Tema FFI 2022 "Perempuan: Citra, Karya, dan Karsa" Miliki Makna Mendalam

Kamis, 31 Maret 2022 | 13:30:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Tema Ffi 2022 "Perempuan: Citra, Karya, Dan Karsa" Miliki Makna Mendalam

Reza Rahadian dan Duta FFI 2022 (Instagram.com/officialpilarez)

Ladiestory.id - Festival Film Indonesia atau FFI 2022 resmi diselenggarakan saat Hari Film Nasional yang jatuh pada Rabu, 30 Maret 2022 kemarin. Dengan mengusung tema "Perempuan: Citra, Karya, dan Karsa", FFI tahun ini digelar untuk yang ke-42 kalinya.

"Penyelenggaraan FFI bukan hanya sekadar melahirkan proses kompetisi tapi sebagai peta untuk membaca dinamika perfilman Indonesia, salah satu dinamika yang tergambar adalah andil besar perempuan dalam membangun ekosistem perfilman Indonesia," ujar Ketua Komite FFI Reza Rahadian pada acara perilisan yang dilangsungkan secara daring, Rabu (30/3/2022).

Ketua komite tersebut mengatakan jika tema umum yang tak lain "Perempuan: Citra, Karya, dan Karsa" tidak mengikat tema film-film yang akan berpartisipasi dalam FFI tahun ini. Tema tersebut tersebut memiliki makna yang mendalam. Kata Citra mengartikan keindahan perempuan yang abadi, kata Karya mengartikan ciptaan yang lahir, dan kata Karsa mengartikan sumber kekuatan keindahan karya yang lahir dari perempuan.

"Perempuan sebagai insan adalah sumber kelahiran, sedangkan perempuan dalam perfilman Indonesia adalah sumber kelahiran karya," kata Reza Rahadian.

Hilmar Farid selaku Direktur Jenderal Kebudayaan mengungkapkan jika industri perfilman Indonesia sangatlah membutuhkan peran perempuan. Beberapa prestasi yang diperoleh dari penghargaan Indonesia diraih oleh para sineas perempuan.

"Kehadiran perempuan sangat kita rasakan, tentu ini bukan hanya sekadar representasi gender tapi lebih ke perspektif. Bagaimana menghadirkan perspektif yang inklusif, melibatkan banyak pihak terutama perempuan di dalam perkembangan film Indonesia," ucap Hilmar Farid.

Duta FFI 2022 (Instagram.com/festivalfilmid)

Pada saat yang bersamaan, diumumkan Duta FFI 2022 yang merupakan empat perempuan dari perfilman Indonesia. Duta tersebut yaitu Cut Mini, Marsha Timothy, Prilly Latuconsina, dan Shenina Cinnamon. Sampai Malam Anugerah yang akan dilangsungkan pada 22 November 2022, keempat perempuan tersebut akan dijadikan ikon Festival Film Indonesia.