Terapkan Gaya Hidup Rendah Karbon, Ini Langkah yang Dilakukan Dion Wiyoko

Selasa, 29 November 2022 | 14:00:00

Terapkan Gaya Hidup Rendah Karbon, Ini Langkah Yang Dilakukan Dion Wiyoko

Dion Wiyoko. (Instagram.com/dionwiyoko)

Ladiestory.id - Dion Wiyoko adalah satu dari miliaran manusia di dunia yang merasakan dampak perubahan iklim. Diakui sang aktor, pemanasan global yang menyebabkan peningkatan suhu bumi membuat dirinya tak nyaman ketika syuting di lokasi outdoor

Kondisi inilah yang akhirnya menyadarkan Dion Wiyoko untuk mengubah gaya hidup demi mengurangi emisi karbon. Melansir Indonesia Environment and Energy Center (IEC), bahaya emisi karbon menghasilkan efek pemanasan global pada iklim. Maka tak heran jika hal ini membuat bumi menjadi lebih panas. 

Dalam sesi diskusi tentang dampak perubahan iklim di ajang IDEAFEST 2022, Dion Wiyoko menjelaskan mengenai gaya hidup rendah emisi karbon yang ia terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Rupanya, pemain film "Cek Toko Sebelah" itu melakukan beberapa langkah kecil, seperti membawa botol minum sendiri ke lokasi syuting dan menggunakan galon guna ulang. 

"Isu ini (global warming) makin serius setiap tahunnya. Bumi ini harus kita selamatkan dan kita lindungi. Banyak langkah yang bisa kita lakukan, mulai dari kebiasaan kecil misalnya dengan membawa botol minuman dari rumah," kata Dion Wiyoko.

Pria 38 tahun ini terbiasa membawa botol minum dari rumah saat pergi ke lokasi syuting. Tujuannya adalah mengurangi sampah plastik yang menjadi penyumbang pemanasan global. Dia berharap agar aksinya ini bisa memengaruhi rekan kerjanya.

Bukan hanya itu, Dion Wiyoko juga mulai melakukan pemilahan sampah di rumah dan membawa bekas plastik ke tempat daur ulang yang sudah disediakan. Dia merasa senang jika gaya hidup rendah karbon bisa diikuti oleh tetangga-tetangganya. 

Dion Wiyoko. (Instagram.com/dionwiyoko)

"Belakangan ini rumahku punya tempat yang sudah dipilah-pilah, ada sampah organik, non-organik, dan sampah yang bisa didaur ulang," ungkapnya.

"Kalau kita bisa mencoba sedikit effort, mengumpulkan botol-botol kemasan dan mengantar ke tempat daur ulang yang memang sudah disediakan, itu mungkin bisa jadi langkah kecil," pungkas Dion.

Pada momen yang sama, Dion mengapresiasi inovasi dan berbagai langkah yang dilakukan oleh Danone-AQUA untuk meminimalkan jejak karbon mereka sebagai suatu langkah maju. Perusahaan tersebut melakukan inovasi produk dengan memperkenalkan AQUA Life yang telah bersertifikat karbon netral dan dapat menjadi solusi gaya hidup ramah lingkungan. 

Melalui AQUA Life, Danone Indonesia telah meminimalkan emisi karbon di setiap tahap siklus hidup botol kemasan. Mulai dari bahan baku produksi yang menggunakan 100 persen plastik daur ulang, penggunaan energi terbarukan pada proses produksinya hingga upaya offsetting untuk mengimbangi emisi yang tersisa.