Terlihat Sama, Ketahui Perbedaan OTP dan PIN Agar Tak Keliru

Kamis, 19 Januari 2023 | 15:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Terlihat Sama, Ketahui Perbedaan Otp Dan Pin Agar Tak Keliru

Perbedaan OTP dan PIN. (Special)

Ladiestory.id - Sekarang ini, kamu pastinya sudah sering mendengar kata OTP dan PIN. OTP dan PIN banyak digunakan sebagai bentuk autentikasi di berbagai platform. OTP dan PIN akan sama-sama diketahui oleh para penggunanya. Tapi ternyata, OTP dan PIN adalah dua hal yang berbeda. 

Apa itu OTP? 

One Time Password atau yang biasa disebut OTP adalah pin atau kode acak yang dikirimkan langsung ke pengguna pada saat ingin login di perangkat atau aplikasi terdaftar milik pengguna. 

OTP adalah salah satu sistem keamanan two way authentication yang bersifat sangat rahasia. Pada beberapa aplikasi, OTP akan muncul untuk mempermudah verifikasi akun kamu. Setelah memasukkan nomor telepon, biasanya kode OTP akan langsung dikirimkan melalui SMS.

Sebagian besar, OTP berbentuk numerik dan biasanya hanya berisikan 4 sampai 8 angka. OTP memiliki validitas yang relatif pendek, biasanya hanya berlaku selama beberapa detik atau menit saja.

Tapi perlu diperhatikan juga, setelah mendapatkan SMS yang berisikan kode OTP ke nomor yang terdaftar, pastikan bahwa kamu memasukan kode OTP yang benar. Apabila kamu memasukan kode yang salah sebanyak 3 kali berturut-turut, maka akun kamu akan terblokir untuk sementara waktu.

Apa itu PIN?

Personal Identification Number atau yang biasa disebut dengan PIN adalah kode alfanumerik atau bisa juga hanya numerik yang mirip dengan kata sandi. PIN memiliki komposisi yang lebih sederhana dan pendek daripada kata sandi. PIN adalah sistem keamanan yang bisa diatur sendiri oleh pemilik akun. 

PIN digunakan untuk mempercepat proses login penggunanya. Biasanya pada saat membuat akun, pengguna diminta untuk membuat PIN nya sendiri untuk nantinya digunakan saat ingin kembali login ke aplikasinya. Berbeda halnya dengan OTP, PIN dapat digunakan berulang kali setiap saat pengguna ingin login.

Setelah mengetahui secara singkat mengenai OTP dan PIN, yuk sekarang kita coba ketahui perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan OTP dan PIN

Terdapat beberappa perbedaan antara OTP dan PIN. Untuk mengetahuinya, Ladiestory.id telah merangkumnya untukmu. Simak ya!

Masa berlaku

Sesuai dengan namanya, One Time Password, kode ini hanya dapat digunakan satu kali saja dalam proses autentikasi. Sedangkan PIN dapat digunakan berkali-kali oleh penggunanya pada saat proses ingin masuk ke akunnya.

Waktu Penggunaan

OTP memiliki batas waktu dalam penggunaanya, biasanya hanya selama 30 detik atau paling lama hingga 5 menit. Jika melebihi batas waktunya, maka kode akan hangus dan tidak dapat digunakan lagi.

Maka, untuk memperolehnya kembali, kamu harus mengulang langkah-langkahnya. Sedangkan PIN tidak memiliki batas waktu penggunaan, PIN dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang oleh pengguna.

Asal kode

OTP berasal dari perangkat terkait yang dikirimkan ke sms atau e-mail pengguna untuk selanjutnya digunakan sebagai autentikasi. Sedangkan, PIN berasal dari pengguna. PIN dibuat oleh pengguna sendiri sesuai dengan keinginannya.

Bentuk kode

OTP yang dikirimkan biasa melalui e-mail atau sms, yang bisa berupa angka acak atau link. Jika berbentuk angka acak, kamu bisa mengetikkannya di kolom yang tersedia saat login, sedangkan bila berbentuk link kamu hanya perlu untuk menekan link tersebut. Sedangkan, PIN dapat berupa huruf atau perpaduan huruf dan angka.

Konteks Penggunaan

OTP hanya bisa digunakan untuk kepentingan tertentu saja. Misalnya, OTP hanya digunakan ketika ingin melakukan proses pembayaran di e-commerce. Sedangkan, PIN digunakan hanya saat pengguna ingin masuk ke akunnya, dilakukan satu kali pada saat ingin masuk akun.