sulit yang menyebabkan perasaan panik, khawatir dan stres berkumpul jadi satu. Hal ini bisa dikarenakan adanya masalah asmara, kerjaan yang menumpuk, bosan dengan aktivitas harian, ataupun faktor lain. Biasanya kemunculan perasaan-perasaan tersebut disertai dengan jantung yang berdegup kencang.

Beragam Cara Menenangkan Hati

Saat-saat seperti inilah seseorang perlu menenangkan hatinya. Sebab dengan ketenangan hati dapat membuat seseorang nyaman dalam melakukan segala aktivitas. Tak hanya itu, ketenangan hati juga menjadi faktor utama yang membuat seseorang merasa bahagia dan menikmati hidup dengan baik.

Sebenarnya terdapat beberapa cara menenangkan hati yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah cara menenangkan hati :

 

1. Tidur Cukup

Foto: Ladiestory.id

 

Menurut laporan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam memiliki risiko depresi yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu jika porsi tidur tidak cukup dapat mempengaruhi fungsi tubuh. Kurang tidur juga dapat menyebabkan energi turun, suasana hati menjadi negatif, dan kurangnya kemampuan berkonsentrasi.

Rupanya, stres dan kecemasan sering kali dapat menyebabkan insomnia sehingga berakhir tidak dapat tidur dan kemudian merasa lebih buruk karena kurang tidur.

Oleh sebab itu, jika sedang banyak tekanan jadikanlah tidur sebagai prioritas utama. Usahakan untuk mencukupi waktu tidur setiap hari dengan tidur di jam yang sama setiap harinya.

2. Teknik Pernapasan

Foto: Ladiestory.id

 

Bernapas merupakan cara menenangkan hati paling efektif dan nomor satu untuk mengurangi kepanikan dan kemarahan dengan cepat. Coba perhatikan, saat seseorang sedang mengalami cemas atau marah, maka akan cenderung bernapas dengan cepat dan pendek.

Oleh sebab itu, berbagai teknik pernapasan untuk membantu lebih tenang, salah satunya adalah pernapasan tiga bagian. Penerapan teknik pernapasan ini mengharuskan Anda untuk mengambil napas dalam-dalam dan menghembuskannya sambil merilekskan tubuh.

Setelah merasa nyaman dengan pernapasan dalam, Anda dapat mengubah rasio penarikan dan pembuangan napas menjadi 1: 2 atau memperlambat napas.

3. Mendengarkan Musik

Foto: Ladiestory.id

 

Rupanya mendengarkan musik dapat memiliki efek yang sangat menenangkan hati, tubuh, dan pikiran. Sebab mendengarkan musik mampu mengurangi jumlah neuron yang terbakar di amygdala, yakni bagian otak yang merespons rasa takut. Itulah mengapa musik dapat menenangkan Anda saat merasakan sakit.

Setiap kali perasaan marah atau cemas meningkat, cobalah pasang headphone ke telinga dan dengarkan musik favorit Anda. Dengarkan musik baik-baik, nikmati irama dan liriknya.

Semakin Anda menghayati, semakin sedikit pula kemungkinan untuk memikirkan hal lain yang membebani pikiran.

4. Menyampaikan Unek-Unek Kepada Orang yang Dipercaya

Foto: Ladiestory.id

 

Ketika ada unek-unek di hati, sebaiknya jangan hanya berdiam diri di dalam kamar dan jangan menyimpannya seorang diri. Sebab hal ini akan membuat Anda semakin stres dan galau berkepanjangan.

Coba mencari teman ngobrol, bisa pasangan , orang tua, sahabat, atau siapa pun yang dapat dipercayai. Sekalipun orang tersebut tidak bisa memberi solusi, tetapi dengan mengutaran unek-unek sudah dapat membuat hati lebih lega sehingga beban terasa berkurang.

5. Mencari Udara Segar dan Suasana Baru

Foto: Ladiestory.id

 

Suhu dan sirkulasi udara di suatu ruangan dapat meningkatkan kecemasan atau kemarahan Anda. Jika Anda merasa ruangan yang Anda tempati panas atau pengap, ini bisa memicu kepanikan dan perasaan tidak tenang.

Selain itu, menghabiskan waktu di luar ruangan juga dapat menurunkan detak jantung, tekanan darah, hormon stres, dan bahkan ketegangan otot.

Ataupun Anda dapat memilih untuk melakukan perjalanan ke wisata alam seperti gunung, pantai, air terjun, atau lainnya. Sebab alam selalu menjadi jawaban tepat untuk menenangkan hati dan pikiran. Dengan melihat pemandangan hijau serta lautan biru akan membuat Anda merasa lebih damai.

Sebenarnya merupakan hal yang wajar kita bersedih ketika mengalami suatu permasalahan. Namun jangan tenggelam dan berlarut dalam emosi tersebut. Oleh sebab itu, 5 cara menenangkan hati perlu diterapkan dalam kehidupan seharu-hari

Berita Terkait