Tetap Bugar Gak Harus Keluar, Lakukan Olahraga Ringan Ini Di Rumah

Selasa, 1 Februari 2022 | 00:01:00

Tetap Bugar Gak Harus Keluar, Lakukan Olahraga Ringan Ini Di Rumah

Ilustrasi perempuan tengah olahraga. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu penunjang tubuh sehat dan bugar adalah dengan rutin berolahraga. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, menjaga kesehatan menjadi perhatian utama. 

Kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah agar badan tetap bugar, sehat, dan segar. Nah, apa saja jenis olahraga yang bisa Kamu lakukan di rumah?

Ilustrasi Olahraga Push Up. (Special)

 

Olahraga ini bisa Kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa melakukan olahraga ringan ini tanpa bantuan alat. Gerakannya pun sederhana.

Posisi utama adalah posisikan badan tengkurap. Topang badan dengan tangan di samping badan. Dorong tubuh dengan kekuatan tangan. Kemudian turunkan badanmu tanpa menyentuh lantai atau tanah. Lakukan gerakan tersebut secara berulang. Pastikan posisi badan dan kaki tetap tegak, ya.

Meski terlihat sederhana, push up jadi olahraga yang cukup berat bagi pemula. Namun bila Kamu rutin dan terbiasa melakukan push up, kekuatan tubuh bagian atas dan otot tangan akan terlatih.

Ilustrasi Olahraga Sit Up. (Special)

 

Sit up pun termasuk olahraga sederhana yang bisa Kamu lakukan di mana saja. Gerakannya sederhana dan tidak seberat Kamu melakukan push up. 

Caranya baringkan tubuh hingga menyentuh lantai. Tekuk bagian lutut dengan telapak kaki tetap menyentuh lantai. Posisikan tangan menyilang di depan dada atau di belakang kepala.

Angkat tubuh hingga posisi seperti duduk, kemudian baringkan lagi tubuh hingga punggung menyentuh lantai. Ulangi gerakan tersebut semampumu. Rutin melakukan sit up bisa mengencangkan dan membentuk otot perut.

Plank adalah olahraga ringan yang bisa Kamu lakukan di rumah. Letakkan lengan bagian bawah di lantai, agar tidak sakit, gunakan alas atau matras, ya. Pastikan posisi lengan tertekuk 90 derajat.

Knee to Elbow

Knee to Elbow juga bisa Kamu coba untuk olahraga di rumah. Properti yang dibutuhkan hanya sebuah matras atau alas tubuh. Inti dari gerakan olahraga ini adalah mempertemukan lutut kaki kanan dengan siku kiri dan sebaliknya.

Kamu bisa menyesuaikan kecepatan gerakan sesuai kemampuan. Sebagai pemula, cobalah melakukannya satu hingga dua menit untuk sesi pertama. Istirahat selama 30-60 detik sebelum mulai sesi kedua. Ulangi hingga lima sesi atau semampumu.

Manfaat olahraga sederhana ini untuk meningkatkan dan menjaga detak jantung serta pernapasan.

Ilustrasi gerakan squat. (Special)

Selain knee to elbow, squat bisa Kamu coba untuk olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Awali gerakan dengan membuka kaki selebar pinggul. Pastikan tubuh dalam posisi tegak. Posisikan tangan di depan dada dengan ketiak terbuka.

Turunkan tubuh dengan menekuk lutut, kemudian dorong kembali tubuh ke posisi semula. Lakukan gerakan tersebut 10-15 kali dan istirahat kisaran 30-60 detik. Ulangi gerakan tersebut paling tidak sebanyak lima kali atau semampumu.

Gerakan squat terlihat sederhana. Bila Kamu rutin melakukannya, maka otot tubuh akan terlatih serta kalori di tubuh akan terbakar. Saat melakukan gerakan ini, otot bagian atas dan bawah akan bekerja sama. Fokus utamanya adalah melatih kekuatan tubuh bagian bawah, seperti bokong, paha depan dan belakang.

Ilustrasi gerakan yoga. (Special)

 Yoga merupakan olahraga ringan dan sederhana. Tujuan olahraga ini adalah agar pikiran kita jadi lebih tenang, fokus, dan rileks. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, semua kecemasan yang datang bisa Kamu kurangi dengan melakukan olahraga ini.

Yoga memiliki banyak manfaat bila Kamu rutin melakukannya, antara lain membakar lemak, membuat menjadi lebih rileks dan tenang, membantu meningkatkan pernapasan, vitalitas, dan menjaga metabolisme tubuh.