Angkat Konsep Festival Online, TikTok Luncurkan Kampanye Serunya Ramadan

Minggu, 3 April 2022 | 01:44:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Angkat Konsep Festival Online, Tiktok Luncurkan Kampanye Serunya Ramadan

Ilustrasi TikTok. (Special)

Ladiestory.id - Platform video singkat TikTok meluncurkan kampanye bertajuk #SerunyaRamadan untuk menemani pengguna selama berpuasa. Dengan mengangkat konsep festival online, TikTok menghadirkan berbagai program menarik hingga 3 Mei 2022.

Program tersebut meliputi sesi livestream, tantangan, hingga beragam program ngabuburit bersama kreator dan selebritas. Hal ini dilakukan karena berdasarkan laporan TikTok, banyak pengguna yang ingin tetap merayakan Ramadan dengan penuh kebahagiaan. 

Mahwari Sadewa Jalutama, Content and Growth Operations Lead TikTok Indonesia, mengatakan Ramadan kali ini mungkin akan terasa berbeda. Pasalnya, beberapa kegiatan offline, seperti sahur on the road, buka puasa bersama, beribadah di masjid, hingga mudik, mulai dibuka.

“TikTok ingin terus hadir menemani pengguna selama mereka menjalani Ramadan, dan ini terwujud dengan adanya ragam program di kampanye #SerunyaRamadan untuk dinikmati kapan pun dan di mana pun,” lanjutnya.

Dirinya berharap pengguna TikTok bisa mendapatkan inspirasi untuk menjadikan Ramadan dan lebaran kali ini lebih semarak, baik saat merayakannya secara langsung maupun virtual.

Pengguna TikTok bisa saling berbagi kebahagiaan dan keseruan Ramadan dari rumah menggunakan fitur dan creative tools. Kegiatan dalam program kampanye #SerunyaRamadan, salah satunya Konten Seputar Ramadan.

Dalam kegiatan ini pengguna bisa menemukan beragam inspirasi, mulai dari menu sahur dan berbuka di tagar #KulinerSeruRamadan, ngabuburit sambil belajar hal baru #InspirasiSeruRamadan, menyaksikan #HiburanSeruRamadan untuk kategori komedi, tampil terndi dari #GayaSeruRamadan, serta merekam momen perayaan hari kemenangan melalui #SerunyaLebaran.  

Selain itu ada pula, Ramadan TikTok LIVE, yang mengangkat topik seru dari kegiatan sehari-hari para kreator, dengan acara puncak di tanggal 29 April 2022 yang akan dimeriahkan oleh sejumlah top kreator. 

Tak ketinggalan, tersedia effect dan musik edisi Ramadan untuk mengekspresikan kreativitas dan berkumpul untuk menikmati momen bulan puasa secara unik dan kreatif. 

Menariknya lagi, terdapat Festival Seru Ramadan, yang berisi ragam konten hiburan pada waktu buka puasa. Konten yang ditampilkan mulai dari pertunjukan musik, pemutaran serial TV populer dari sejumlah mitra, hingga bincang-bincang seru bersama host selebritas, salah satunya yang dipandu oleh musisi Melly Goeslaw. 

TikTok luncurkan kampanye "Serunya Ramadan". (Dok. TikTok)

 

Menurut Melly Goeslaw, TikTok bisa menjadi platform hiburan penuh inspirasi bagi banyak orang. Beragam konten kreatif yang disajikan oleh komunitas TikTok mendorongnya untuk ikut serta memeriahkan Festival Seru Ramadan. 

"Pada salah satu sesi yang saya pandu, saya akan mengajak sejumlah teman-teman selebriti lainnya untuk duduk dan berbagi cerita inspiratif untuk menemani ibadah puasa. Saya berharap program ini bisa menjadi sumber inspirasi dan hiburan untuk merayakan Ramadan tahun ini dengan aman dan nyaman bersama komunitas TikTok," ujar Melly Goeslaw. 

Keseruan Ramadan di TikTok ini turut dirasakan oleh para kreator, salah satunya adalah Dwiki Afrilian. Ia mengaku senang dapat mengibur banyak orang melalui konten komedi yang dibuatnya.

"Senang sekali rasanya bisa mengajak pengguna bernostalgia tentang kegiatan khas Ramadan mereka melalui konten yang saya unggah di TikTok, yang dapat ditemukan di tagar #HiburanSeruRamadan," ungkap kreator yang juga baru saja terpilih sebagai Best Comedy di program TikTok Awards Indonesia 2021 ini.  

"Kami melihat pengguna TikTok semakin kreatif dalam mengeksplorasi konten, berbagi inspirasi dan menghibur baik dalam kreasi konten maupun menikmati konten pengguna lainnya. Harapan kami, kampanye #SerunyaRamadan ini dapat memungkinkan pengguna tetap merayakan Ramadannya dengan seru, seperti tahun-tahun sebelumnya," tutup Mahwari.