Tembak Ibu Kandung, Pemain "Riverdale" Ryan Grantham Dihukum Seumur Hidup

Jumat, 23 September 2022 | 16:30:00

Tembak Ibu Kandung, Pemain "Riverdale" Ryan Grantham Dihukum Seumur Hidup

Ryan Grantham. (Special)

Ladiestory.id - Bintang "Riverdale", Ryan Grantham, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena membunuh ibu kandungnya sendiri. Dia menerima hukuman dari Mahkamah Agung British Columbia di Vancouver, Kanada pada Rabu (22/9/2022).

Melansir New York Post, Ryan Grantham telah mengaku bersalah atas tuduhan pembunuhan tingkat dua terhadap ibunya, Barbara Waite, pada Maret 2020. Ia menembak bagian belakang kepala Waite yang tengah memainkan piano .

Saat menjatuhkan hukuman, Hakim Kathleen Ker menggambarkan kasus itu sebagai kasus yang tragis, memilukan dan menghancurkan hidup. Jaksa mengatakan dalam sidang pada Juni bahwa setelah dia menembak mati ibunya, Ryan merekam video dengan kamera GoPro, di mana dia mengakui pembunuhan itu dan menunjukkan tubuh Waite yang tak bernyawa. Kerjadian ini berlangsung di Squamish, British Columbia.

“Saya menembaknya di bagian belakang kepala. Beberapa saat setelahnya, dia akan tahu itu saya,” kata Ryan Grantham dalam rekaman itu.

Aktor itu kemudian pergi membeli bir dan ganja. Ia bahkan bereksperimen dengan membuat bom molotov dan menonton Netflix, sebelum menutupi tubuh ibunya dengan seprai.

Keesokan harinya, Grantham menggantung rosario di piano ibunya dan mengatur lilin menyala di sekitar tubuhnya. Setelah itu, ia memuat mobilnya dengan tiga senjata, amunisi, 12 bom molotov, peralatan berkemah, dan petunjuk arah ke Rideau Cottage, kediaman Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Dalam perjalanannya, ia berniat melakukan penembakan massal di Jembatan Lions Gate, atau di Universitas Simon Fraser, tempat dia menjadi mahasiswa. Namun, dia justru pergi ke Departemen Kepolisian Vancouver dan menyerahkan diri.

"Saya membunuh ibu saya," katanya memberi tahu seorang petugas.

Ryan Grantham kemudian mengaku kepada detektif tentang rencananya untuk membunuh Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. Dia juga menulis tentang hal itu di jurnalnya.

Sementara itu, Ryan Grantham terkenal lewat perannya sebagai Jeffrey Augustine di serial “Riverdale” pada 2019. Aktor 24 tahun itu juga membintangi acara TV "Supernatural" dan film "Diary of a Wimpy Kid".

s