Tetap Bugar di Usia yang Tidak Lagi Muda, Ini Rahahsia Minati Atmanegara

Rabu, 31 Mei 2023 | 11:40:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Tetap Bugar Di Usia Yang Tidak Lagi Muda, Ini Rahahsia Minati Atmanegara

Minati Atmanegara. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Ladiestory.id - Minati Atmanegara, seorang aktris senior Indonesia kini telah memasuki usia 64 tahun. Meski terbilang usianya sudah tidak lagi muda, namun Minati masih terlihat sangat aktif dan bugar layaknya seperti anak muda.

Bahkan perempuan yang kini sudah menjadi nenek satu cucu ini masih tetap aktif dengan segudang kesibukan seperti pembicara kesehatan dan kebugaran, bintang tamu, syuting, hingga masih menjadi instruktur senam.

Minati Atmanegara pun membagikan rahasianya mengapa badannya masih terlihat sangat bugar dan masih bisa melakukan berbagaii macam aktivitas meski sudah tidak lagi muda

Menurutnya, olahraga menjadi faktor yang sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap dapat aktif di usia senja.

“Di usia saya yang sekarang stamina pasti beda, tapi kita tidak boleh lupa bergerak. Teruslah bergerak supaya menjaga sendi dan, otot, dan tulang tetap lentur,” ucap Minati Atmanegara dalam perayaan Hari Lanjut Usia Nasional 2023 di Kawasan Jakarta Pusat, pada Senin (29/5/2023).

“Cara ini juga perlu dibiasakan untuk melatih semua bagian tubuh agar tetap aktif di usia senja,” sambungnya.

Untuk menjaga kebugaran tubuh, Minati pun rutin melakukan body performance yang merupakan senam yang dimodifikasi Minati sendiri dengan pengembangan gerakan yang disesuaikan.

“Saya punya kebiasaan yang harus dilakukan setiap hari yaitu tetap bergerak aktif. Kalau latihannya biasanya saya rutin body performance. Jadi saya setiap hari melakukan latihan ini. Baik di kala sibuk dan tidak sibuk,” jelasnya.

Tidak hanya berolahraga, Minati Atmanegara juga menjaga gaya hidupnya dengan mengatur pola makan yang baik.

Minati Atmanegara. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Aktris ketrunan Sunda-Jerman ini selalu berupaya menjaga kadar zat gizi sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan.

“Saya tidak pernah berpantang nasi, karena menurut saya kita mendapatkan energi dari situ. Tetapi yang penting ukurannya harus terkontrol. Seringkali saya dengar ada orang yang pantang nasi, namun hobi camilan tetap berjalan bahkan kalorinya lebih tinggi,” ungkap Minati.

Selain itu, Minati Atmanegara juga mengaku masih mengonsumsi gorengan meski dirinya mengatur pola makan yang sehat. Tentunya, dengan kadar dan porsi yang cukup untuk kebutuhan tubuh.

“Sebetulnya kita boleh makan apa saja, asal terukur atau tidak berlebihan. Setiap hari kalau saya bertemu gorengan, saya ambil satu saja. Lalu, misalnya ada undangan atau acara makan malam, maka keesokan harinya saya mulai mengatur pola makan berlebihan pada malam sebelumnya,” tegasnya.

Tidak harus membatasi makanan apa yang harus dikonsumsi, menurut Minati, gaya hidup sehat lewat makanan dapat terwujud bila seseorang mampu menyeimbangkan kadar zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari.

“Cermati kebutuhan serat, sayur, buah, dan lauk. Saya lebih banyak makan ikan yang kalsiumnya tinggi. Dan tak kalah penting adalah susu. Biasanya saya siapkan susu shake, jadi saat selesai berolahraga bisa langsung diminum agar kandungan di dalam susu menyerap maksimal ke tubuh,” pungkasnya.