Tetap Sehat, Ini 8 Makanan yang Secara Ilmiah Dapat Meningkatkan Kesuburan

Jumat, 25 Oktober 2019 | 13:56:54

LS Health

Penulis : LS Health

Tetap Sehat, Ini 8 Makanan Yang Secara Ilmiah Dapat Meningkatkan Kesuburan

Banyak faktor yang dapat memengaruhi kesuburan wanita termasuk faktor dari makanan yang kita makan. Meskipun banyak dari hidup ini yang tidak dapat dikontrol, menerapkan diet sehat adalah salah satu cara yang tepat untuk mendukung kesuburanmu. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, baik berat badan dan nutrisi yang sehat akan berdampak signifikan pada kemampuan wanita untuk hamil. Penting untuk disadari  bahwa makan makanan sehat tidak hanya berlaku untuk wanita saja, makanan yang dikonsumsi pria juga memengaruhi produksi testoteron. Jadi, agar tetap sehat dan subur, ini 8 makanan yang secara ilmiah akan membantu mendukung kesuburanmu.

1. Ikan yang berlemak

Salmon, sarden, dan ikan berlemak lainnya adalah sumber asam lemak omega-3, yang memainkan peran penting dalam kesuburanmu. “Penelitian telah menunjukkan bahwa lemak ini secara spesifik mendorong ovulasi, yang merupakan komponen kunci kesuburan,” kata Lizzy Swick, ahli gizi diet terdaftar yang berspesialisasi dalam nutrisi dan pra-konsepsi dan kesuburan di Amerika. “DHA (asam docosahexaenoic) dari ikan berlemak dapat meningkatkan progesteron, yang merupakan salah satu hormon terpenting yang dibutuhkan wanita untuk mempertahankan masa subur wanita.” Selain salmon, trout, sarden, dan ikan berlemak lainnya, kamu juga dapat menemukan omega-3 pada kacang kenari, biji rami, daging sapi, biji chia, dan banyak lagi.

2. Lemak tak jenuh

Lemak tak jenuh adalah komponen penting untuk jenis diet apa pun, termasuk ketika kamu mencoba untuk program hamil, karena kandungan tersebut akan memberimu energi, dan membantu mengatur hormon, mempertahankan kadar gula yang stabil, menyerap nutrisi penting, dan membangun selaput yang mengelilingi dan melindungi sel-sel kita. “Ketika tiba masa subur kita, penting bahwa wanita harus makan makanan mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda,” kata Sarah Rueven, seorang ahli diet terdaftar dan pendiri Rooted Wellness. “Saya merekomendasikan untuk memasukkan satu porsi lemak tak jenuh (sekitar 2 sdm), seperti kacang-kacangan, biji-bijian, ikan berlemak, zaitun atau alpukat, di setiap hidangan untuk manfaat penambah kesuburannya.”

3. Susu penuh lemak

Produk susu penuh lemak adalah makanan yang tepat jika kamu sedang program hamil. Hasil penelitian popular yang diterbitkan oleh para peneliti dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa wanita yang makan lebih dari dua porsi susu rendah lemak setiap hari memiliki risiko lebih tinggi mengalami infertilitas daripada wanita yang makan lebih dari satu porsi susu penuh lemak setiap hari. “Mekanisme pastinya tidak diketahui tetap diyakini bahwa ketika susu penuh lemak diproses menjadi susu rendah lemak, zat tambahan seperti protein air rebusan susu ditambahkan untuk meningkatkan rasanya,” jelas Rueven. “Aditif ini dapat mengganggu keseimbangan hormon dan mengganggu kesuburan.”

4. Gandum utuh

Karbohidrat kompleks berkualitas tinggi seperti biji-bijian dikatakan dapat meningkatkan kesuburan. “Karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan polong-polongan, adalah sumber serat yang hebat dan dicerna lebih lambat daripada karbohidrat olahan seperti roti putih, nasi putih, permen, dan soda,” kata Rueven. “Pencernaan yang lebih lambat menstabilkan gula darah dan meningkatkan rasa kenyang, yang pada gilirannya dapat menyeimbangkan kadar hormon reproduksi, menyebabkan penurunan berat badan dan mengoptimalkan kesuburan.”

5. Zat besi

Zat besi dapat menurutkan risiko infertilitas ovulasi, kata Dara Godfrey, ahli diet terdaftar di New York City. Kamu akan menemukan zat besi dalam makanan seperti daging tanpa lemak, udang, ayam organik, ikan, dan telur. Untuk meningkatkan penyerapan, pasangkan makanan kaya zat besi ini dengan makanan tinggi vitamin C.

6. Protein nabati

Protein nabati seperti quinoa, lentil, kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian dapat membantu kesuburanmu, kata Rueven. Dia menunjukkan bahwa kamu tidak perlu mengonsumsi protein nabati sepenuhnya untuk menuai manfaat protein nabati. “Diet nabati lebih tinggi antioksidan, yang menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh,” kata Rueven. “Jika dibiarkan aktif, radikal bebas dapat merusak sel sperma dan sel telur.”

7. Makanan tinggi folat

Saat kamu sedang dalam program hamil, penting untuk mengonsumsi makanan kaya folat seperti jeruk, sayuran berdaun gelap, biji bunga matahari, dan lentil. Ini adalah salah satu rekomendasi yang kamu harus perhatikan, karena vitamin ini diperlukan untuk melindungi bayimu dari kurang vitamin. Kadang-kadang wanita menganggap mereka bisa menunggu sampai mereka hamil sebelum memastikan diet mereka tinggi  folat, tetapi American Pregnancy Association menekankan bahwa penting untuk mengonsumsi folat saat kamu sedang program hamil. Ini karena sebagian besar kecacatan bayi di kandungan terjadi selama bulan pertama kehamilan ketika banyak wanita belum menyadari mereka hamil. Selain makan kaya folat, penting juga untuk mengonsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat.

8. Makanan tinggi serat

Serat adalah komponen penting untuk diet sehat, termasuk ketika kamu mencoba untuk hamil. “Dominasi estrogen adalah keadaan di mana wanita memiliki terlalu banyak estrogen dibanding dengan progesteron yang membuang kesuburan,” kata Swick. “Dengan meningkatkan serat, dan dengan demikian eliminasi estrogen, kami membantu untuk tidak hanya membentuk berat badan yang sehat, kunci untuk kesuburan, tetapi kita dapat membersihkan tubuh dari estrogen tambahan melalui gerakan usus.” Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan adalah sumber serat.

Source foto: dailymail.co.uk, medicalnewstoday.com, cleaneatingmag.com, health.harvard.edu,  infusionexpress.com, medicalnewstoday com, abbott.com, medicalnewstoday com

Kesuburan wanita bisa didukung dengan memperhatikan makanan apa saja yang kita konsumsi, karena beberapa makanan dapat membantumu meningkatkan kesuburan, dan kamu harus konsumsi makanan di atas jika kamu sedang dalam program hamil, Ladies.