Terinspirasi Lisa BLACKPINK, Spesies Bunga Baru ini Diberi Nama ‘Friesodielsia Lalisae’

Rabu, 12 April 2023 | 11:03:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Terinspirasi Lisa Blackpink, Spesies Bunga Baru Ini Diberi Nama ‘Friesodielsia Lalisae’

Lisa BLACKPINK. (Instagram.com/lalalalisa_m)

Ladiestory.id - Sejumlah peneliti asal Universitas Chiang Mai, Thailand telah menemukan sebuah spesies bunga baru. Hal itu dibuktikan dari hasil penelitian yang diunggah dalam jurnal BioOne.

Menjadi spesies bunga yang baru ditemukan, bunga ini pun diberi nama Lisa BLACKPINK atau dengan nama ilmiahnya yakni “Friesodielsia Lalisae”.

Jurnal itu baru saja dipublikasikan pada 10 April 2023. Dan dalam kalimat akhir publikasi jurnal tersebut, peneliti terang-terangan menyatakan bahwa nama bunga itu terinspirasi oleh salah satu member grup perempuan atau girl group Korea Selatan, Lisa Blackpink.

Menurut laporan penelitian resmi yang dilansir dari Popcrush pada Rabu (12/4/2023), spesies bunga baru ini dinamai Lisa BLACKPINK dengan tujuan untuk menghormati Lalisa Manobal yang telah memberikan motivasi bagi penemu bunga tersebut untuk mengatasi segala rintangan selama studi Ph.D.-nya.

“Etimologi — Spesies baru ini dinamai untuk menghormati Lalisa Manobal, seorang penyanyi rap, penyanyi dan penari Thailand yang terkenal, yang motivasinya telah sangat menginspirasi penulis pertama untuk mengatasi segala rintangan selama belajar (dan meraih) gelar Ph.D,” tulis peneliti dalam jurnalnya.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan, bunga yang memiliki wangi semerbak dan kelopak berwarna kuning itu dalam kajiannya telah mendukung pengenalan spesies baru, yang selanjutnya dalam bahasa ilmiah atau latin F. lalisae Damth., sebagai salah satu dari dua klade utama Friesodielsia.

Friesodielsia Lalisae. (Thai PBS News)

Makalah penelitian itu tentu saja, telah sampai ke media sosial, di mana penggemar Blackpink bereaksi terhadap bunga Lisa baru di laman media sosial Twitter.

“Ketika Anda telah mencapai tingkat kehebatan tertentu, Anda membuat orang mendedikasikan kerja kerasnya untuk Anda. Meskipun lebih muda dari kebanyakan dari kita, dia benar-benar menjadi inspirasi bagi banyak orang,” tulis netizen dalam keterangan unggahan di Twitter.

“Penamaan spesies langka (Friesodielsia lalisae) dengan LALISA sangat tepat. Keduanya adalah satu dari sejuta,” tulis BLINK lainnya.

“Friesodielsia lalisae jika Anda tidak dapat membeli bunganya, beri nama bunga menurut namanya. Biggest flex,” tambah BLINK yang lain.

Dalam Tweet lain mengklaim, bahwa spesies bunga ini dianggap sebagai salah satu bunga yang paling langka dan terancam punah di dunia.