6 Tips Agar Santan Tidak Pecah dan Menggumpal

Rabu, 17 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

6 Tips Agar Santan Tidak Pecah Dan Menggumpal

Foto: gatra

Siapa sih yang tidak kenal dengan santan? Santan adalah cairan berwarna putih susu yang diperoleh dengan cara pengepresan hasil parutan daging kelapa dengan atau tanpa penambahan air.

Beberapa orang berasumsi bahwa masakan bersantan tidak baik bagi kesehatan. Padahal santan kaya akan nutrisi.  Tentunya, asalkan tidak dikonsumsi berlebihan.

Selain itu, santan merupakan salah satu bahan makanan yang sering ditemukan di masakan Nusantara. Dengan menggunakan santan, masakan akan terasa semakin gurih dan kaya rasa.

Santan sering digunakan untuk membuat masakan manis seperti kolak dan masakan berat seperti gulai, sayur lodeh, opor, rendang, dan sambel goreng.

6 Tips Agar Santan Tidak Pecah

Foto: mother and beyond

Namun rupanya, masakan yang menggunakan santan cukup tricky. Sebab santan bisa saja pecah ketika sedang dimasak. Dan tentunya santan pecah akan mempengaruhi masakan lantaran kuah menjadi menggumpal sehingga bumbu dan santannya tidak menyatu sempurna. Oleh sebab itu ada 6 tips agar santan tidak pecah.

1. Masak dengan api kecil

Langkah pertama yang harus dilakukan agar santan tidak pecah adalah memasak dengan api kecil. Sebab suhu terlalu tinggi justru akan membuat santan mudah pecah. Bahkan santan tersebut akan akan susah bercampur dengan bahan lainnya.

Selain itu, jika kamu sedang memasak masakan berkuan, maka santan dimasukan pada tahap terakhir. Santan dimasukan jika semua bahan sudah hampir matang. Santan ini dijadikan sebagai sentuhan terakhir, lalu aduk hingga mendidih.

2. Santan harus terus diaduk

Langkah kedua yang harus dilakukan agar santan tidak pecah adalah terus mengaduknya saat dimasak. Jangan pernah meninggalkan masakan ketika sedang memasak santan. Usahakan untuk terus mengaduk agar santan tetap solid.

Kamu harus mengaduk masakan dari tengah ke arah luar atau setidaknya aduk secara biasa. Sebab biasanya,  bagian tengah panci lebih panas daripada bagian tepi.

3. Jauhkan dari bahan pangan mengandung asam

Langkah selanjutnya agar santan tidak pecah adalah menjauhkan santan dari bahan pangan yang mengandung asam. Sebab santan merupakan bahan pangan yang sensitif terhadap asam. Jadi saat santan bertemu asam, disitulah santan akan mudah pecah.

4. Tambahkan tepung beras

Selanjutnya ada tips agar santan tidak pecah adalah dengan menambahkan atau mencampurkan tepung beras. Sebelum santan dimasukkan ke dalam masakan, campur santan dengan sedikit tepung beras. Lalu aduk hingga larut dan merata.

Tepung beras ini mampu menyatukan masakan kuah dan santan. Namun tambahkan sedikit saja tapung beras agar tidak merusak rasa masakan.

5. Pakai santan kemasan

Jika tidak ingin santan pecah, kamu bisa gunakan santan kemasan utnuk memasak. Penggunaan santan dalam kemasan juga minim risiko pecah atau menggumpal.

Hal ini dikarenakan santan instan mengandung bahan penstabil yang mengakibatkan santan menjadi tidak mudah pecah.

6. Dahulukan santan encer daripada santan kental

Jika kamu memasak dengan menggunakan dua jenis santan seperti santan encer dan santan kental, maka masukkan lebih dahulu santan yang encer.

Kemudia masak bersama bumbu-bumbu dan bahan masakan lainnya. Setelah mendidih, selanjutnya masukkan santan yang kental sambil terus diaduk. Ini akan membantu agar santan tidak pecah.

Itulah 6 tips agar santan tidak pecah ataupun menggumpal. Semoga berhasil ya