Jangan Takut! Lakukan Tindakan Ini Saat Terkena Catcalling

Sabtu, 18 Desember 2021 | 13:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Jangan Takut! Lakukan Tindakan Ini Saat Terkena Catcalling

Ilustrasi catcalling. (Special)

Ladiestory.id - Siapapun orangnya pasti tidak mau disiuli, digoda, diklakson, atau diteriaki saat sedang berada di tempat umum. Tindakan yang kini dikenal dengan istilah catcalling, ini pastinya membuat siapapun merasa risih, kurang nyaman, malu, takut, dan perasaan tidak mengenakkan lainnya.

Catcalling merupakan jenis pelecehan yang biasanya dilakukan secara verbal dan terjadi di jalanan. Biasanya pelaku catcalling adalah laki-laki dan yang menjadi korbannya adalah para perempuan. Namun hal ini juga tidak pasti, karena catcalling juga bisa terjadi pada semua gender. Baik itu perempuan maupun laki-laki .

Catcalling bisa dilakukan secara sendirian, namun bisa juga beramai-ramai atau gerombolan. Yang perlu diketahui, catcalling bukanlah pujian. Meskipun saat pelaku melakukan aksi catcalling menggunakan kata-kata “cantik”, “manis”, ”ganteng”, “seksi”, dan ucapan pujian lainnya, kamu sebaiknya waspada.

Catcalling berbeda dengan pelecehan seksual pada umumnya. Karena biasanya dilakukan pada orang tak dikenal atau orang asing yang lewat di jalan. Sehingga catcalling sering disebut juga dengan pelecehan asing. Catcalling sering dianggap sebagai bercandaan atau tindakan usil saja, padahal tindakan ini sudah tergolong sebagai pelecehan seksual.

Tindakan yang Bisa Dilakukan Saat Terkena Catcalling

Jika kamu mengalami pelecehan seksual berupa catcalling, seperti “Hai cantik, sendirian aja nih?” atau komentar tidak mengenakkan lainnya dari orang asing ditemui di tempat umum, sebaiknya lakukan tindakan berikut ini.

1. Beri Teguran

hal yang harus dilakukan saat terkena catcalling
Ilustrasi perempuan menegur pelaku catcalling. (mirror.co.uk)

Untuk melakukan ini, sebaiknya lihat situasi dan kondisinya. Jika memungkinkan untuk ditegur, maka tidak ada salahnya jika kamu menegur seseorang yang sudah membuatmu merasa tidak nyaman. Karena memang tindakan catcalling sesuatu yang tidak dibenarkan dan termasuk jenis pelecehan seksual. Pastikan saat menegur gunakan nada yang tegas dan sikap yang berani, agar mereka berpikir ulang untuk melakukan catcalling kembali padamu.

2. Pastikan Kamu Jangan Tersulut Emosi

Memang cukup membuat kesal saat mendapat pelecehan catcalling. Namun sebaiknya jangan tunjukkan jika kamu tersulut emosi oleh tindakan mereka. Mereka bisa merasa senang saat tahu korbannya terpancing emosi. Sebaiknya pura-pura untuk tidak mendengar dan abaikan saja.

3. Segera Tinggalkan Tempat Tersebut

tindakan yang dilakukan saat tekena catcalling
Ilustrasi perempuan yang pergi. (sheknows.com)

Saat kamu berjalan di sebuah gang dan melewati segerombolan laki-laki yang melakukan catcalling kepadamu, maka tindakan tepat yang bisa dilakukan adalah segera pergi dari tempat tersebut. Berjalanlah dengan tenang dan cepat meninggalkan tempat berbahaya tersebut.

4. Berpura-pura Tengah Menelepon

Tindakan ini bisa kamu lakukan sebelum melewati segerombolan orang asing di tempat umum. Kamu cukup pura-pura menyibukkan diri dengan bertelepon atau tertawa saat bertelepon. Sehingga mereka yang berniat untuk mengganggumu akan mengurungkan niatnya.

5. Beri Tatapan Tidak Suka

tindakan saat terkena catcalling
Ilustrasi perempuan yang memberikan tatapan tidak suka pada pelaku catcalling. (Special)

Saat mendapatkan perlakuan catcalling, kamu bisa coba untuk memberikan tatap jijik atau memandang rendah ke atas perbuatan yang mereka lakukan. Berikan kontak mata agar mereka sadar jika tindakan mereka tidak baik dan kamu juga tidak merasa takut untuk melawan.

Saat Kamu mengalami catcalling, beranikan dirimu untuk melakukan hal di atas sebagai bentuk perlawanan. Jika catcalling terus dibiarkan, para pelaku bisa menjadi kebiasaan.