5 Makanan Bantu Cegah Kanker Serviks

Kamis, 2 Februari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Makanan Bantu Cegah Kanker Serviks

Ilustrasi mengalami kanker serviks. (Special)

Ladiestory.id - Kanker Serviks merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh wanita. Bahkan, penyakit ini telah menyebabkan lebih 200 ribu kematian dalam satu tahun. Kebanyakan, kasus kanker serviks disebabkan oleh adanya infeksi Human papillomavirus (HPV).

Berdasarkan penelitian dari American Cancer Society, risiko wanita terserang kanker dikarenakan kurang mengonsumsi sayuran maupun buah. Kandungan antioksidan yang terkandung dalam sayur dan buah dapat membantu mencegah serta memperlambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker serviks.

Sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan cara mencegah secara efektif penyakit satu ini. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir dan cemas. Kamu dapat mencegah atau mengurangi risiko penyakit kanker serviks dengan mengonsumsi makanan sehat. Nah, bagi kamu yang penasaran. Simak, lima makanan yang bisa bantu kamu cegah kanker serviks berikut ini.

Brokoli

brokoli. (Special)

Sayuran satu ini termasuk dalam keluarga kubis yang diketahui dapat membantu mencegah penyakit kanker serviks. Brokoli memiliki senyawa alami yang disebut indole 3 carbinol (l3C) yang dapat mendetoksifikasi tubuh dari racun yang berbahaya. Selain itu, kandungan dalam sayuran ini bersifat antikarsinogenik yang memberikan perlindungan ekstra terhadap kanker serviks. 

Wortel

Ilustrasi wortel. (Special)

Salah satu makanan yang perlu kamu konsumsi untuk mencegah kanker serviks yaitu wortel. Tak hanya bagus untuk mata, sayuran satu ini juga memiliki kandungan beta-carotene serta karotenoid yang mampu mencegah penyerapan karsinogen ke sel-sel tubuh.

Selain mengonsumsinya secara langsung dalam bentuk mentah, kamu juga dapat memasaknya sebagai bahan sop atau campuran salad. Wortel pun juga merupakan salah satu sayuran yang serbaguna dan murah. 

Buncis

Buncis (Special)

Makanan yang cukup jadi favorit semua orang ini dapat dinikmati dalam berbagai cara. Baik dimasak maupun menjadi campuran dengan makanan lainya. Selain murah, buncis juga mudah didapat serta tinggi serat dan kaya akan protein. Makanan ini juga mengandung phytochemicals yang mampu membantu mengurangi risiko bertumbuhnya tumor.

Phytochemicals juga mencegah sel-sel sehat untuk berubah menjadi sel bersifat kanker. Tak hanya itu, buncis juga memiliki kandungan folat yang membantu tubuh dalam mencegah infeksi HPV  dan mengurangi resiko kanker. Buncis juga dapat menjadi pilihan tepat untuk pengganti menu daging.

Selada 

Ilustrasi selada (Sepcial)

Mungkin sebagian dari kamu tidak begitu menyukai makanan satu ini. Namun, ternyata banyak kandungan yang baik dalam sayuran satu ini. Adanya kandungan flavonoid diketahui mampu membantu melindungi tubuh dari serangan kanker.

Nutrisi penting ini juga dapat mengontrol berat badan tubuh, lho. Bagi kamu yang ingin mengkonsumsi sayuran satu ini, kamu dapat menikmatinya secara mentah atau pengolahannya dengan dikukus.

Roti Gandum

Ilustrasi roti selai kacang. (Special)

Makanan satu ini sering menjadi pilihan yang baik bagi pelaku diet. Namun, selain itu roti gandum juga merupakan makanan yang baik untuk mencegah terjadinya kanker. Kandungan karbohidratnya juga memiliki nilai yang sama dengan buah serta sayuran. Selain karbohidrat, roti gandum juga memiliki kandungan vitamin B6 dapat membantu tubuh dalam mengatur sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan sistem saraf, hingga menjaga metabolisme sel darah merah. 

Itulah lima makanan yang dapat membantu mencegah terjadinya kanker serviks. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, kamu juga perlu menjaga kesehatan tubuh. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti olahraga teratur dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Sehingga, kesehatan secara fisik terjaga dari dalam maupun luar. Namun, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan secara lengkap di pusat kesehatan terdekat untuk mengetahui kondisi tubuhmu saat ini. Selamat mencoba dan salam sehat Ladies!