Terapkan 5 Hal Ini jika Ingin Persahabatan Jadi Langgeng

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Terapkan 5 Hal Ini Jika Ingin Persahabatan Jadi Langgeng

Ilustrasi persahabatan langgeng (Special)

Ladiestory.id - Dalam menjalin sebuah hubungan, setiap orang ingin membuatnya menjadi langgeng dan awet. Tak hanya pada dalam percintaan, hubungan persahabatan pun juga memerlukan hal semacam itu. Namun, untuk menjaga hubungan persahabatan, tentu bukanlah sesuatu yang mudah.

Layaknya hubungan lainnya, sebuah persahabatan pasti pernah mengalami berbagai masalah atau konflik. Lalu, apa yang bisa diterapkan untuk menjaga persahabatan tetap langgeng? Yuk, simak penjelasan berikut.

Jangan Berhenti Berbuat Baik

Ilustrasi kado untuk sahabat. (parenting.firstcry.com)

Ketika menjalani sebuah persahabatan, akan ada banyak momen di mana kamu melakukan sesuatu untuknya. Misalnya, berbuat baik serta memiliki perasaan yang tulus. Hal itu tentu saja akan merubah suasana dan hati sahabatmu. Kamu dapat memulai berbuat baik dari hal-hal kecil, seperti memberi perhatian ketika sahabatmu mengalami masa sulit.

Tak ada salahnya untuk menanyakan kabar, mengingatkan ketika waktu makan, hingga menemaninya ketika ingin berpergian. Usahakan kamu menunjukkan rasa peduli, yaitu dengan mengapresiasi hal kecil yang sahabatmu lakukan.

Selalu Jadi Diri Sendiri

Ilustrasi persahabatan langgeng (Special)

Pasti akan sangat melelahkan ketika harus menjadi orang lain dihadapan teman terdekat atau sahabat. Rasanya semakin lama hanya akan menyiksa dan membuat tidak nyaman. Padahal, kamu perlu menjadi diri sendiri untuk bisa menemukan sahabat yang tepat.

Jika kamu bersahabat dengan orang lain yang hanya menerima versi berbeda dirimu, bisa jadi ia bukan sahabat sejati. Sebab, persahabatan yang langgeng dan solid perlu dilandasi kejujuran satu sama lain. Jadi, mulailah untuk berterus terang untuk menunjukkan dan bersikap seperti apa adanya kamu.

Saling Menghargai

Ilustrasi persahabatan langgeng (Special)

Salah satu munculnya masalah hingga konflik dalam persahabatan, yakni karena sulitnya menghargai satu sama lain. Tak jarang, hanya karena permasalahan ini, sebuah persahabatan menjadi pecah dan hancur. Mulai  sekarang, cobalah untuk menghargai sahabatmu dalam mengambil pilihan atau keputusan.

Selain itu, mulai atur untuk memisahkan hal-hal yang bersifat pribadi dengan yang bisa kamu diskusikan dengan sahabat. Sehingga kedepannya, persahabatan kamu jauh dari konflik dan menjadi langgeng.

Jadilah Pendengar yang Baik

Ilustrasi persahabatan langgeng (Special)

Sahabat terkadang menjadi salah satu tempat yang akan dituju ketika perasaan sedih, senang, maupun kecewa. Berbagi cerita kepada sahabat akan membuat perasaan lebih baik dan lega. Menjadi pendengar yang baik merupakan salah satu hal penting yang harus kamu lakukan ketika sahabatmu mecurahkan isi hatinya.

Kamu tak harus memberi saran atau nasihat saat sahabatmu curhat, cukup duduk manis dan dengarkan dengan baik. Pastikan kamu melakukan kontak mata dan bahasa tubuh supaya sahabatmu memahami bahwa kamu mendengarkannya. Jangan lupa,  kamu hanya perlu memberi nasihat atau saran ketika diminta saja.

Lakukan Quality Time

Ilustrasi persahabatan langgeng (Special)

Hal yang juga penting dilakukan untuk menjaga sebuah persahabatan, pastikan kamu memiliki quality time dengan sahabatmu. Kamu bisa melakukannya dengan bercerita melalui telepon, media sosial atau video call. Jika memiliki kesempatan bertemu, lakukan aktivitas seru dan baru. Liburan, mengunjungi kafe, menonton konser, hingga staycation dapat menjadi pilihan yang cocok untuk kamu dan sahabat, loh.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan supaya persahbatan menjadi langgeng.

s