Tetap Semangat Pasca Libur Lebaran, Ini 7 Cara Atasi Post Holiday Blues

Minggu, 30 April 2023 | 15:24:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Tetap Semangat Pasca Libur Lebaran, Ini 7 Cara Atasi Post Holiday Blues

Ilustrasi mengalami post holiday blues. (Special)

Ladiestory.id - Libur lebaran dan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah sejak 19-25 April 2023 telah usai. Kini, sebagian besar karyawan telah kembali menjalani rutinitas pekerjaan seperti sedia kala. 

Meskipun telah mendapatkan libur selama hampir sepekan, namun saat kembali harus bekerja tak jarang ada yang merasa tak semangat. Hal inilah yang disebut sebagai post holiday blues

Sindrom post holiday blues dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana seseorang merasa stres dan tak bergairah saat harus kembali bekerja.

Jika kamu juga mengalaminya, berikut ini tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi post holiday blues agar bisa semangat bekerja kembali yang telah dirangkum oleh Ladiestory.Id.

1. Bicara dengan Teman

Ilustrasi mengobrol. (Special)

 

Cara pertama yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatasi sindrom post holiday blues adalah dengan bercerita kepada sahabat atau teman dekat.

Dengan cara ini, maka kamu bisa mengurangi kecemasan yang kamu rasakan. Selain itu, menceritakan apa yang kamu rasakan juga akan membuat beban pikiran berkurang dan kamu bisa kembali semangat bekerja. 

2. Berolahraga

Ilustrasi olahraga. (Special)

 

Untuk mengurangi kecemasan setelah libur lebaran seperti yang kamu rasakan, kamu juga bisa melakukan olahraga. Kamu akan mendapatkan dua manfaat sekaligus jika melakukan olahraga yaitu mendapatkan tubuh yang sehat dan juga kecemasan berkurang. Selain itu, kamu juga akan menjadi lebih rileks dan perhatian akan teralihkan dari hal yang membuat kamu merasa cemas. 

3. Konsumsi Makanan Sehat

Ilustrasi makan. (Special)

 

Sindrom post holiday blues akan membuat kamu merasa depresi dan cemas. Untuk mengurangi perasaan stres dan depresi, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat terutama ikan, biji-bijian, cokelat hitam, dan teh hijau. Jenis makanan tersebut dapat menurunkan tingkat stres dan dapat meningkatkan mood

4. Memasak

Ilustrasi memasak. (Special)

 

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi sindrom post holy blues adalah dengan memasak. Dengan melakukan kegiatan yang tak biasa dan menyenangkan seperti memasak akan membuat pikiran teralihkan.

Sehingga kamu tidak akan merasa cemas ataupun sedih lagi meskipun liburan telah usai. Kamu bisa mencoba memasak resep baru untuk merangsang kembali kreativitas pasca libur lebaran. 

5. Istirahat Cukup

Ilustrasi tidur. (Special)

 

Setelah menghabiskan waktu untuk mudik ke kampung halaman ataupun untuk liburan, maka kamu perlu istirahat yang cukup sebelum memulai rutinitas kerja.

Dengan istirahat yang cukup, maka kesehatan tetap terjaga dan juga dapat meningkatkan mood. Seseorang yang kurang istirahat maka akan menjadi lebih sensitif perasaannya bahkan dapat mengalami depresi. 

6. Menonton Film Komedi

Ilustrasi menonton film. (Special)

 

Menonton film dengan genre komedi juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi sindrom post holiday blues. Genre film ini dapat membuat kamu dapat tertawa lepas sehingga secara otomatis mampu mengurangi tingkat stres.

Tak hanya itu, tertawa juga diketahui dapat membuat otot menjadi lebih rileks dan kamu bisa menjadi lebih siap untuk kembali ke rutinitas. 

7. Hindari Hal yang Berhubungan dengan Liburan

Ilustrasi melihat foto liburan. (Special)

 

Saat libur lebaran kemarin, mungkin ada banyak kegiatan seru yang kamu lakukan bersama keluarga, entah itu mudik ke kampung halaman atau pergi berlibur ke destinasi wisata. Agar kamu tidak selalu terbawa suasana liburan, maka sebaiknya hindari semua hal yang berkaitan dengan momen liburan.

Hindari melihat foto maupun video saat liburan ataupun tempat-tempat dan makanan yang mengingatkan akan liburan lebaran kemarin. Dengan cara ini, maka kamu tidak akan terus teringat momen liburan kemarin dan menjadi lebih siap untuk kembali bekerja. 

Ladies, itulah tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi post holiday blues, perasaan tidak semangat untuk kembali bekerja. Jika kamu mengalami hal tersebut, semoga bisa cepat hilang dan kembali semangat untuk menjalani rutinitas.