Tertarik Coba Roti Gandum? Yuk Ketahui Manfaatnya!

Kamis, 25 Januari 2024 | 17:52:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Tertarik Coba Roti Gandum? Yuk Ketahui Manfaatnya!

Roti Gandum. (healthshots.com)

Ladiestory.id - Roti gandum merupakan jenis roti yang dibuat dari tepung gandum utuh, yang mengandung lebih banyak nutrisi dan serat. Roti gandum menjadi populer sebagai jenis roti yang lebih sehat daripada jenis roti lainnya. 

Banyak orang yang menjadikan roti gandum sebagai menu sarapan yang simple dan sehat. Beberapa orang memakan roti gandum dengan telur matang, atau memakannya dengan segelas susu sebagai pelengkap.

Roti gandum dinilai baik untuk kesehatan karena memiliki berbagai manfaat. Melansir Health Shots, berikut 5 manfaat mengonsumsi roti gandum.

Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Roti Gandum. (healthshots.com)

 

Roti gandum kaya akan serat yang memiliki peran penting untuk kesehatan pencernaan. Jenis roti ini dipercaya mampu menambah jumlah feses yang dikeluarkan tubuh, sehingga dapat mencegah sembelit.

Bantu Jaga Berat Badan

Roti Gandum. (healthshots.com)

 

Roti gandum sangat baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan serat dalam roti gandum mampu meningkatkan rasa kenyang, yang dapat membantu seseorang mengendalikan porsi makannya untuk menjaga berat badan.

Kontrol Kadar Gula Darah

Roti Gandum. (healthshots.com)

 

Serat yang terdapat pada roti gandum mampu mengatur kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan glukosa. Roti jenis ini sangat cocok dan bermanfaat bagi penderita diabetes.

Salurkan Energi

Roti Gandum. (healthshots.com)

 

Roti gandum mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Hal ini berfungsi untuk membantu mendukung berbagai fungsi tubuh terutama fungsi otak.

Perbaiki Jaringan

Roti Gandum. (healthshots.com)

 

Protein yang terkandung dalam roti gandum diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan di dalam tubuh, termasuk otot. Ini juga berperan dalam fungsi kekebalan tubuh, produksi enzim, dan sintesis hormon. 

Bantu Pembentukan Hemoglobin

Roti Gandum. (healthshots.com)

 

Zat besi merupakan jenis mineral penting yang dapat ditemukan pada roti gandum. Hal ini diperlukan untuk pembentukan hemoglobin, yang bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh dan membawa kembali karbondioksida dari seluruh sel ke paru-paru untuk dikeluarkan dari tubuh.