Tetap Bisa Masuk Nominasi, Will Smith Dilarang Hadir di Oscar Selama 10 Tahun

Sabtu, 9 April 2022 | 16:00:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Tetap Bisa Masuk Nominasi, Will Smith Dilarang Hadir Di Oscar Selama 10 Tahun

Will Smith. (Instagram.com/willsmith)

Ladiestory.id - The Academy of Motion Picture Arts and Sciences melarang Will Smith hadir di Oscar selama 10 tahun. Smith tidak diizinkan untuk menghadiri acara maupun program The Academy, baik secara langsung atau virtual, salah satunya Academy Awards.

"Oscar ke-94 dimaksudkan untuk menjadi perayaan dari banyak individu di komunitas kami yang melakukan pekerjaan luar biasa tahun lalu; namun, saat-saat itu dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya yang Tuan Smith tunjukkan di atas panggung," tulis Dewan Gubernur The Academy.

Dewan Gubernur juga meminta maaf atas insiden yang terjadi antara Will Smith dan Chris Rock. Pihak The Academy merasa tak cukup menangani situasi tersebut.

"Untuk ini, kami minta maaf. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk memberi contoh bagi para tamu, pemirsa, dan keluarga The Academy kami di seluruh dunia, dan kami gagal, tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya," ungkap Dewan Gubernur.

Tak hanya itu, Dewan Gubernur mengungkapkan rasa terima kasih kepada Chris Rock lantaran ia tetap menjaga ketenangan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para host dan pemenang atas pengertiannya selama acara Oscar berlangsung.

"Tindakan kami yang diambil hari ini sebagai tanggapan atas perilaku Will Smith adalah langkah menuju tujuan yang lebih besar untuk melindungi keselamatan para pemain dan tamu kami, dan memulihkan kepercayaan pada The Academy," jelas Dewan Gubernur.

"Kami juga berharap ini dapat memulai waktu penyembuhan dan pemulihan untuk semua yang terlibat dan terkena dampak," lanjutnya.

Sementara itu, Will Smith mengatakan bahwa ia menerima konsekuensi atas perbuatannya kepada Chris Rock. Ia pun mengaku bahwa tindakannya sulit untuk dimaafkan.

"Saya telah langsung menanggapi pemberitahuan sidang disiplin Academy, dan saya sepenuhnya menerima setiap dan konsekuensi atas perilaku saya," kata Will Smith.

"Tindakan saya pada Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak bisa dimaafkan,” lanjutnya.

Meskipun dilarang hadir di Oscar, Will Smith tetap bisa dinominasikan dan memenangkan penghargaan lain. Tak hanya itu, piala yang sudah diterima Will Smith tidak ditarik kembali oleh pihak The Academy.