Ternyata Hari Raya Budha Bukan Waisak

Sabtu, 4 Desember 2021 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Ternyata Hari Raya Budha Bukan Waisak

Foto: Satu Harapan

Ladiestory.id - Di Indonesia, hanya ada satu perayaan agama Buddha yang dijadikan hari libur nasional. Hari Raya Waisak ternyata bukan satu-satunya hari raya bagi umat Buddha.

Hari Raya Waisak dirayakan guna memperingati 3 peristiwa penting sejarah hidup Sang Budha.

Tiga peristiwa ini dinamakan ‘Tri Suci Waisak’. Tiga Peristiwa itu antara lain;

  1. Lahirnya Siddharta pada tahun 623 Sebelum Masehi
  2. Calon  Buddha mencapai penerangan sempurna di Bodhgaya, India tahun 588 Sebelum Masehi pada usia 35 tahun, pada bulan purnama, di bulan Waisak.
  3. Buddha meninggal dunia pada usia 80 tahun di Kusinagar, India pada bulan purnama, di bulan Waisak, tahun 543 SM.

Perayaan ini dilakukan pada purnama  pertama pada bulan Mei ( purnama sidhi). Umat Buddha di setiap daerah memiliki tradisi sendiri dalam merayakan waisak.

Umat Buddha di Indonesia, biasanya akan merayakan perayaan festival lampion Waisak yang biasanya dilakukan di Candi Borobudur. Biasanya umat Buddha akan pergi ke kuil lokal dan bermeditasi disana sepanjang hari selama bulan purnama.

Tak hanya Waisak saja, umat Budha masih memiliki 3 hari besar lainnya yaitu Magha dan Asadha. Jadi jika ditotal umat Budha memiliki 4 hari besar setiap tahunnya.

Magha atau Magha Puja

Hari raya Buddha kedua setelah Waisak adalah Magha atau Magha Puja. Dinamakan Magha karena terjadi pada bulan Magha. Upacara tersebut dirayakan pada bulan purnama February - Maret.

Pada hari tersebut, umat Buddha biasanya pergi ke vihara untuk berbuat kebajikan seperti berderma, bermeditasi, dan mendengarkan dhamma.Tujuan merayakan Magha Puja adalah untuk mengenang peristiwa ketika sang Buddha bertemu dengan 1.250 muridnya.

Asadha atau Asadha Puja

Hari raya Buddha ketiga setelah Waisak dan Magha adalah Asadha atau Asadha Puja. Kata Asadha sendiri merupakan kata yang berasal dari nama bulan kedelapan pada penanggalan Buddhis.  

Asadha merupakan salah satu dari empat hari besar agama Buddha, yakni memperingati pertama kalinya Buddha Gautama mengajarkan Dhamma kepada lima pertapa, yaitu Dhammacakka Pavatana Sutta (Kotbah Pemutaran Roda Dhamma) di taman rusa Isipatana Benares. Peringatan Asadha umumnya dirayakan pada bulan Juli pada hari bulan purnama.

Kathina

Hari raya Buddha yang keempat adalah Kathina. Kathina merupakan hari raya buddha yang dirayakan pada akhir masa Vassa biasanya jatuh pada bulan Oktober.

Perayaan Kathina merupakan hari untuk memperingati selesainya para biksu menjalankan masa vassa. Masa vassa adalah momentum para biksu berdiam diri di wihara selama lebih kurang tiga bulan untuk merenungkan kembali ajaran Buddha.

Hari raya Kathina bisa diartikan sebagai hari perdana atau persembahan jubah kepada para Bhikkhu Sangha. Pada hari tersebut umat Buddha tidak hanya memberikan persembahan berupa jubah Kathina, tetapi umat Buddha juga akan mendanai perlengkapan vihara, serta perkembangan dan kemajuan agama Buddha.

Bagaimana infonya, sangat lengkap bukan. Hal ini menambah wawasan kita tentang culture dan budaya yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat ya.