Tingkatkan Kreativitas & Imajinasi Anak, IKEA Luncurkan Koleksi Mainan “AFTONSPARV”

Kamis, 19 Oktober 2023 | 20:12:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Tingkatkan Kreativitas & Imajinasi Anak, Ikea Luncurkan Koleksi Mainan “Aftonsparv”

Koleksi Mainan “AFTONSPARV” dari IKEA. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

Ladiestory.id - IKEA meluncurkan AFTONSPARV, yang merupakan koleksi mainan anak-anak baru yang terinspirasi oleh alam semesta dan imajinasi anak-anak yang tak terbatas.

Koleksi AFTONSPARV dari IKEA ini menghadirkan ruang luar angkasa ke dalam rumah. Koleksinya dirancang untuk memicu permainan dan rasa ingin tahu pada anak usia 3-7 tahun. Koleksi ini terdiri dari beragam mainan bertema luar angkasa, termasuk soft toys astronot dan alien, tenda bermain berbentuk roket, pesawat luar angkasa, boneka jari, lampu bertema luar angkasa, seprai yang terinspirasi oleh galaksi, lampu dan tirai.

“Di IKEA, kami percaya bahwa anak-anak mempunyai hak untuk bermain karena itulah cara terbaik bagi mereka untuk belajar, berkembang dan bertumbuh. Kami berharap koleksi AFTONSPARV dapat memacu kreativitas anak-anak dan menginspirasi mereka untuk memiliki rasa ingin tahu tentang luar angkasa serta membantu mengembangkan kreativitas mereka,” jelas Ririn Basuki, PR & Communication Manager IKEA Indonesia.

Dibuat Bersama Anak-Anak

Koleksi Mainan “AFTONSPARV” dari IKEA. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

Ide di balik koleksi AFTONSPARV ini dikembangkan melalui diskusi dengan sekelompok anak- anak penggemar ruang angkasa berusia antara 3 dan 7 tahun, yang diundang ke serangkaian lokakarya. Desainer IKEA berdiskusi dengan anak-anak untuk mewujudkan ide-ide mereka tentang luar angkasa seperti apa benda-benda yang ada di luar angkasa, dan jenis transportasi apa yang mereka bayangkan di luar angkasa.

Tidak hanya itu, anak-anak juga diminta untuk memvisualisasikan gagasan mereka tentang luar angkasa. Seperti alam semesta, anak-anak berpikir sangat luas mengenai hal ini, sehingga masukan mereka sangat penting dalam menciptakan koleksi AFTONSPARV.

“Dengan menggunakan masukan imajinatif mereka, koleksi bertema luar angkasa ini telah dikembangkan untuk menghadirkan kegembiraan di setiap kamar anak-anak dan memastikan kesenangan tanpa akhir selama berjam-jam,” ujar Ririn.

Koleksi AFTONSPARV dirancang untuk menggabungkan semua jenis permainan, baik aktif, kreatif, atau bermain peran, dalam suasana apa pun – mulai dari peluncuran roket di pagi hari hingga cerita pesawat luar angkasa.

Pentingnya Bermain untuk Tingkatkan Kreativitas dan Imajinasi Anak

Koleksi Mainan “AFTONSPARV” dari IKEA. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

IKEA menangani permainan anak-anak dengan sangat serius dikarenakan semua anak mempunyai hak untuk bermain. Menurut psikolog anak Amanda Margia Wiranata, bermain sangat penting untuk kehidupan sehari-hari yang lebih baik di rumah.

“Bagi anak-anak, bermain sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Begitulah cara mereka belajar mengekspresikan diri dan menemukan dunia baru. Bermain adalah cara yang alami dan menyenangkan bagi anak- anak untuk tetap aktif, tetap sehat dan bahagia,” ujar Amanda.

Melalui kegiatan bermain, anak bisa lebih bebas untuk mengekspresikan diri lewat imajinasi dan kreativitas yang mereka miliki.

“Mengembangkan kreativitas anak perlu dilakukan sejak dini, agar mereka bisa bertumbuh menjadi pribadi yang dapat memecahkan masalah, memiliki banyak gagasan dan ide-ide baru.” kata Amanda.

Tidak hanya itu, bermain juga memberikan kesempatan bagi orang tua untuk terlibat penuh dengan anak-anak mereka. Orang tua memiliki peran dan andil untuk memastikan anak cukup bermain, memilihkan mainan dan jenis permainan yang tepat, serta mendampingi anak
bermain.

Dirancang dengan Standar Keamanan Internasional

Koleksi Mainan “AFTONSPARV” dari IKEA. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

Produk-produk dalam koleksi AFTONSPARV telah melalui program penilaian dan pengujian risiko yang ketat, untuk memastikan bahwa produk-produk tersebut dapat bertahan lama dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

Produk-produk dalam koleksi AFTONSPARV telah mematuhi undang-undang dan standar internasional dan nasional yang relevan di semua negara tempat produk-produk tersebut dipasarkan. Selain itu, IKEA juga telah melakukan segala cara untuk memastikan bahwa produk aman digunakan untuk anak.

Sebagai perusahaan yang mengedepankan tanggung jawab sosial, IKEA juga telah membawa dampak positif bagi masyarakat dengan memberdayakan sumber daya manusia di Indonesia dalam proses pembuatan soft toy dari koleksi AFTONSPARV.

Koleksi Mainan “AFTONSPARV” dari IKEA. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

“Beberapa produk soft toys koleksi AFTONSPARV merupakan produk buatan Indonesia. Kami berharap koleksi AFTONSPARV dapat mempromosikan lebih banyak produk buatan Indonesia dari rangkaian produk IKEA dalam mengisi kehidupan rumah di berbagai belahan dunia,” tambah Angela.

Koleksi anak AFTONSPARV akan tersedia di semua toko IKEA di seluruh Indonesia dan secara online di www.IKEA.co.id mulai tanggal 19 Oktober 2023. Selain itu, untuk koleksi terbatas ini IKEA Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Save The Children dan mengajak seluruh pelanggan IKEA untuk membeli rangkaian produk AFTONSPARV. Setiap pembelian satu produk AFTONSPARV, pelanggan turut serta menyumbang sebesar Rp10 ribu untuk perbaikan sanitasi air bagi anak di pedesaan.