Temukan & Nikmati Ragam Makanan Lokal Khas Jakarta di Koleksi Juara Lokal GoFood

Senin, 7 Agustus 2023 | 10:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Temukan & Nikmati Ragam Makanan Lokal Khas Jakarta Di Koleksi Juara Lokal Gofood

Soto Daging Khas Betawi - Soto Betawi H. Ma’ruf. (Special)

Ladiestory.id - Jakarta, kota megapolitan yang telah menjadi magnet bagi masyarakat untuk berdatangan dengan berbagai tujuan baru merayakan Hari Jadi yang ke-496 pada 22 Juni 2023 lalu. Perayaan ulang tahun Jakarta identik dengan beragam acara menarik dan meriah. Bahkan, dalam momen perayaan ini pun tidak lepas dari berbagai kuliner khas yang dapat dinikmati oleh masyarakat. 

Hasil temuan terbaru dari TasteAtlas, platform panduan online untuk makanan tradisional, ulasan kritikus makanan, serta artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer, mengungkapkan Jakarta masuk ke dalam daftar 100 kota terbaik di dunia untuk mencicipi makanan lokal. Temuan tersebut turut menyebutkan berbagai makanan lokal Jakarta yang patut dicicipi oleh pelancong, antara lain soto betawi, sate, nasi uduk dan bubur ayam. 

Juara Lokal GoFood di Aplikasi Gojek. (Special)

 

Ragam makanan lokal ini juga dapat kamu temukan dengan mudah melalui inisiatif terbaru dari Gojek yakni Koleksi Juara Lokal GoFood. Inisiatif ini mendorong UMKM kuliner lokal dapat meningkatkan visibilitasnya kepada calon pelanggan dan memudahkan calon pelanggan untuk menemukan pilihan resto UMKM kuliner lokal Jakarta di aplikasi Gojek.

Untuk melihat koleksi ragam kuliner khas Jakarta, pengguna dapat langsung mengakses Koleksi Juara Lokal Jakarta melalui klik tile icon Juara Lokal di halaman utama GoFood atau ketik “Juara Lokal” di kolom pencarian pada halaman utama aplikasi Gojek.

Masih dalam semarak merayakan Hari Jadi Jakarta, GoFood bagikan ragam kuliner khas Jakarta yang masuk ke dalam Koleksi Juara Lokal GoFood. Daftar resto juara ini telah dikurasi secara khusus berdasarkan beberapa kriteria, yaitu rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, dan favorit masyarakat setempat, serta UMKM kuliner lokal Jakarta yang memiliki pertumbuhan bisnis positif dan memiliki potensi untuk terus berkembang. 

Berikut daftar resto yang bertanda logo Juara Lokal Jakarta yang bisa kamu temukan di Koleksi Juara Lokal GoFood serta nikmati untuk merayakan hari ulang tahun Jakarta: 

Soto Betawi H. Ma’ruf

Soto Daging Khas Betawi - Soto Betawi H. Ma’ruf. (Special)

 

Makanan khas betawi yang telah beroperasi sejak 1943, memiliki keunggulan dalam cita rasa otentik betawi pada kuah soto berbahan dasar gabungan antara susu dan santan tanpa MSG. Tak hanya,resto legendaris ini juga memberikan ragam pilihan menu lainnya yang dapat kamu cicipi seperti Laksa Betawi dan Sate Sapi Khas Betawi. Bagi kamu yang tertarik mencicipi Soto Betawi H. Ma’ruf, dapat langsung pesan melalui GoFood atau berkunjung ke outlet  di daerah Pramuka, Taman Ismail Marzuki, Gondangdia dan Tebet. 

Jam operasional: Setiap Hari, 09.30 - 20.30 WIB

Ayam Goreng Berkah Rachmat

Ayam Goreng Berkah Rachmat. (Special)

 

Siapa yang tak kenal dengan Ayam Goreng Berkah Rachmat? Resto ayam kampung asli di daerah Melawai ini telah menjadi salah satu resto favorit warga Jakarta Selatan. Ayam Goreng Berkah Rachmat didirikan sejak 1960-an oleh seorang mantan prajurit kemerdekaan Republik Indonesia dan hingga saat ini tetap bertahan menjadi resto andalan pelanggan berkat cita rasa dan kualitas ayam goreng yang nikmat dan gurih serta dipadukan dengan sayur asem dan sambal khasnya. 

Jam operasional: Setiap Hari, 10.30 - 21.45 WIB

Asinan Special Ny. Isye, Kamboja 

Asinan Special Ny. Isye. (Special)

Resto Asinan Special Ny. Isye terletak di Jalan Kamboja, Rawamangun, Jakarta Timur ini menyuguhkan aneka menu andalan seperti asinan sayur, asinan buah, mie salad, mie juhi, dan lain sebagainya.

Asinan Special Ny. Isye. (Special)

Asinan khas Jakarta ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung umum maupun ojek online, bahkan di GoFood Asinan Special Ny. Isye memiliki rating 4.7 dari belasan ribu pelanggan yang telah memberikan ulasan. Tertarik buat menjajal asinan dari resto satu ini? 

Jam operasional: Setiap Hari, 08:00 - 19:00 WIB

Ketoprak Ciragil. (Special)

 

Ketoprak legendaris yang hits ini berlokasi di Jalan Ciragil II, Senopati, Jakarta Selatan. Makanan khas Jakarta dapat menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin makan siang dan kenyang tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Ketoprak Ciragil terkenal dengan isi ketopraknya yang menggunakan lontong dan dipadukan dengan bumbu kacang yang gurih serta kental. Selain itu, kamu juga bisa memilih jenis telur yang diinginkan, dari telur dadar, telur ceplok, telur rebus, hingga telur asin. Nikmat sekali, bukan? 

Jam operasional: Setiap Hari, 08.30 - 16.30 WIB

Kue Pancong Bulak. (Special)

 

Kue pancong merupakan salah satu jajanan tradisional Jakarta yang memiliki banyak peminat. Pecinta kuliner pun sering mengulas jajanan ini, termasuk Kue Pancong Bulak yang terkenal dengan kue pancong yang dimasak setengah matang dengan aneka topping tambahan. Mulai dari keju, cokelat, kental manis hingga beragam selai kekinian. Kue Pancong Bulak dapat kamu temui di Jalan Duren Sawit, Jakarta Timur atau bisa kamu pesan melalui GoFood. 

Jam operasional: Setiap Hari, 24 Jam 

Gede Manggala, Head of Regions & External Affairs Gojek menjelaskan, koleksi Juara Lokal GoFood hadir sebagai aksi nyata Gojek untuk mendorong UMKM kuliner lokal agar makin dikenal dan mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

"Inisiatif ini juga dapat jadi solusi yang tepat bagi wisatawan dan pecinta kuliner untuk menjelajahi kuliner khas Jakarta melalui aplikasi Gojek. Kami harap Koleksi Juara Lokal GoFood tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan, tetapi juga dampak positif bagi usaha UMKM kuliner lokal," ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyadari pentingnya sektor UMKM kuliner sebagai roda penggerak ekonomi kerakyatan. Perhatian penuh terus diberikan, salah satunya dengan menggelar Festival Kuliner Betawi beberapa waktu lalu sebagai bagian rangkaian acara dalam menyongsong HUT DKI Jakarta.